Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Instalasi Gnome-Extensions di Gnome 3.38.1



Setelah cukup lama saya menggunakan Desktop Environment Pantheon, saya kembali lagi ke Gnome yang mana menurut saya Desktop Environment ini paling cocok untuk saya gunakan, dan tentu di Gnome kita bisa menambahkan sejumlah Extension yang dapat menambahkan fitur dan fungsi dari system operasi itu sendiri, sebagai contoh disini saya menggunakan floating dock, clipboard indicator, add username to top panel, dan Sound input & output device chooser, keempat extension tersebut pasti saya install entah di OS manapun selama itu menggunakan Gnome. 

Sebagai permulaan, disini saya menggunakan Manjaro 20.2 Nibia, dan OS ini berjalan sangat stable, tidak ada masalah apapun yang saya rasakan, namun satu yang cukup merepotkan bagi saya adalah instalasi Extension tidak dapat kita lakukan via Tweaks atau langkah GUI lainnya, sehingga ada beberapa langkah khusus untuk menghapus atau menginstall extension di system operasi ini. 

Berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai cara instalasi Gnome-Extensions di Gnome 3.38.1 yang mana saat ini saya gunakan, dan bagi yang penasaran, berikut adalah langkah singkatnya. 


Langkah 1. Silahkan kamu download file Extensions yang akan kamu install, jangan lupa download versi paling terbaru dan pastikan dulu review Extensions tersebut aman dan tidak memiliki Bug. Untuk mendownload Extensions, kamu bisa mendownloadnya pada halaman extensions.gnome.org


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu buka Terminal dan masuk ke Directory Download (atau lokasi dimana file yang telah kamu download berada). 

Tepat seperti pada gambar diatas, saya akan menginstall Sound input & output device chooser, agar nanti saya bisa memilih output audio langsung dari menu tanpa harus masuk ke settings terlebih dahulu. 

Langkah 3. Selanjutnya setelah file instalasi terlihat, silahkan kamu masukkan perintah berikut untuk melakukan instalasi. 

gnome-extensions install <namafilezip>

Contohnya adalah seperti pada gambar berikut, 

Silahkan kamu klik Enter dan instalasi harusnya sudah berjalan dan selesai dengan sangat cepat. Perlu diketahui, file tersebut akan diinstall dan dimasukkan didalam directory ~/.local/share/gnome-shell/extensions, silahkan kamu cek saja didalam directory tersebut.

Jika sudah file yang dimaksudkan sudah ada, silahkan kamu Restart atau Logout Linux kamu. Dan setelah itu harusnya pada aplikasi Extensions kini Extensions yang telah ditambahkan sudah tersedia untuk diaktifkan dan dikonfigurasi. 

Dan berikut adalah hasil jika Sound input & output device chooser diaktifkan. 


Nah selesai, bagaimana menurutmu?, mudah bukan, silahkan dicoba, dan mungkin jika kamu punya langkah lain, jangan sungkan untuk share juga dikolom komentar dibawah guys. 

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih. 



Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mudah Instalasi Gnome-Extensions di Gnome 3.38.1"