Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Mempercepat Loading Blog - Ala Blog Sayugi

Blog ini sudah hampir berumur tiga tahun, dan meskipun akhir akhir ini saya jarang post di Blog ini, namun tetap saja ini adalah rumah utama saya dalam berbagi cerita seputar pengalaman pribadi dan hal lainnya. 

Nah salah satu hal yang saya lakukan dalam blog ini tentu saja adalah mengoptimisasi performa loadingnya, bukan berdasarkan angka namun lebih ke Real Live Speed, ketika pengunjung masuk, maka seberapa cepat loading yang diperlukan sampai seluruh komponen berhenti meload data. Dan terkait hal tersebut, kali ini saya akan sedikit berbagi tips terkait bagaimana dan apa saja trik yang saya lakukan untuk mempercepat loading www.blogsayugi.com, ya meskipun saya sadar masih banyak blog lain yang lebih cepat, tapi blog sayugi sudah lumayan cepat juga (setidaknya menurut saya ya hehe). 


Gunakan Template Simpel dan Minimalis

Saya disini menggunakan template VioMag* (sensor dikit tapi kalian tahulah template ini), nah kenapa saya pake template ini? karena berdasarkan pengujian yang sudah saya lakukan dengan template bajakan (pas dulu sebelum beli template ini), performa Real Live-nya mantap, dan bahkan berdasarkan promo dan Speed Test yang dilakukan mas sugeng selaku pembuatnya sendiri, angka yang ditawarkan tidak mengecewakan dan bahkan mantap. 

Diluar sana ada berbagai template berbeda untuk Blogger, atau Wordpress, dan silahkan kamu pilih dan sesuaikan dengan keinginan kamu, template itu tidak perlu warna warni, ngejreng dan penuh warna, widget dan gambar, cukup simpel saja.

Jangan Banyak Widget

Salah satu kesalahan fatal adalah dengan menempatkan banyak widget dalam satu halaman, misalkan ada widget Facebook lah, Widget Popular Post lah, Widget Artikel terbaru lah, dan lain lainnya, apalagi widget yang cukup berat seperti Widget yang mengandung gambar dan javascript didalamnya. 

Setidaknya kurangi widget tersebut, atau jika tidak ingin dikurangi lakukan langkah seperti yang saya lakukan, dimana memisahkan widget tertentu pada halaman dan kategori tertentu, misalkan nih untuk sekarang halaman depan saya memasang satu widget Jooble, satu widget untuk Recent Tutorial. Udah itu aja, enggak ada iklan di sidebar, dan hanya ada iklan di header, dan satu iklan dibagian jajaran artikel (untuk desktop). 

Jangan Banyak Iklan

Melanjutnya pembahasan sebelumnya, selain hanya ada iklan di header, dan satu iklan dibagian jajaran artikel (untuk desktop). Pada versi mobile sendiri hanya ada iklan dibagian header dan bagian sidebar saja, udah itu aja, cuma dua dihalaman depan blog saya ini. 

Lalu apa sih efeknya? ya tentu performa loading lebih cepat, karena percaya deh loading iklan itu lambat banget, bahkan sampai Chrome (iya browser milik Google yang juga merupakan pemilik Adsense) meluncurkan fitur anti-heavy ad intervention system dalam browsernya. 

Compress Gambar

Hal ini cukup mempercepat halaman artikel, apalagi jika kamu memasukan banyak gambar pada artikel terkait, berdasarkan pengujian dan pengalaman yang saya lakukan, melakukan compress gambar cukup membantu dalam mempercepat loading blog. 

Namun meskipun begitu, kualitas gambar akan sedikit buram, jadi saya tidak merekomendasikan hal ini, bahkan saya sendiri tidak menerapkannya pada semua artikel di blog ini, jadi ini silahkan kamu mau ikuti atau tidak. 

Gunakan Lazy Load

Biasanya beberapa template sudah menerapkan script Lazy Load secara default, namun jika belum silahkan kamu googling cara untuk menerapkannya secara manual. Jika Lazy Load diterapkan, gambar biasanya akan diload belakangan, jadi hanya akan muncul ketika memang diperlukan, intinya gitu, teknisnya saya kurang tahu gimana cara kerjanya pokoknya berdasarkan pengalaman saya, Lazy Load cukup berpengaruh dalam menambah performa dan loading blog. 

Penutup dan Hal Paling Berpengaruh

Bagaimanapun, langkah apapun yang diterapkan hanya satu hal yang cukup berpengaruh dalam performa dan kecepatan loading blog, koneksi internet pengunjung dan kecepatan server, saya memilih blogger karena memang servernya ajib dan bahkan jarang down, selain itu kecepatan internet pengunjung juga jadi peran penting disini, meski loading blog sebenarnya lambat, tapi speed internet pengunjung dewa gila gilaan, ya tetap saja cepat. 

Nah itulah langkah dan tips and trik mempercepat loading blog ala Blog sayugi, ya saya tahu blog ini juga masih lambat dibandingkan blog lainnya, karena memang saya belum mengutak atik template ini lebih dalam, tapi menurut saya udah cukup lah segini juga. 

Sekian dan terima kasih, mohon maaf jika ada kesalahan, perbedaan pendapat atau hal lainnya, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah, semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Tips dan Trik Mempercepat Loading Blog - Ala Blog Sayugi"