Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Singkat Money Lover - Aplikasi Management Keuangan Yang Lengkap

Berbicara tentang keuangan menang bisa dibilang sangat sensitif, kurang sedikit jadi masalah, dan lebih sedikit juga jadi masalah, sebagai orang yang cukup teliti dalam masalah keuangan, dulu saya mengandalkan aplikasi yang saya buat sendiri menggunakan Microsoft Access, hanya saja tidak berjalan cukup lama karena memang saya jarang buka. 

Namun karena memang laporan keuangan pribadi juga termasuk salah satu yang wajib untuk dikelola, maka saya memerlukan sebuah layanan atau aplikasi yang mumpuni dan bisa dijalankan baik di PC atau Mobile, dan Money Lover lah ini yang akhirnya menjadi wakil yang terpilih. 

Kenapa Money Lover?

Sedangkan ada banyak aplikasi lainnya di Play Store atau di Internet, kenapa saya memilih ini? nah pada artikel inilah saya akan jelaskan satu persatu. 

Tambah Transaksi Mudah!

Misalkan nih, kita dapat gaji atau penghasilan sebesar 2 Juta, lalu kita tambahkan saja pada bagian Transactions > Income, begitu pula jika kita misalkan belanja nih, kita tinggal tambahkan saja pada bagian Transactions > Outcome, dan tentu kamu juga disana bisa memilih atau menambahkan kategori baru akan jenis dari pengeluaran atau pemasukan yang kamu lakukan. 


Yang  keren dari Transaksi ini, kamu juga bisa menambahkan orang lain untuk dimasukkan kedalam tansaksi yang tengah dilakukan, misalkan kamu menerima transfer dari siapa, pada tanggal berapa, lokasinya dimana, dan kamu juga bisa menyertakan gambar didalamnya. Cukup bermanfaat. 


Catatan : Fitur gambar hanya dapat kamu lakukan di Money Lover Web saja, karena jika kamu melakukannya di aplikasi, kamu memerlukan Money Lover Premium. 

Tersedia Baik di Web atau Aplikasi

Selain tersedia di aplikasi Android atau iOS, aplikasi Money Lover ini dapat juga kamu akses pada halaman Web. Jadi dengan itu kita bisa membukanya dimanapun dan kapanpun, untuk proses sinkronisasinya sendiri cukup cepat dan dapat diandalkan, namun tentu itu kembali lagi pada koneksi internet perangkat kamu masing masing. 



Basic Account vs Premium

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, saya masih menggunakan Basic Account, meskipun saya sudah menggunakan Money Lover ini selama lebih dari 1 tahun, kenapa? karena meski dengan Basic Account, bisa dibilang semua hal penting sudah dapat kamu lakukan pada Basic Account, namun jika kamu ingin menambahkan banyak dompet untuk pengelolaan (GoPay, Ovo dan lainnya) secara terpisah, kamu sekarang harus membeli Money Lover Premium seharga Rp125000. 

Dulu Opsi Premium Via Iklan Masih Tersedia!

Perlu diketahui, dulu selain membeli akun premium, kamu juga bisa mengandalkan iklan, jadi hanya menonton video selama kurang lebih 1 menit, kamu sudah mendapatkan Premium Account selama 2 Hari, namun sayangnya opsi tersebut sudah dihilangkan mulai beberapa bulan lalu. 

Laporan Keuangan Yang Lengkap!

Nah yang paling saya suka adalah laporannya nih, kita bisa melihat dengan jelas laporan keuangan baik itu uang yang masuk atau yang keluar, kita bisa melihat laporan tersebut baik itu bulan ini, bulan lalu, tiga bulan lalu, enam bulan lalu, tahun ini dan tahun lalu.  


Jadi dengan itu kita bisa mengetahui bagaimana kebiasaan dan nominal uang masuk dan keluar perbulannya, sehingga kita juga bisa membandingkannya apakah bulan ini lebih boros dari bulan lalu atau sebaliknya. 

Nah selain itu, grafiknya sendiri sangat bagus dan membantu kita mengetahui lebih lengkap dari alur keuangan kita. 


Seperti pada gambar diatas, kita bisa melihat Saldo Akhir, Jumlah pemasukan bersih, pemasukan, pengeluaran dan berbagai ketegori dari masing masing transaksi. Namun sayangnya jumlahnya saya blur karena jumlahnya enggak besar. hehehe. 

Bisa Atur Budget

Kamu misalkan Menerima pinjaman atau memberikan pinjaman, dengan Money Lover, kamu bisa dengan mudah mengatur itu semua, namun sayangnya saya sendiri belum pernah menggunakan fitur ini karena dalam beberapa bulan terakhir saya tidak pernah pinjam uang atau meminjamkan uang. 


Dengan fitur Budget ini pula, kamu bisa mengatur atau lebih tepatnya menabung berapa banyak dana yang disisihkan untuk pembelian sesuatu, misalkan kamu ingin membeli laptop baru, tinggal atur saja untuk apa, dan berapa uang yang diinginkan, jadi nanti kamu bisa mengetahui lebih jelas akan tujuan dari pembelian dan budget yang kamu miliki. 


Sayangnya fitur ini juga belum pernah saya gunakan, karena memang biasanya saya membeli sesuatu secara dadakan, ya memang sih kurang baik juga kalo harus dadakan, tapi gimana lagi karena memang sesuatu yang dibutuhkan itu datangnya mendadak. 

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya sudah saya jelaskan diatas, dan memang masih ada banyak kelebihan lain yang bahkan belum pernah saya coba, selain itu dari kekuangannya sendiri, saya rasa harga untuk akun premium seharga Rp125000 itu terlalu mahal, meskipun itu sudah di diskon 50%, namun jika kembali pada bulan Februari 2020 lalu, harga tersebut masihlah di Rp99000 dan saya yakin jika dikurangi menjadi Rp50000 pasti pembelian aplikasi premium akan melonjak tinggi. Kenapa? karena memang meski aplikasi dengan Basic Account sudah sangat powerfull, dengan aplikasi Premium atau akun premiumnya, kita bisa mendapatkan banyak kelebihan lain seperti bisa mengeksport ke Excel, dan berbagai fitur lainnya. 

Kesimpulan

Artikel ini memang bukanlah sponsor atau apalah namanya, namun karena memang saya suka dan sudah lama banget saya pake, seperti yang sudah saya jelaskan diatas aplikasi ini bisa dibilang Worth it untuk digunakan. 

Dan ya, silahkan coba sendiri deh, dan silahkan rasakan perbedaannya, jika kamu sering melakukan dan memanajemen keuangan, dengan aplikasi ini rasanya itu lumayan seru dan akan membuat kita sebagai pengguna tampak lebih professional dalam pengelolaan keuangan. 

Kamu bisa mencoba dan mendaftar Money Lover pada link berikut

Nah kamu pake aplikasi sejenis tapi beda namanya? silahkan komen dibawah guys. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Review Singkat Money Lover - Aplikasi Management Keuangan Yang Lengkap"