Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Fitur Baru di Windows 10 20H2?

Hari ini, 19 September 2020 Microsoft merilis Windows 10 20H2 (Build 19042) untuk pengguna Insider Release Preview, dan kabarnya Build 19042.508 adalah Build Final sebelum masuk ke Release Stable yang diperkirakan akan hadir bulan depan. 

Nah sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita kenali dulu dengan penamaan baru di Windows 10, karena berbeda dengan versi sebelumnya, Microsoft mungkin akan mengubah penamaan versi Windows 10 dari sebelumnya (1709, 1803, 1809, 1903, 1909, dan 2004) akan menjadi (20H2, 21H1 dan seterusnya). Hal ini sudah dikonfirmasi via Redmond Mag, dimana dikatakan bahwa penamaan Windows 10 akan berubah diversi mendatang. 

"Also on Tuesday, Microsoft announced that it's planning slight name changes for its Windows 10 feature updates. The name changes will start with the next release in the fall or the second half of this year (maybe in September). It'll be called "Windows 10 version 20H2" (instead of something like "Windows 10 version 2009")." Dikutip dari Redmond Mag.

Selain itu Windows 10 20H2 ini bisa dibilang merupakan kumulatif update dari Windows 10 2004, sama seperti Windows 10 1909 yang juga merupakan kumulatif update dan penyempurnaan dari Windows 10 1903. Oleh karena itulah ukuran file Update yang sebelumnya sudah saya buat tutorialnya, tidak terlalu besar dengan hanya 70 MB saja. 

Lanjut ke pembahasan utama, ada beberapa fitur baru yang hadir di Windows 10 20H2, dan tentu menurut saya fitur ini cukup keren mengingat sudah lama tidak ada hal baru menarik yang hadir dalam Update Mayor Windows 10. 

Redesign Start Menu


Yang pertama, tentu adalah yang paling menarik, yaitu Desain Baru Start Menu, jika kamu perhatikan, kini desain dari Start Menu lebih simpel dengan menghilangkan skema warna pada Live Tiles dan icon di App Listnya, sekedar informasi, desain ini pertama kali diperkenalkan pada Windows 10 Insider Preview Build 20161, dan Microsoft membawanya ke Insider Beta Channel mulai pada Build 19042.421


ALT+ Tab Behavior Baru

Yang kedua, ada ALT + Tab Behavior baru, dimana kini ALT + Tab akan dapat menampilkan Tab dari Microsoft Edge Chromium 83 keatas, pengguna bisa memilih untuk menampilkan Recent 3 Tab, Recent 5 Tab, atau menampilkan semua tab yang terbuka di Microsoft Edge. 

Fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk membuat navigasi tab lebih cepat, namun bagi kamu yang tidak suka dengan behavior baru ini, kamu bisa menonaktifkannya dengan langkah sederhana yang sudah saya tulis di halaman WinPoin berikut


Taskbar Personalizaitions

Yang ketiga, ini mungkin kurang terasa, yaitu Taskbar personalization di Windows 10 20H2, ketika kamu melakukan Setup Windows 10 pertama kali (ketika proses OOBE), dan kamu login dan menghubungkan akun Windows 10 kamu dengan Xbox/Your Phone atau tidak sama sekali, Icon di Taskbar akan berbeda sesuai dengan akun mana yang kamu hubungkan. 

Advanced Settings Untuk Display dan Tablet Mode

Yang keempat, ada Advanced Settings untuk Display di Windows 10 20H2, dimana mulai versi ini kita bisa mengubah dan mengatur Refresh Rate Monitor secara langsung melalui halaman Settings > Display > Advanced Display Settings. 


Jadi dengan ditambahkan fitur ini, kita tidak perlu lagi masuk ke menu Displat adapter properties atau harus masuk ke Graphic Command Control untuk mengatur Refresh Rate Monitor. 



Selain itu jika kamu perhatikan pada gambar diatas, ada opsi Change additional tablet mode di Settings > System > Tablet.


Perubahan Settings Baru di Windows 10

Selain dua hal diatas, ada beberapa pengaturan yang dirubah, sebut saja System Settings dari Control Panel kini akan langsung diarahkan ke halaman About di Settings Apps, dengan ini bisa dibilang beberapa opsi Settings Control Panel akan benar benar dipindah ke Settings sepenuhnya, kamu kini harus masuk ke Settings > About > dan melakukan banyak hal disana, termasuk Rename This PC, Remote Desktop dan lainnya. 

Terkait perubahan apa saja yang berubah di Windows 10 ini, sudah pernah saya bahas di halaman WinPoin berikut


Microsoft Edge Chromium

Yang keenam tentu saja adalah Microsoft Edge Chromium, karena mulai dari Windows 10 20H2, browser baru Microsoft ini akan mulai ditawarkan secara default dan mulai menggantikan Microsoft Edge Legacy. 

Selain itu ada juga beberapa peningkatan pada Notifications Focust Assist, peningkatan mode tablet yang tadi sempat disebutkan juga dan berbagai perbaikan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena saking banyaknya. 

Nah itulah sedikit pembahasan singkat mengenai fitur baru dari Windows 10 20H2, secara keseluruhan memang tidak banyak hal baru yang hadir di Windows 10 20H2 karena memang versi ini adalah versi penyempurnaan dari versi 2004, bahkan Start Menu baru sudah dapat kamu terapkan di versi Windows 10 2004 dengan trik yang sudah saya tulis juga di halaman WinPoin berikut

Namun meskipun tidak banyak, dengan hadirnya Desain baru Start Menu di versi ini, ini menjadikan salah satu update yang difavoritkan oleh banyak pengguna, terutama mereka pengguna lama Windows 10. Nah itu aja mungkin ya, silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini, silahkan komen dibawah guys, semoga bermanfaat. Terima kasih. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Apa Saja Fitur Baru di Windows 10 20H2?"