Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Membuat Kartu Nama Secara Online Dengan Canva

Canva, sebuah layanan untuk membuat desain grafis secara online dan mudah dengan berbagai templatenya beberapa waktu lalu mengirimkan tiga buah logo untuk Blog Sayugi. Dan tentu saya cukup senang akan hal ini, mengingat Blog ini memiliki desain yang biasa saja yang saya buat secara manual menggunakan Affinity Photos. 


Seperti yang dapat kamu lihat tiga logo diatas cukup menarik bagi saya, dan tentu ketiganya memiliki maknanya tersendiri, ya meskipun saya sendiri kurang paham akan dunia desain grafis secara teori, namun dengan lengkungan pada logo pertama, saya rasa itu lebih mengarah pada desain dengan keanggunan blog ini (mungkin), dan yang kedua sedikit mirip dengan tameng dengan tulisan BS atau Blog Sayugi jika disingkat yang mengarah pada perlindungan yang mungkin masih terkait dengan visi blog ini yang memang bertujuan untuk melindungi para pembaca dari kegaptekan, dan yang ketiga saya kurang paham apa namun berdasarkan lekuk lekuk spiralnya mungkin mengarah pada kreatifitas atau sesuatu seperti itu. 

Cukup menarik memang dan saya suka, dan mungkin dalam beberapa kondisi dari logo tersebut akan saya jadikan bagian watermark dari setiap gambar yang saya masukkan di blog ini kedepannya. 

*Disclaimer, artikel ini bukanlah sebuah tutorial, dan hanya sebuah pengalaman pribadi saya saja dalam membuat sesuatu di Canva. 

Dan karena saya cukup penasaran, saya kemudian mengunjungi halaman Canva, dan mencoba membuat sebuah kreasi desain disana, dan ternyata saya cukup terkejut dengan apa yang ditawarkan, karena disana ternyata ada berbagai template menarik mengenai kartu undangan, kartu nama, presentasi, logo dan berbagai hal lainnya. 


Wah cukup banyak dan cukup menarik bukan, dan dengan itu saya semakin penasaran dong, dan kemudian saya mendaftarlah akun Canva dan berniat membuat sebuah kartu nama untuk saya sendiri, pendaftarannya sendiri cukup mudah, kita bisa mendaftar menggunakan akun Google, Facebook atau cara konvensional dengan akun email secara manual. 


Singkat cerita, setelah akun berhasil dibuat, kini kita bisa memilih template yang akan kita gunakan, dan sesuai dengan tujuan saya, disini saya mencoba membuat sebuah kartu nama dari template yang tersedia, selain itu karena disini saya juga menggunakan Canva free, tentu fitur dan aksesnya sendiri sangat terbatas, namun meskipun gratisan, disini ada beberapa hal dan elemen yang mampu kamu akses dengan mudah, sebut saja layout, element, teks, latar, dan lainnya. 


Pada halaman Editor tersebut, pada dasarnya kita bisa melakukan banyak kreasi menarik dengan membawa ciri khas dari kita sebagai pembuat, mulai dari warna, ukuran font, jenis font, dan hal lainnya. 

Dan berikut adalah hasil dari desain kartu nama simple yang saya buat menggunakan Canva. 


Simple dan Minimalist, saya cukup suka dengan desain ini, meskipun bisa dibilang kita juga sebenarnya bisa membuat hal serupa menggunakan Adobe Photoshop atau Affinity Photos, namun tentu dengan Canva, kita bisa berkreasi dan membuat hal sederhana secara online dimanapun dan kapanpun kita berada. 

Dan setelah dirasa kartu nama ini selesai dibuat, selanjutnya kita bisa mengunduh hasil dari desain ini, langkahnya sendiri cukup mudah, kita cukup klik saja tombol unduh dibagian atas kanan, memilih output file dan selanjutnya akan ada proses loading yang cukup singkat. 


Setelah itu, file akan terdownload pada perangkat kita. Sebagai contoh disini saya mendownload file dengan format PDF dan PNG, dan berikut adalah contohnya. 




Pendapat Saya Mengenai Canva

Saya sebenarnya jarang sekali melakukan editing sesuatu secara online, kecuali jika memang saya tidak berada di rumah dan hanya membawa perangkat smartphone saja, namun dengan Canva, entah itu dimanapun saya berada, seandainya saya membutuhkan untuk membuat layout presentasi, layout kartu nama seperti yang saya tunjukkan diatas dan hal lainnya, saya bisa dengan mudah membuatnya kapanpun saya mau dan saya butuhkan selama memiliki koneksi internet stabil yang terhubung pada perangkat saya. 

Dan ternyata nih, beberapa kawan saya dan saudara saya juga adalah pengguna Canva, dan mereka adalah pengguna lama yang memang sudah pernah berlangganan versi Premiumnya, wah saya malahan yang kurang update nih. 

Apakah Canva Cocok Untuk Digunakan?

Wah jika kamu bertanya seperti itu, menurut saya cocok banget, apalagi misalkan jika kamu adalah mahasiswa yang ingin membuat desain presentasi out of the box yang berbeda dengan yang lain, karena Canva menyediakan berbagai template menarik secara gratis, jika kamu ingin menggunakan versi fullnya, Canva juga menyediakan opsi trial versi premium selama 30 Hari. 

Selain itu kamu juga bisa membuat desain tersebut kapanpun dan dimanapun, sehingga kamu tidak usah lagi repot membawa laptop kesana kemari hanya untuk mengedit dan mengubah desain presentasi, mengingat dengan Canva, semua hal termasuk editing, save, dan lainnya dapat dilakukan secara online. 

Kamu bisa mengunjungi Canva melalui link berikut

Kesimpulan

Perlu diketahui bahwa artikel ini sebenarnya bukanlah sponsor melainkan karena memang saya menggunakan Canva untuk keperluan saya sendiri, dan ternyata setelah saya coba saya cukup suka dan saya cukup merekomendasikan kamu untuk mencobanya juga, dan untuk Canva, terima kasih telah memberikan saya tiga buah logo menari untuk Blog Sayugi, terutama untuk mbak Riesty Wulandari dari Canva, thank you banget. 😁


Sekian artikel kali ini, sekali lagi, ini bukanlah sebuah tutorial dan hanyalah sharing pengalaman pribadi saya sendiri, terima kasih, semoga bermanfaat. 


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Pengalaman Membuat Kartu Nama Secara Online Dengan Canva"