Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Biaya Pembuatan Blog Seperti Blog Sayugi?


Membaca salah satu suhu dan panutan saya dalam dunia perbloggeran www.sugeng.id dan www.irfan.id, keduanya saling berbagi rincian biaya yang mereka keluarkan dalam pembuatan blog mereka, termasuk biaya awal dan biaya langganan pertahunnya. Dan karena saya juga tertarik, berikut saya juga jabarkan rincian biaya yang saya keluarkan ketika membuat blogsayugi.com, dan semoga para blogger lain juga dapat sedikit terinspirasi seandainya ingin memulai ngeblog. 

Blogger 

Saya disini menggunakan Platform Blogger karena memang hostingnya Gratis, jarang down dan cocok banget untuk blogger pemula seperti saya, dulu saya sempat beli domain Hosting  dan membuat blog dengan wordpress.org seharga 1 Jt/ tahun (termasuk domain .tech dan biaya lainnya), namun karena harga tersebut kemahalan bagi saya dan sering kelebihan beban karena banyaknya pengunjung perharinya, maka www.grproject.tech yang saya kelola terpaksa saya hentikan. Sehingga karena hal tersebut saya kembali beralih ke platform blogger ini. (Selengkapnya di about blogsayugi.com)

Domain dan Template

Saya membeli domain .com dari idwebhost dengan harga 164.850,00 pertahun, itu sudah termasuk pajak dan bisa dibilang sangat murah. Alasan saya beli domain .com adalah karena saya awalnya ingin juga membuat blog ini sebagai blog dengan bahasa Inggris, namun tampaknya tidak jadi saya lakukan. 😂

Selain itu pengeluaran lain yang saya keluarkan untuk www.blogsayugi.com ini adalah template tentunya, saya kini menggunakan Template yang saya beli dari www.sugeng.id, VioMagz seharga 175.000. biaya tersebut saya keluarkan cukup sekali saja ketika awal pembelian satu tahun lalu. 




Total Biaya

Dasarnya tidak ada biaya lain yang saya keluarkan dari pembuatan blog ini. Jika diakumulasikan 164.850,00 + 175.000 = 339,850 untuk awal pembuatan. Sedangkan 164.850,00 untuk langganan domain tiap tahunnya. 




Harga tersebut bisa dibilang sangat murah, dan mungkin bisa menjadi acuan bagi kamu yang ingin memulai belajar  ngeblog dengan platform blogger. Jika ingin serius seperti mas sugeng yang bekerja sebagai blogger template creator biayanya akan sangat waw dengan 8 juta pertahunnya (silahkan baca di blog mas sugeng). Tetapi semua tergantung dengan pemasukan dan bagaimana blog dikelola juga, misalkan saja mas sugeng mengeluarkan 8 juta pertahun, tetapi pemasukan perbulannya bisa 10 - 20 juta perbulannya. mantap kan? mari kita berharap semoga kita sukses dalam dunia blogging ini. 

Untuk saya sendiri, alhamdulillah pengeluaran pertahun itu tertutupi dengan biaya pemasukan dari hasil ngeblog juga bahkan bisa lebih dari cukup. Kedepannya mungkin saya akan beralih ke Wordpress kembali karena memang ada banyak keterbatasan yang saya temui di Blogger, tetapi untuk sekarang bisa dibilang saya cukup puas dengan platform ini. 

Nah sekian artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat. Salam blogger Indonesia. 

Tags : My Notes
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Berapa Biaya Pembuatan Blog Seperti Blog Sayugi? "