Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat VirtualBox di Linux Berjalan Dengan Dark Mode

 

Salah satu masalah bagi pengguna Virtual Box di Linux mungkin adalah terkait Dark Mode, karena entah apapun dark theme yang pengguna gunakan, VirtualBox tidak akan mengikutinya dan cenderung tampilan dan tulisan dalam aplikasi tersebut akan sulit untuk dilihat dan dibaca, contohnya seperti gambar berikut. 

Tulisan sulit sekali untuk dibaca, sekedar informasi tema yang saya gunakan saat ini adalah Matcha-dark-azul, dan harusnya tampilan Darknya sudah lumayan cantik. 

Nah untuk mengatasi hal tersebut, saya menemukan sebuah thread menarik di halaman forum linux Mint berikut, dimana ternyata kita bisa menyesuaikan tampilan Dark Mode desktop dengan VirtualBox agar tampilannya lebih nyaman dan tulisan lebih enak dibaca, dan berikut saya rangkum langkah singkatnya. 

Langkah 1. Pertama, silahkan kamu buka Terminal. 

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu buat sebuah file bernama VirtualBox pada folder /usr/local/bin, cukup kamu masukkan saja perintah berikut.

sudo nano /usr/local/bin/VirtualBox

Setelah kamu tulis perintah tersebut, silahkan kamu tekan enter dan kamu akan diberikan tampilan nano seperti pada gambar berikut. 

Didalam nano, silahkan kamu masukkan variable berikut.

QT_STYLE_OVERRIDE=fusion /usr/bin/VirtualBox

Contohnya seperti pada gambar berikut, 

Selanjutnya, silahkan simpan perubahan dengan menekan tombol CTRL + O dan tekan Enter

Dan selanjutnya silahkan tutup nano dengan menekan CTRL + X, yang mana kamu akan diberikan tampilan terminal kembali. 

Langkah 3. Selanjutnya, yang harus kita lakukan adalah membuat file yang telah kita buat sebelumnya dapat dieksekusi, caranya mudah, silahkan kamu masukkan saja perintah berikut.

sudo chmod +x /usr/local/bin/VirtualBox

Silahkan masukkan password dan tekan enter seperti biasa, dan jika sudah selesai, silahkan kamu buka VirtualBox kamu, harusnya kamu sudah berikan tampilan seperti pada gambar berikut. 

Dan selesai, sekarang tampilan VirtualBox akan mengikuti dengan tema Desktop kita, jika kamu mengubah ke Light Theme kembali, maka VirtualBox akan menampilkan Layout seperti biasa, dan jika kamu mengubahnya pada Dark Theme, maka tampilan VirtualBox akan mengikuti juga. 

Kenapa ini bisa terjadi?

Setelah saya cari, ternyata hal ini karena VirtualBox berbasiskan Qt Toolkit, sehingga untuk kita yang menggunakan Desktop Environment berbasiskan GTK seperti GNOME, maka kita harus menyesuaikan dahulu Qt Theme untuk aplikasi yang berpengaruh. (Sumber Manjaro Forum).

Nah, sekian tutorial singkat kali ini, semoga berhasil dan semoga bermanfaat, link penting dan sumber sudah saya masukkan didalam artikel ya, jadi silahkan kamu kunjungi seandainya ingin melihat versi bahasa Inggrisnya. 

#Update 30 November 2020

Jika kamu berniat untuk melakukan copy, atau export file Virtual Machine, kamu wajib menghapus konfigurasi diatas, cukup kamu masukkan saja perintah berikut, 

sudo rm /usr/local/bin/VirtualBox

Selanjutnya, setelah file VirtualMachine berhasil di Import ke VirtualBox, kamu reconfigure saja langkah diatas. 

Terima kasih.

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Membuat VirtualBox di Linux Berjalan Dengan Dark Mode"