Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Error Import File VirtualBox (Error Cannot register the DVD image)


Beberapa waktu lalu, saya sempat mengalami sebuah masalah dengan VirtualBox, ketika saya ingin melakukan Import Virtual Machine (Windows 7) yang sudah saya miliki, ada sebuah error yang terjadi dan menampilkan pesan kesalahan seperti pada gambar berikut : 


Nah lalu karena saya malas juga untuk Reinstall Windows 7 tersebut, karena alasan lisensi Original yang sudah saya pasangkan di Virtual Machine yang saya miliki, maka tentu saya harus memperbaiki masalah itu.

Langkah Penyelesaian

Sebenarnya langkahnya sangat mudah, kita hanya perlu membuat sebuah konfigurasi Virtual Machine yang sama, namun menggunakan file VDI yang telah tersedia, nah berikut saya jelaskan langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama buka VirtualBox, dan silahkan buat Virtual Machine Baru. 


Silahkan sesuaikan baik itu nama Virtual Machine, lokasi Virtual Machine diinstal, type dan lainnya silahkan sesuaikan dengan apa yang sebelumnya telah ada, selanjutnya pada bagian Hard Disk, silahkan pilih 'Use an existing virtual hard disk file', dan pilih file VDI yang sebelumnya mengalami Error. 



Langkah 2. Jika semuanya sudah selesai, silahkan klik Create, tepat seperti pada gambar diatas, jika sudah selesai, maka hasilnya harus seperti ini, dimana virtual machine sudah berhasil dibuat dengan menggunakan file VDI yang telah ada. 


Nah dari sini, silahkan kamu sesuaikan konfigurasi dari Virtual Machine tersebut, mulai dari jumlah Processor, jumlah dan besar Video Memory, dan lainnya yang seandainya kamu butuhkan, dan jika sudah selesai, silahkan langsung saja jalankan Virtual Machine, dan kini harusnya sudah tidak ada error lagi yang terasa. 


Nah dengan langkah diatas, bisa dipastikan seluruh isi dari Virtual Machine masih sama seperti saat sebelum error terjadi, kenapa? karena memang kita hanya membuat konfigurasinya saja, tanpa mengganti dan membuat baru file Virtual Hard Disk Image (VDI)-nya. 


Nah silahkan dicoba, dan silahkan juga berexperiment, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 


Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Error Import File VirtualBox (Error Cannot register the DVD image)"