Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Atur Firewall di Kaspersky Internet Security 2020


Sudah hampir tiga tahun ini saya pake Kaspersky Internet Security, memang harganya bisa dibilang cukup menguras kantong namun saya sangat puas dengan apa yang diberikan. Nah salah satu hal yang saya suka dari Kaspersky Internet Security ini adalah dia mampu melakukan konfigurasi Firewall pada aplikasi dan beberapa services Windows 10 yang kita gunakan, sehingga seandainya ada aplikasi yang memang tidak kita inginkan untuk mengakses koneksi internet, kita bisa mengaturnya dengan mudah. 


Sekedar catatan, sebenarnya di Windows 10 juga sudah ada, namanya adalah Windows Firewall, namun jika kamu melakukan instalasi aplikasi keamanan (yang memiliki firewall) otomatis Windows Firewall akan digantikan dengan aplikasi itu, contohnya ya dengan Kaspersky Internet Security ini. 


Lalu bagaimana sih cara mengatur Firewall di Kaspersky Internet Security 2020? oke berikut saya rangkum langkah langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Kaspersky Internet Security yang kamu miliki. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan klik pada Settings (logo gear dikiri bawah) > Protection > Firewall.


Setelah dibuka, kamu akan ditampilkan halaman berikut, dan ini adalah konfigurasi default yang harusnya sama dengan yang kamu juga miliki. 


Nah seperti pada gambar diatas, saya menandari ada tiga hal yang dapat kamu atur disana, ada Network, Applications Rules, dan Packet Rules. untuk Network, kamu bisa memberikan akses pada Network Interface yang kamu punya, misalkan mengganti Network Type LAN dari Private ke Public. 


Nah yang kedua adalah Applications Rules, dimana disana kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang dapat mengakses Internet atau jaringan, bahkan jika kita inginkan kita bisa mematikan koneksi pada aplikasi tersebut. Contohnya seperti pada gambar berikut. 



Allow adalah mengijinkan koneksi dan akses jaringan, Prompt for actions akan memberikan notifikasi terlebih dahulu ketika aplikasi ingin mengakses jaringan, dan Deny jika tidak memberikan akses jaringan sedikitpun. 

Perlu dicatat, Applications Rules ini sangat berguna sekali bagi kamu yang tidak ingin aplikasi yang kamu punya melakukan update otomatis, karena memang koneksinya bisa kita matikan hingga ke titik terdalam, intinya gitu deh. 

Lalu yang terakhir adalah Packet Rules, saya sudah bosan dengan ini karena dosen keamanan jaringan saya dulu ngubek ngubek ginian, Dimana dengan Packet Rules, kita bisa mengatur Port, Protocol, Status dan lainnya, bagi para ahli jaringan dan mungkin Network Administrations fitur ini akan sangat bermanfaat sekali dalam memberikan akses dari Local Services, Remote Desktop dan lainnya. 



Dari ketiga diatas, yang paling saya rekomendasikan adalah kamu hanya mengatur Applications Rules saja, kecuali memang jika kamu paham atas apa yang akan kamu lakukan dengan konfigurasi tersebut. 

Nah begitulah Cara Atur Firewall di Kaspersky Internet Security 2020, silahkan kamu ulik dan melakukan uji coba sendiri, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Atur Firewall di Kaspersky Internet Security 2020"