Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Smooth Scrolling di Firefox

Akhir akhir ini saya menggunakan Firefox sebagai browser alternatif saya, hal ini karena Microsoft Edge Chromium belum sempurna untuk digunakan sebagai primary browser di Linux Manjaro yang saya gunakan. 

Dan karena Scrolling di Linux itu payah jika kamu menggunakan Mouse, maka ada baiknya kita mengaktifkan Smooth Scrolling di Firefox. 

Sebagai catatan, artikel ini saya kutip dan saya terjemahkan dari halaman AverageLinuxUser, jadi untuk bahasa Inggrisnya dapat kamu lihat pada halaman berikut.


Pada dasarnya untuk mengaktifkan Smooth Scrolling di Firefox ada dua langkah berbeda, pertama menggunakan Add-Ons dan yang kedua kita set secara manual melalui halaman Config, tentu untuk kamu yang tidak ingin ribet, menggunakan Add-Ons sangat direkomendasikan, namun untuk pengalaman terbaik, melakukan set secara manual adalah langkah yang patut dicoba. 

 

Menggunakan Add-Ons

Untuk kamu yang tidak ingin ribet, kamu bisa mendownload sebuah Add-Ons bernama 'Yet another smooth scrolling' yang dapat kamu download pada halaman berikut.

Kamu cukup download dan install saja seperti biasa dan selanjutnya Relaunch Mozilla Firefox yang kamu gunakan. Jika sudah selesai, kamu bisa melakukan beberapa settings yang cukup menarik untuk dicoba, seperti mengubah smoothness, accelerations scale, dan step size. 


Melakukan Settings Secara Manual via Config

Nah langkah ini paling saya suka karena dengan ini kita juga belajar untuk melakukan konfigurasi lebih dalam dan lebih manual, jadi terasa banget deh pengalamannya dibandingkan menggunakan yang easy to use dengan Add-Ons. 

Untuk langkahnya sendiri kamu cukup mengubah beberapa bagian pada halaman Firefox Config saja, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke halaman about:config, silahkan masukkan saja about:config di address bar. 

Jika ada pesan peringatan seperti pada gambar diatas, silahkan klik saja pada tombol 'Accept the Risk and Continue'.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu cari variable berikut dengan cara copy dan masukkan pada kolom pencarian yang tersedia.

mousewheel.min_line_scroll_amount

Selanjutnya silahkan kamu edit pada bagian mousewheel.min_line_scroll_amount tersebut dan ubah nilainya menjadi 100. Namun dalam kasus saya, nilai 75 sudah lebih dari cukup. 

Langkah 3. Selanjutnya silahkan kamu cari variable berikut.

general.smoothScroll.mouseWheel.durationMaxMS
Lalu silahkan kamu edit dan ubah nilainya menjadi 600.

Langkah 4. Selanjutnya silahkan kamu cari variable berikut.

general.smoothScroll.mouseWheel.durationMinMS
Lalu silahkan kamu edit dan ubah menjadi 400. 

Langkah 5. Setelah selesai, silahkan kamu relaunch Firefox kamu dan Smooth Scrolling harusnya sudah berjalan. 

Baik metode pertama ataupun kedua, dua duanya dalam kasus dan pengujian saya berhasil membuat Scrolling di Firefox tidak patah patah dan terasa lebih smooth, meskipun memang jika dibandingkan dengan Smooth Scrolling Microsoft Edge Chromium di Windows, disini masih tampak patah patah, tapi itu sudah cukup menurut saya dibandingkan dengan kondisi Defaultnya. 


Nah silahkan dicoba, semoga bermanfaat.


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Smooth Scrolling di Firefox "