Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Produktif Dengan Taskbar di Windows 10

Taskbar salah satu komponen paling penting di system operasi Windows, baik itu untuk Windows 10 atau dibawahnya. Terkait dengan komponen ini, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas dan memberikan tips mengenai taskbar agar komponen ini membuat kamu menjadi lebih produktif dalam kegiatan sehari hari. 

Dan langsung saja nih, berikut adalah diantaranya. 

Maksimalkan Ruang di Taskbar (Minimalis Lebih Baik)


Mungkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan screenshot yang saya bagikan, dimana dalam beberapa kondisi taskbar di Windows 10 saya tampak sepi dan tidak banyak aplikasi, hal itu tentu saya tujukan untuk meningkatkan produktifitas agar lebih fokus untuk bekerja. 

Dalam poin ini saya merekomendasikan kamu untuk hanya PIN aplikasi di taskbar yang memang seandainya menjadi prioritas kamu saja, selain itu simpan saja di Start Menu agar taskbar lebih rapi dan minim gangguan atau distraksi. Untuk semakin menambah kesan minimalis dan rapi, Icon Search, Task View, Cortana, People, dan icon yang seandainya tidak diperlukan atau dapat diakses dengan keyboard shortcut ada baiknya juga untuk disembunyikan. 

Saya sudah membahas mengenai hal ini pada Tips Minimalis Windows 10 - Pin Aplikasi #EdisiPertama, jadi silahkan kamu cek juga artikel tersebut. 

Jika ingin lebih maksimal, saya juga merekomendasikan kamu untuk mengatur Taskbar agar Auto Hide atau menggunakan aplikasi Smart Taskbar yang mana berfungsi agar ketika kita membuat aplikasi dengan Maximize Window, Taskbar akan otomatis Hide sendiri tanpa ada pengaturan yang perlu kita lakukan. 


Pindahkan Posisi Taskbar

Sejujurnya saya sendiri lebih nyaman ketika Taskbar berada di sebelah kiri layar, karena dengan itu saya bisa menulis dan melihat area lebih luas dalam membaca artikel, atau mengerjakan hal lainnya.

Nah terkait hal ini juga mungkin kamu pernah melihat beberapa screenshoot yang saya bagikan, dimana posisi Taskbar yang saya gunakan ada disebelah kiri. Hal itu sengaja saya atur dalam beberapa kondisi tertentu misalkan ketika saya sedang menulis seperti ini. 


Hal ini tentu karena dengan area yang lebih luas dari atas kebawah, kita bisa memaksimalkan layar dengan lebih maksimal, terutama bagi seorang penulis seperti saya ini. Namun tentu dalam beberapa kondisi juga saya suka membuat Taskbar berada dibawah, hal tersebut biasanya ketika saya membuka aplikasi lebih dari 15 agar tampilan icon tidak di hide secara otomatis oleh system. 

Untuk memindahkan posisi Taskbar, kamu bisa masuk ke Settings > Personalizations > Taskbar > Taskbar locations on screen. Disana silahkan set sesuai dengan kebutuhan kamu. 


Atur Bagaimana Icon di Tampilkan

Masih terkait dengan poin kedua diatas, jika saya menggunakan dua monitor atau ketika saya terhubung dengan monitor saya dirumah, posisi taskbar saya selalu tempatkan dibawah, dan dengan itu monitor kedua saya atur agar tampilan Icon tidak dikombinasikan, dan menampilkan Label aplikasi sepenuhnya. 


Untuk mengatur hal ini, kamu bisa masuk ke Settings > Personalizations > Taskbar > Multiple displays > pada bagian Combine button on other taskbar Silahkan Set ke Never. 


Sala satu alasan kenapa saya selalu menampilkan label di Taskbar adalah tentu untuk melihat dengan jelas label dari aplikasi, atau tab utama yang saya buka di browser. Sehingga dengan itu saya bisa dengan mudah mengaksesnya ketika diperlukan. 

Usahakan Minim Distraksi dan Gangguan

Tiga langkah diatas tentu saya rasa sudah cukup untuk mengurangi distraksi dan gangguan dari aplikasi yang tidak terlalu digunakan, atau karena posisi yang kurang menyenangkan, namun semua itu kembali lagi pada kebiasaan pengguna, percuma jika melakukan tips diatas, tapi Desktop masih penuh oleh icon dan aplikasi, lalu Notifikasi tidak kamu atur agar Do Not Disturb dan lainnya. 

Dan untuk meningkatkan kesan minimalis pada system operasi Windows 10 kamu, mungkin beberapa langkah yang saya lakukan berikut dapat sedikit membantu kamu untuk mengatur bagaimana Windows 10 kamu tampil agar lebih maksimal untuk produktifitas kamu sehari hari. 

Baca Juga Tips Minimalis Windows 10 : 

Penutup

Beberapa tips diatas, untuk saya sendiri cukuplah untuk meningkatkan produktifitas saya dalam bekerja sehari hari, dan tentu bisa saja tips diatas tidak bekerja untuk kamu karena berbeda pekerjaan atau berbeda kebiasaan. Namun semoga saja tips diatas dapat bermanfaat untuk kamu coba dan mampu meningkatkan produktifitas kamu dengan Windows 10 yang kamu gunakan.

Terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Tips Produktif Dengan Taskbar di Windows 10"