Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Driver LG 24MK600

Sudah cukup lama saya menggunakan monitor ini untuk keperluan sehari hari, bisa dibilang saya sangat suka dengan monitor LG 24MK600 ini untuk berbagai alasannya sendiri mungkin sudah saya bahas pada artikel review yang sudah saya tulis beberapa waktu lalu. 

Nah terkait dengan monitor LG ini, mungkin pembaca ada juga yang menggunakannya, dan tahukah kamu, setelah menghubungkan monitor ini, sebenarnya kamu perlu melakukan instalasi Driver yang mana dengan itu akan menambah Color Profile dan mengubah label di Device Manager, yang mana keduanya menurut saya cukup penting untuk diterapkan. 

Sebagai contoh nih, sebelum melakukan instalasi Driver di Device manager Windows 10, bagian Monitor maka akan menampilkan Generic PnP Monitor, dan tentu jika kamu punya dua atau lebih monitor yang berbeda terpasang dalam satu PC, maka dengan label seperti itu akan sedikit sulit untuk melakukan Settings pada Display Management. Setidaknya itu menurut saya ya.

Nah jadi bagaimana sih cara melakukan instalasi Driver  LG 24MK600? langsung saja berikut saya rangkum langkah singkatnya. 

Langkah 1. Silahkan kamu download driver dari halaman LG berikut

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu Extract file yang sudah kamu download, disana akan ada empat file berbeda. 


Langkah 3. Selanjutnya kamu bisa langsung saja klik Setup dan jalankan instalasi seperti biasa, namun dalam tutorial kali ini saya akan melakukan instalasi secara manual menggunakan Device manager. Langkahnya simple saja, silahkan kamu buka Device Manager, dan cari Generic PnP Monitor yang merupakan Driver LG dan klik Properties.


Jika kamu kesulitan mencari yang mana itu milik Driver LG, kamu bisa mengidentifikasinya melalui halaman Settings > System > Display > Advanced display settings. 



Baik via Device Manager, ataupun via Settings Display, keduanya intinya adalah membuka Properties dari Generic PnP Monitor milik LG. Nah inilah kenapa saya wajibkan untuk menginstal Driver, karena identifikasi Monitor jadi susah karena tulisannya adalah Generic PnP Monitor. 


Langkah 4. Selanjutnya setelah kamu membuka Properties dari Generic PnP Monitor milik LG, silahkan kamu klik Tab Driver lalu klik lagi pada bagian Update Driver. 

Selanjutnya silahkan pilih Browse my computer for drivers. 

Lalu silahkan pilih folder dimana file driver yang sudah di download pada langkah 1 berada, klik open dan installasi akan berjalan sangat cepat. (saking cepatnya saya lupa screenshot). 

Jika sudah selesai, maka di Device Manager bukan lagi menampilkan Generic PnP Monitor melainkan menjadi LG FULL HD(HDMI). 


Lalu jika kamu perhatikan pada bagian Settings > System > Display, pada bagian settings Monitor LG, maka akan menampilkan Color Profile. 


Dan yah. seperti itulah langkah singkat yang dapat kamu lakukan untuk melakukan instalasi Driver LG 24MK600, secara cepat mungkin pada langkah tiga tinggal kamu klik saja file Setup, namun saya lebih suka cara yang ribet saja. hahaha. 

Silahkan dicoba, dan semoga bermanfaat. 


Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Install Driver LG 24MK600"