Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Wifi di Windows 10 Yang Sering Disconnect Sendiri

Selamat malam minggu semuanya, mulai besok kita sudah masuk ke bulan November 2020 nih, semoga saja bulan depan menjadi bulan yang lebih baik dari saat ini, terutama di masa dan kondisi pandemi seperti ini. 

Sedikit pembukaan, sejak saya menggunakan Windows 10 May 2020 Update (Build 19041) sampai saat ini saya menggunakan Windows 10 20H2 (Build 19042), ada sebuah masalah yang sering saya alami, dimana Wifi di laptop saya ini sering disconnect sendiri, padahal jika di Windows 10 1909 sebelumnya atau di Linux Elementary OS yang saya gunakan, masalah ini tidak pernah terjadi sekalipun. 

Dan berhubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi sebuah tutorial yang mungkin akan bermanfaat dan mampu mengatasi masalah yang juga kamu alami. 

Cara Mengatasi Wifi di Windows 10 Yang Sering Disconnect Sendiri

Untuk mengatasi masalah ini pada dasarnya saya cukup melakukan satu langkah saja dan semoga saja itu juga dapat memperbaiki masalah yang kamu alami, namun jika gagal kamu dapat menggunakan langkah alternatif lain dibawah ini. 

Menonaktifkan Fitur Sleep Mode

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Device Manager > Navigasi ke Network adapters > Driver WiFi kamu. (Disini saya menggunakan Qualcomm Atheros AR946X). 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu klik kanan > Properties pada Driver WiFi tersebut sampai menampilkan window kecil seperti ini. 


Selanjutnya silahkan kamu navigasikan ke tab Power Management, dan hilangkan checklist pada "Allow the computer to turn off this device to save power". 


Selesai. 

Masalah tersebut berhasil saya atasi dengan menggunakan langkah diatas, untuk cara kerjanya sendiri bisa dibilang adalah dengan menonaktifkan fitur diatas, ketika laptop masuk dalam mode Sleep atau Hibernate, perangkat WiFi tidak ikut masuk ke mode Off, dan mungkin karena saya adalah orang yang sering melakukan Sleep dan Hibernate di Laptop saya tanpa restart berhari hari sampai berminggu minggu, hal tersebutlah yang menjadi penyebab masalah ini. 

Namun tentu skenario kamu bisa saja berbeda, dan jika kamu gagal mengatasi masalah dengan langkah diatas, silahkan lakukan beberapa langkah alternatif berikut. 

Cek WLAN AutoConfig di Service Windows 10

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka service.msc, selanjutnya silahkan kamu cari WLAN AutoConfig.


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu pastikan bahwa Startup Type dari WLAN AutoConfig adalah Automatic, jika di Set ke Manual, silahkan kamu ubah. 


Selanjutnya jika sebelumnya berada pada kondisi Manual, silahkan kamu klik Start pada Service Status dihalaman tersebut. 

Namun dalam langkah ini seperti yang dapat kamu lihat, saya sudah berada di kondisi Automatic dan Service Status sudah berjalan, hal ini karena memang masalah bukanlah dari hal ini, dan semoga jika masalah kamu berasal dari Startup Type yang manual, langkah diatas mampu mengatasi masalah kamu. 

Melakukan Update Driver Atau Reinstall Driver

Nah yang terakhir yang mampu saya rekomendasikan jika masalah belum selesai adalah dengan melakukan update driver, saya sarankan kamu mendownload driver secara langsung dari manufakturnya, misalkan Driver WiFi Intel silahkan kamu download dari situs Intel, dan jika Atheros, silahkan kamu download juga dari situs resminya. 

Jika kamu melakukan update dari Device Manager, bisa dibilang kadang tidak ada driver update yang tersedia, jadi melakukan update via Device Manager sangat tidak saya rekomendasikan. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan aplikasi sejenis Driver Updater, misalkan Iobit Driver Booster atau aplikasi sejenis lainnya. (Namun jangan lupa, gunakanlah aplikasi original atau minimal Trial juga tidak apa apa, jangan pernah gunakan Crack atau Patch karena bisa saja malah kamu kena malware dan kehilangan seluruh data di perangkat kamu). 

Nah sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengatasi Wifi di Windows 10 Yang Sering Disconnect Sendiri"