Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Start Menu Baru Windows 10 - Simple, Clean, dan Mantap

Sudah hampir beberapa minggu ini saya menggunakan Windows 10 Insider Dev Channel di Build 2019, dan yang paling saya suka dari build ini tentu saja adalah Start Menu baru yang hadir sejak Build 2016 lalu, atau mungkin bagi kamu pengguna Insider Beta, harusnya sudah merasakan redesign dari Start Menu baru ini juga. 

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, tampilan dari Live Tiles kini tidak lagi berwarna dan itu benar benar menambah rasa baru dalam penggunaan Start Menu Windows 10, selain itu aplikasi yang diberikan pada List disampingnya kini tidak diberikan kotak warna juga, sehingga menambah kesan minimalis dan clean pada komponen Start Menu. 

Icon Baru Bikin Tampilan Tambah Fresh


Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, bukan hanya tampilan icon dari aplikasi bawaan saja yang berubah, melainkan tampilan folder sendiri kini menjadi lebih menyesuaikan dengan desain keseluruhan dari Start Menu dan komponen system operasi, jika kamu perhatikan, dulu desain icon folder yang diberikan berbentuk horizontal, dan dengan perubahan yang diberikan, ini menurut saya penambahan yang menarik dan sangat menarik. 


Silahkan bandingkan dengan Start Menu diatas, tampilan kotak dengan skema warna merah dan tampilan folder yang memanjang keatas seperti gambar yang saya tunjukan memberikan kesal jadul pada Start Menu, dan tentunya redesign seperti yang hadir pada Windows 10 Insider Beta dan Dev Channel, adalah sesuatu yang benar benar diperlukan. 

Kapan Redesign Ini Tersedia?

Berdasarkan informasi yang saya terima, redesign ini akan mulai diluncurkan Microsoft pada Windows 10 20H2 yang akan dirilis pada akhir tahun ini, namun bagi yang sudah tidak sabar, silahkan kamu ikuti langkah yang sudah saya tulis dihalaman WinPoin berikut. Namun sebagai alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan Windows Insider dan beralih ke Beta Channel untuk mendapatkan segudang pembaruan baru. 

Intinya sih, Redesign yang diberikan mulai Windows 10 Build 19042 nanti, ini adalah perubahan yang sangat menawan dan menambah rasa pengalaman penggunaan Start Menu Windows 10, saya sendiri sejujurnya sudah tidak sabar ingin mendapatkan redesign ini sepenuhnya, namun karena memang untuk sekarang Windows 10 20H2 masih berada di Insider Beta Channel, saya masih menahan keputusan untuk upgrade setidaknya sampai dia sudah dirilis ke Insider Release Preview Channel nanti. 

Nah kamu suka dengan tampilan Start Menu baru ini? komen dibawah guys. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Inilah Start Menu Baru Windows 10 - Simple, Clean, dan Mantap"