Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Web App di Linux Menggunakan Epiphany Browser (GNOME Web)

Saya akui, di Linux itu memang tidak menyediakan banyak aplikasi seperti di Windows dan Mac, ada kalanya saya harus mencari berbagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan saya sehari hari, entah itu untuk pekerjaan atau hal lainnya. 

Jika seandainya aplikasi alternatif tidak dapat ditemukan, atau dirasa kurang aman untuk dipercaya, maka solusi terakhir adalah dengan menggunakan Web Apps atau biasa juga disebut dengan PWA (Progressive Web Apps), di browser berbasiskan Chromium seperti Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium, kita bisa membuat PWA dengan mudah, cukup dengan satu kali klik saja. Lalu bagaimana jika di Linux?, apakah ada alternatif lain selain menggunakan Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium?

Jawabannya adalah ada!, jika kamu pengguna Elementary OS, Manjaro dengan Desktop Environment GNOME, dan beberapa distro lain, kamu mungkin akan menemukan sebuah browser ini, (Epiphany Browser atau biasa disebut juga dengan GNOME Web). 

Browser ini adalah browser open source yang dikembangkan berbasis WebKitGTK, dan tentu saya rasa untuk kamu yang lebih suka privasi, aplikasi ini lebih baik dibandingkan Google Chrome dan Microsoft Edge Chromium yang memang dipegang oleh dua perusahaan besar yang secara tidak langsung mengambil data kamu melalui telemetry mereka masing masing. 

Dan untuk memenuhi kebutuhan saya sebagai pengganti dan alternatif aplikasi yang tidak ada di App Store, maka berikut saya tunjukkan langkah singkat untuk membuat dan melakukan instalasi Web App di Linux menggunakan aplikasi ini. 

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka GNOME Web, lalu silahkan kamu kunjungi situs yang akan kamu jadikan Web App dan login ke situs tersebut jika diperlukan. 

Sebagai contoh, disini saya akan membuat OneNote menjadi Web App dengan aplikasi ini.

Langkah 2. Setelah situs siap untuk kamu jadikan Web Apps, silahkan kamu klik pada bagian tombol titik tiga diatas lalu silahkan kamu pilih Install Site as Web Application...


Selanjutnya, silahkan kamu ubah nama Web App tersebut agar lebih nyaman untuk dilihat, sebagai contoh, jika misalkan OneNote yang saya install defaultnya adalah "Gylang Satria's Notebook Microsoft OneNote", saya ubah saja menjadi "OneNote" agar lebih enak untuk dilihat. 

Untuk Icon biasanya dibuat secara otomatis, dan biasanya tidak sedikit website yang menghadirkan icon pixelate seperti pada gambar diatas. 

Jika sudah, langsung saja klik Create, dan otomatis nanti Web App akan terinstall, ditandai dibuatkannya sebuah Shortcut Web App tersebut di App Menu. 

Silahkan kamu buka dan silahkan kamu login kembali jika diperlukan.


Kekurangan

Agak sedikit kurang rasanya jika saya tidak menyertakan kekurangan dari Web App yang dibuat dari GNOME Web ini, salah satu hal yang paling kurang nyaman menurut saya adalah dukungan situs yang bisa dibilang terbatas dan lebih sering meminta pengguna untuk menggunakan Google Chrome atau Firefox terbaru, sehingga tidak sedikit pula Web App yang dibuat, gagal untuk dibuka dan cenderung sangat susah untuk dibuka, contohnya seperti OneNote yang saya buat ini. 
 
Namun meskipun begitu, sebagian besar situs web mendukung langkah ini, contohnya Twitter, Whatsapp, Youtube dan lainnya. Saya pun disini menginstall Whatsapp via Web Whatsapp yang saya jadikan Web App, sama halnya juga dengan Twitter. 


Cara Menghapus Web App Yang Telah Dibuat

Untuk kamu yang sekiranya ingin menghapus Web App yang telah dibuat atau Web App tersebut tidak bekerja untuk kamu, kamu bisa menggunakan beberapa langkah singkat berikut. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka GNOME Web kembali, dan masuk ke halaman Applications Manager.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu klik Delete pada Web App yang akan kamu hapus, dan selesai. 


Nah sekian tutorial singkat kali ini, silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 

Untuk kamu yang tidak ingin ribet, menggunakan Google Chrome atau Chromium Browser lebih disarankan karena sudah hampir pasti hampir semua situs dapat berjalan di Web App yang diinstall dari aplikasi tersebut. 
 
Sekian.


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Install Web App di Linux Menggunakan Epiphany Browser (GNOME Web)"