Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Windows 10 - Jadi Seperti Baru Tanpa Install Ulang!

Kamu ingin jual laptop kamu, tapi gak mau install ulang karena waktu yang terbatas atau memang tidak memiliki file ISO untuk proses yang diperlukan, tenang, kamu bisa menggunakan salah satu fitur utama Windows 10 yang benama Reset This PC. 

Dengan fitur ini, kamu bisa menghapus dan mengembalikan kondisi Windows 10 sama seperti layaknya baru saja di install ulang, dengan catatan, Update yang terinstall masih tersimpan didalam system, langkah ini cukup membantu bagi kamu yang baru saja membeli laptop second atau baru akan menjualnya. 

Nah penasaran bagaimana langkahnya? berikut saya rangkum langkah lengkap bagaimana Cara Reset Windows 10 agar tampak seperti baru tanpa harus melakukan Install ulang. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Settings. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu klik pada Update & Security > Recovery. 


Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu klik pada Get Started. 

Seperti pada gambar diatas, ketika tombol Get Started kamu klik, kamu akan dihadapkan pada dua opsi berbeda, kamu bisa memilih 'Keep my files' jika ingin menyimpan seluruh file di Document, Music dan lain lain, atau kamu bisa memilih 'Remove everything' untuk menghapus seluruh file di local storage kamu. 

Karena disini saya berada dalam skenario akan menjual laptop ceritanya, maka saya pasti harus memilih 'Remove everything'. 

Catatan : Seandainya kamu memilih opsi 'Remove everything', opsi ini tidak menghapus file di Local Disk D. Jadi hanya menghilangkan file di Local Disk C saja, jadi pastikan kamu backup dulu data pentingnya ya. 

Langkah 4. Selanjutnya ketika memilih opsi 'Remove everything', kita akan diberikan opsi lain yaitu Cloud Download atau Local Reinstall, jika kamu memiliki koneksi internet yang cukup dengan pengalaman yang terbaik tentu Cloud Download adalah opsi yang direkomendasikan, namun jika tidak memiliki koneksi internet, Local Reinstall bukanlah pilihan yang buruk. 

Catatan : Disini saya menggunakan Local Reinstall. 

Langkah 5. Selanjutnya silahkan ikuti saja langkah yang diminta, mulai dari Additional Settings, hingga konfirmasi bahwa kamu sudah siap dengan Reset This PC dengan menghilangkah seluruh file dalam local disk c, menghilangkan aplikasi yang sudah terinstall, dan mengembalikan ke posisi awal seperti layaknya habis Install ulang. 


Jika sudah siap, silahkan klik Reset, maka setelah itu proses Reset akan segera dimulai. 


Dari sini, silahkan tunggu saja sampai selesai, jika Restart otomatis jangan kaget memang itu adalah hal yang biasa. 



Proses Setelah Instalasi Selesai

Jika Restart dan proses Reset sudah selesai, maka kamu akan dihadapkan dengan process OOBE kembali, mirip seperti ketika kamu melakukan Reinstall Windows 10 dari awal, mulai dari pemilihan bahasa, keyboard layout, region sampai proses selesai, silahkan ikuti saja apa yang diperintahkan. 




Setelah proses pemilihan keyboard layout, perangkat akan kembali Restart secara otomatis, diikuti dengan berbagai Setup OOBE lanjutan, seperti Privacy Policy dari Windows 10, pembuatan akun, dan lainnya. 







Selanjutnya kamu juga bisa langsung menghubungkan Smartphone kamu dengan aplikasi Your Phone, silahkan klik Do it later jika tidak berminat.  


Selanjutnya proses Backup OneDrive, silahkan klik Only save file to this PC, jika tidak berminat untuk backup file di Picture, Doc, dan Download ke OneDrive.  


Silahkan kamu masukan lisensi Office 356 jika kamu punya, atau klik No Thanks jika tidak berminat, kamu juga bisa melakukan percobaan aplikasi Office 365 secara gratis selama 30 Hari (jika berminat).



Dan selesai deh. 


Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, seluruh data dari Local Disk C akan terhapus, namun data di Local Disk D dan lainnya akan tetap aman, selain itu aplikasi dan lain lain sudah kembali ke posisi default. 

Kekurangan

Kekurangan langkah ini adalah tentu jika perangkat terinfeksi virus, langkah ini tidak direkomendasikan karena memang file virus biasanya sudah masuk kedalam system, bahkan jika kamu melakukan Reset, virus biasanya masih akan tetap ada didalam perangkat kamu. 

Nah silahkan dicoba guys, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. Perlu diingat, resiko kesalahan ditanggung masing masing ya, hehehe. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Reset Windows 10 - Jadi Seperti Baru Tanpa Install Ulang!"