Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Net Framework 3.5 di Windows 8, 8.1 dan 10

Berbeda dengan Windows 7 yang memang sudah menghadirkan paket Net Framework 3.5 secara default, mulai Windows 8, paket Net Framework 3.5 tidak lagi dihadirkan dan diganti dengan Net Framework 4 yang lebih baru. 

Untuk penggunaan sehari hari sebetulnya tanpa melakukan instalasi Net Framework 3.5, tidak ada masalah apapun, saya sendiri di perangkat Windows 10 yang kini saya gunakan, tidak melakukan instalasi Net Framework 3.5. 

Namun memang, jika kamu ingin menggunakan aplikasi lama atau aplikasi lain yang memang membutuhkan Net Framework 3.5, kita harus memasang Net Framework 3.5 secara manual di System Operasi yang kita gunakan, dan bersamaan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan langkah instalasi Net Framework 3.5 yang dapat kamu lakukan. 

*Disclaimer, langkah ini bisa dilakukan di Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. 


Langkah Paling Mudah - Harus Online

Untuk kamu yang ingin cara tercepat dan paling mudah, kamu bisa mengikuti langkah berikut, namun pada langkah ini kamu wajib memiliki koneksi internet dan memiliki kuota setidaknya 500 MB untuk mendownload paket Net Framework 3.5. 
 
Langkah 1. Silahkan kamu masuk ke Control Panel > Program.
 

Langkah 2. Tepat seperti pada gambar diatas, silahkan kamu klik pada bagian 'Turn WIndows features on or off', dan selanjutnya silahkan kamu cari Net Framework 3.5 dan tandai seperti pada gambar berikut. 

Tunggu proses tersebut berjalan dan tunggu hingga selesai, jika sudah silahkan kamu restart perangkat kamu dan Net Framework 3.5 harusnya sudah terinstall. 


Langkah Manual Tanpa Koneksi Internet

Untuk kamu yang memiliki keterbatasan dimana tidak tersedianya koneksi intenet, ada langkah alternatif yang dapat kamu lakukan, yaitu menggunakan CD Instalasi Windows itu sendiri. 

Yang kamu perlukan cuma CD Instalasi/ file ISO dari Windows 8/8.1/10, bebas selama itu adalah Windows 8 atau yang lebih baru, selanjutnya silahkan kamu lakukan beberapa langkah berikut. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu Mount dulu file ISO CD Instalasi tersebut, atau jika kamu menggunakan CD Drive atau FlashDrive, silahkan kamu masukkan media tersebut. 


Langkah 2. Setelah CD Instalasi terpasang seperti contoh pada gambar beriku, 
 

Selanjutnya silahkan kamu buka Command Prompt (CMD) jalankan sebagai Administrator (CMD klik kanan > Run as Administrator). 

Langkah 3. Setelah CMD terbuka, silahkan kamu masukkan perintah berikut:


Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:E:\sources\sxs /LimitAccess

Sebagai catatan, silahkan kamu sesuaikan bagian Source:E, dimana E kamu ganti dengan drive letter dari CD Instalasi yang telah kamu masukkan pada langkah pertama. 

Jika sudah, silahkan klik enter, dan selanjutnya proses instalasi akan berjalan. 

Jika kamu mengalami Error, silahkan kamu cek kembali apakah ada kesalahan pada perintah yang dimasukkan, terutama bagian Drive Letternya, silahkan pastikan kembali bahwa Source:X adalah Drive Letter yang sesuai. 

Tunggu sampai proses menunjukkan The operations completed successfully, dan jika sudah makan selesai deh, silahkan kamu Restart perangkat kamu untuk menyelesaikan proses instalasi. 

Dan selesai deh. 


Sebenarnya ada langkah lain yaitu melalui file Offline Installer yang dapat kamu download dan tersebar di Internet, namun dua diatas adalah langkah yang Microsoft rekomendasikan, mengingat banyak sekali file Modifikasi yang sudah berisi file berbahaya yang katanya "False Alarm" padahal nyatanya itu berisi malware bahkan ransomware berbahaya. 

Nah silahkan dicoba, semoga bermanfaat.



Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Install Net Framework 3.5 di Windows 8, 8.1 dan 10"