Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Fitur Penerjemah Bahasa di Microsoft Edge Chromium

Jika kamu adalah orang yang suka membaca berbagai artikel diluar bahasa Indonesia, misalkan bahasa Inggris, tentu dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik itu bukanlah sebuah masalah, namun bagaimana dengan bahasa Jerman, China dan lainnya. Sejujurnya dalam mengambil berbagai sumber berita, saya sendiri kadang kebingungan jika menemukan sumber artikel yang ditulis dalam bahasa diluar bahasa Inggris, atau kadang bahasa Inggris dengan logat dan gaya penulisan blogger India misalkan, karena kadang bahasanya terkesan sulit untuk dipahami bahkan jika kita manual melakukan penerjemahan dengan Google Translate sekalipun. 

Namun diluar hal itu, tentu dengan fitur penerjemah, kita bisa mengenal dunia lebih luas, tidak terpatok bahasa utama kita dan tidak terpatok dengan apa yang biasa kita lihat, karena dengan fitur penerjemah kita bisa menerjemahkan bahasa asing dengan sangat mudah. 

Lupakan Google Translate, karena dalam artikel kali ini saya akan membahas fitur Penerjemah yang ada di Microsoft Edge Chromium, yang mana ditenagai oleh Microsoft Translator, dan menurut saya cukup optimal dan tidak jauh berbeda dengan apa yang diberikan Google. 

Cara Menggunakan Fitur Penerjemah Bahasa di Microsoft Edge Chromium

Disini saya menggunakan Microsoft Edge Chromium 86, mungkin ketika kamu membaca artikel ini versinya sudah diperbarui, jadi silahkan disesuaikan. Dan jika kebetulan kamu menggunakan Edge Chromium, berikut saya rangkum langkah singkat untuk menggunakan fitur Penerjemah Bahasa di browser buatan Microsoft ini. 

Langkah 1. Silahkan sebelum memulai semuanya, ada baiknya kamu menambahkan bahasa Indonesia di halaman Edge Settings > Language. Disini saya rekomendasikan ada dua bahasa yang terpasang, yaitu Inggris dan Indonesia (karena kita orang Indonesia). 


Langkah 2. Untuk menggunakan fitur penerjemah, silahkan kamu buka website yang akan kamu terjemahkan, misalkan disini saya akan menerjemahkan situs deskmodder yang memang berbahasa Jerman. 


Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu klik kanan pada halaman tersebut, dan pilih Translate to Indoensia/ Translate to English. 

Namun jika tidak ada opsi tersebut di konteks menu yang kamu buka (alias klik kanan), kamu harusnya akan menemukan sebuah icon translate seperti pada gambar berikut. 


Selanjutnya silahkan klik icon tersebut, lalu silahkan pilih bahasa tujuan, misalkan disini saya akan menggunakan bahasa Indonesia. 


Jika pemilihan bahasa sudah kamu lakukan, silahkan kamu klik pada tombol Translate. Dan dengan itu harusnya sekarang seluruh halaman sudah di terjemahkan. 



Translate Hanya Pada Text Yang Di Pilih

Dengan langkah diatas, kita bisa menerjemahkan seluruh halaman ke bahasa yang kita inginkan, namun bagaimana jika dalam halaman tersebut ada dua atau lebih bahasa yang berbeda?, tentu itu akan menimbulkan sedikit masalah dalam system penerjemah. 

Namun terkait hal tersebut, jangan khawatir karena di Microsoft Edge Chromium 87 yang kini sudah masuk ke Dev Channel, pengguna bisa menggunakan fitur Translate pada area yang dipilih saja. 



Untuk saat ini meskipun masih tersedia di Microsoft Edge Dev dan Canary, dan hanya dikirimkan sebagai bagian dari Controlled Rollout Program, fitur ini tentu cukup berguna apalagi jika dalam halaman yang sama, ada dua atau lebih bahasa yang berbeda, jadi kita bisa secara terpisah melakukan translate pada bahasa tertentu.

Nah sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu semua, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menggunakan Fitur Penerjemah Bahasa di Microsoft Edge Chromium"