Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepenuhnya Beralih ke Windows 10 20H2

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis artikel tutorial terkait Cara Dapatkan Windows 10 20H2 tanpa harus menggunakan akun Windows Insider, tentu karena saya sudah lama menunggu untuk menggunakan versi Windows 10 terbaru ini sejak lama, maka langsung saja saya implementasikan langkah tersebut ke Primary Machine yang saya gunakan. (Meski memang ketika awal tutorial saya menggunakan Virtual Machine). 

Setelah hampir beberapa jam ini saya menggunakan Windows 10 20H2, bisa dibilang saya sangat suka, meski memang ada beberapa hal yang perlu penyesuaian, namun secara garis besar, semua tanpa ada masalah dan mantap. 


Penamaan Windows 10 20H2

Perlu diketahui, kabarnya penamaan Windows 10 akan berubah, bukannya menggunakan Windows 10 2009 seperti yang sebelum sebelumnya (1709, 1803, 1809, 1903, 1909, 2004), kini penamaan tersebut akan menjadi 20H2, 21H1 dan seterusnya. Meskipun kabar ini memang masih belum jelas, namun berdasarkan sumber dari Redmond Mag, hal tersebut telah terkonfirmasi. 


"Also on Tuesday, Microsoft announced that it's planning slight name changes for its Windows 10 feature updates. The name changes will start with the next release in the fall or the second half of this year (maybe in September). It'll be called "Windows 10 version 20H2" (instead of something like "Windows 10 version 2009")." Dikutip dari Redmond Mag.

Fitur Baru Dan Penyesuaian Yang Perlu Pengguna Lakukan

Fitur baru yang paling saya suka tentu saja adalah Redesign Start Menu barunya, meskipun memang saya bukanlah pengguna Live Tiles, namun icon yang kini tanpa kotak kotak berwarnanya sangat enak untuk dipandang, selain itu beberapa icon yang hadir termasuk icon Folder baru di Start Menu juga menambah rasa baru ketika bernavigasi dengan Start Menu. 


Selain itu hal yang perlu butuh penyesuaian lebih lanjut adalah Behavior dari ALT + Tab baru di Windows 10 20H2, dimana kini Tab dari Microsoft Edge Chromium akan tampil juga disana. Ini tentu menurut saya adalah hal bagus, namun bagi kamu yang kurang suka, kamu bisa menonaktifkannya di Settings > System > Multitasking. 


Selain itu, beberapa opsi pengaturan juga telah dipindah dari Control Panel ke Settings, sebut saja System Informations yang menampilkan Informasi dari perangkat kita (Klik kanan > Properties pada This PC), kini akan langsung menampilkan halaman About di Settings > System. 


Namun tentu semua hal baru di Windows 10 20H2 ini bukanlah sesuatu yang buruk, karena memang perubahan sangat diperlukan di Windows 10 yang sudah berumur lima tahun ini. 

Awalnya saya sendiri agak sedikit kurang suka dengan perubahan dipindahkannya beberapa opsi Control Panel ke Settings, namun karena perubahan pasti akan diberikan Microsoft, mau tidak mau pengguna juga harus mengikuti apa yang mereka berikan. 

Kekurangan Setelah Update?

Untuk sekarang saya belum menemukan masalah di Windows 10 20H2 setelah saya coba, namun memang, ketika selesai melakukan update, Kaspersky Internet Security yang saya gunakan menampilkan notifikasi Compatibility Issues, dimana ada beberapa hal yang dibatasi oleh system Windows 10 Versi 20H2 dan 2004. 


Kaspersky Internet Security 20 works with limitations in the following cases:
  • If you have installed Kaspersky Internet Security on Windows 10 upgraded to version 2004 and later.
  • If Windows 10 is in the Out Of Box Experience (OOBE).
  • If the Device Guard mode is enabled in Windows 10.
Sumber : Kaspersky

Meskipun memang tidak terasa dan tidak terlalu berpengaruh pada keamanan yang diberikan, namun kadang hal ini membuat saya paranoid sendiri. 

Secara Keseluruhan Saya Suka

Meskipun memang belum dirilis secara resmi dan saya melakukan update secara paksa, namun saya suka dengan Windows 10 20H2 ini, semoga saja tidak ada masalah fatal yang terjadi di perangkat saya setelah melakukan update, mengingat kini saya menginstalnya di perangkat utama untuk keperluan kerja juga, jadi bisa gawat dong kalo ada masalah. 

Cara Update?

Untuk artikelnya sekali lagi dapat kamu lihat pada halaman Windows Portal Indonesia berikut. Atau kamu juga bisa menonton video tutorial yang telah saya buat dan saya upload di channel Youtube berikut


Nah sekian saja pembahasan saya kali ini, untuk artikel terkait pembahasan fitur baru di Windows 10 20H2 mungkin akan saya buat dikemudian hari, sekalian saya buatkan juga video Youtubenya, jadi silahkan ditunggu saja ya kawan kawan. 

Terima kasih dan semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Sepenuhnya Beralih ke Windows 10 20H2"