Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Driver Menggunakan Driver Store Explorer [RAPR]

Melakukan uninstall terhadap sebuah aplikasi yang memiliki driver terpisah didalamnya biasanya akan meninggalkan file driver di system32 > driver, kecuali kamu menggunakan aplikasi Uninstaller pihak ketiga seperti Iobit Uninstaller atau Revo Uninstaller. 

Contohnya beberapa waktu lalu saya melakukan uninstall aplikasi PDANet untuk keperluan tethering dari Nokia 6.1 Plus saya, dan setelah selesai, seperti biasa saya hapus aplikasi tersebut melalui Control Panel > Program & Features. Salah satu hal yang ternyata tidak terhapus adalah dua buah driver yang dibawa PDANet, dan masih tersimpan di system32 > driver bahkan ketika saya cek menggunakan System Informations, file driver tersebut bisa dibilang masih aktif. 

Karena parno takut terjadi apa apa, maka saya harus melakukan penghapusan file driver tersebut, dan langkahnya bukan langsung menghapus dari system32 > driver menggunakan file explorer, melainkan menggunakan aplikasi bernama Driver Store Explorer [RAPR]. 

Nah bagi kamu yang penasaran bagaimana langkahnya, berikut saya rangkum Langkah Uninstall Driver Menggunakan Driver Store Explorer [RAPR]. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu download file Driver Store Explorer [RAPR] dari halaman GitHub berikut. Silahkan kamu download versi paling baru. 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu extract file yang sudah kamu download tersebut, dan silahkan kamu buka file bernama Rapr. 


Langkah 3. Didalam aplikasi Driver Store Explorer [RAPR], silahkan kamu pilih driver yang akan dihapus, disini saya akan menghapus driver PDANet yang ditandai dengan Provider dari June Fabrics Technology Inc dan Google. 


Langkah 4. Selanjutnya jika sudah kamu pilih, silahkan klik pada Delete Driver pada tombol bagian samping kanan. 


Dan selesai deh, sekarang driver sudah terhapus, bahkan ketika kamu cari di System Informations atau menggunakan Command Prompt pun dia sudah menghilang, begitu pula jika kamu telusuri di system32 > driver, filenya sudah menghilang karena memang sudah berhasil terhapus. 


Kenapa tidak langsung saja via File Explorer?
Setelah melakukan pengujian, kita tidak bisa menghapus file (misalkan pneteth.sys), begitu saja, karena memang harus memerlukan akses Administrator. 

Pake CMD saja!
Bisa sih, cuma resiko kehilangan data dan terhapusnya seluruh driver cukup besar, apalagi jika kurang teliti, kita bisa menggunakan CMD as Admin dan menghapus file driver dengan perintah DEL /F /Q /A diikuti dengan Path dari file tersebut. 

Pake Explorer++
Tools favorit saya ini sebenarnya bisa menghapus secara langsung via system32 > driver, namun untuk identifikasi providernya cukup sulit, dan takutnya malah menghapus file driver yang salah. 

Jadi berdasarkan pengujian yang saya lakukan, menghapus file Driver menggunakan Driver Store Explorer [RAPR] adalah langkah yang paling terbaik dan paling direkomendasikan, karena selain dapat menghapus dengan mudah, kita bisa mengidentifikasi nama dan provider dari driver tersebut. 

Nah silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 


Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Uninstall Driver Menggunakan Driver Store Explorer [RAPR]"