Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Font di Linux

 

Pada dasarnya melakukan instalasi Font di Linux itu sangat mudah, bahkan bisa dibilang semua distro linux pun langkahnya hampir sama, baik itu Distro Linux berbasiskan Debian seperti Ubuntu atau yang berbasiskan Arch seperti Manjaro yang kini saya gunakan. 

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas secara singkat, langkah instalasi Font di Linux, mengingat mungkin cukup banyak pengguna linux yang baru saja belajar, ya kita sama sama belajar saja ya, karena saya juga masih terus berlajar untuk mendalami kehebatan linux ini. 

Langsung saja, berikut adalah langkah langkah yang dapat kamu lakukan untuk melakukan instalasi Font di Linux. 

*Catatan, langkah ini bisa dilakukan dihampir semua Distro Linux, silahkan diikuti saja. 

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu download dulu Font yang akan kamu gunakan, sebagai contoh saya akan menggunakan Fira Code yang dapat kamu download pada halaman GitHub berikut.

Langkah 2. Setelah file Font sudah kamu download, silahkan kamu Extract file tersebut. 

Untuk Fira Code, ada beberapa file yang dapat pengguna pilih, jika kamu melihat hal yang sama, silahkan kamu fokus pada file dengan format TTF, kebetulan Fira Code sudah memisahkan file tersebut dalam satu folder. 

Jika file dengan format TTF sudah kamu temukan, silahkan kamu masukkan dalam satu folder khusus dengan nama folder sama dengan nama Font. 

Langkah 3. Setelah langkah kedua selesai, silahkan kamu buka Terminal dan silahkan kamu masukkan perintah berikut.

 

sudo cp -r ~/Downloads/Fira_Code_v5.2/Fira_Code /usr/share/fonts/ 


Silahkan kamu sesuaikan dengan nama font kamu dan directorynya, berikut penjelasan singkat dari saya. 

~ adalah directory /home dari akun yang kita gunakan, selanjutnya diikuti dengan /Downloads/Fira_Code_v5.2 yang mana itu adalah lokasi dimana folder yang sebelumnya kita buat dan rename berada, selanjutnya /Fira_Code adalah folder yang berisi Font dan akan kita install, untuk /usr/share/fonts/ itu adalah directory Font, jika di Windows itu adalah Windows\Font. 

Selanjutnya silahkan kamu masukkan Password Root dan selesai, Font telah terinstall. 

Untuk melakukan pengecekan, silahkan saja kamu cek di aplikasi yang memiliki fitur Font Chooser seperti LibreOffice atau GIMP, disana kamu akan menemukan Font yang baru saja kamu install. 

Nah bagaimana, mudah sekali bukan, sebenarnya selain itu kamu juga bisa menggunakan langkah copy dan instalasi tersebut melalui File Explorer di Linux kamu sendiri, namun saya rasa cukup sulit mengingat dalam tutorial ini saya hanya bisa menampilkan apa yang umum semua pengguna linux bisa, yaitu melalui Terminal. 

Masalahnya, Files di Linux itu bermacam macam, ada Nautilus, ada Dolphin File Manager, dan banyak lainnya, sehingga untuk menampilkan tutorial, perintah membuka File Manager sebagai Root adalah sudo namafilemanager dan silahkan kamu copy secara manual, itu saja sih. 

Nah silahkan dicoba, harusnya bahkan dengan langkah dari Terminalpun tidak ada kesalahan yang terjadi, selama Directory dan perintah yang dimasukkan itu benar. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.




Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Install Font di Linux "