Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Iobit Driver Booster Pro 8 - Bahasa Indonesia

Kadang ada kalanya kita sebagai pengguna system operasi Windows harus mendapatkan versi driver paling baru dan paling mutakhir saat ini, meskipun di Windows 10 sendiri sudah menyediakan opsi check driver update di device manager, sayangnya fitur tersebut kadang tidak bekerja dengan baik dengan tidak menampilkan hasil driver apapun, dengan kata lain driver sudah dalam versi terbaru padahal tidak. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu kita harus menggunakan aplikasi Driver Updater yang terbaik dan paling dipercaya untuk mendownload dan mengupdate seluruh komponen driver yang ada, dan kali ini, bersamaan dengan hal tersebut saya mendapatkan kesempatan untuk mengulas aplikasi favorit saya yaitu Iobit Driver Booster 8. 


Kenapa Iobit Driver Booster?

Salah satu pertanyaan umum karena diluar sana ada banyak sekali Driver Updater yang dapat pengguna pilih, namun perlu diketahui Driver Booster dari Iobit ini memiliki lebih dari 4.5 Juta Driver Database yang tersedia di versi 8 terbaru, dan tentu seluruh driver tersebut sudah lulus Microsoft WHQL dan IObit review, sehingga kompatibilitas driver terhadap system operasi Windows harusnya sudah terjamin. 

Kemampuan Penting

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari software driver updater adalah kemampuan utamanya, sebut saja One click download & install, system restore point, backup driver, automatic scan & update, fitur tersebut mantapnya sudah hadir di aplikasi ini. 




Selain itu Iobit Driver Booster ini memiliki fitur lain, seperti download & update Game Component, Game Booster, Silent Mode, Special Exlusion dan fitur lainnya yang tentu cukup bermanfaat untuk digunakan. 

Bahkan tepat seperti pada gambar diatas, Iobit Driver Booster menyediakan opsi perbaikan masalah umum, seperti perbaikan resolusi layar, perbaikan audio, dan perbaikan device error yang kadang terjadi pada pengguna. 

Tampilan Minimalis

Hal lain yang saya suka dari Iobit Driver Booster 8 yang kini saya gunakan adalah tampilannya yang bisa dibilang simple dan minimalis, semua tampak tertata rapi dan dibuat sefungsional mungkin, namun meskipun begitu, Iobit tidak pelit dengan menyediakan opsi Skin yang dapat mengubah skema warna aplikasi tersebut. 


Selain itu jika Skin default tidak kamu suka, kamu bisa menambahkan skin lain dengan mendownload file Skin secara manual dan memasukkan file tersebut ke directory C:\Program Files (x86)\IObit\Driver Booster\8.0.2\Skin. 


Namun sayangnya opsi Skin tersebut cukup jarang di Internet, jika kamu punya, silahkan bagikan link downloadnya dikolom komentar dibawah. 

Pengaturan Yang Lengkap

Selain itu, jika kita perhatikan pada halaman pengaturan Iobit Driver Booster ini, semuanya cukup lengkap, mulai dari bahasa (Indonesia juga ada), Transparansi, Driver Download Locations, Network, Silent Mode, Scheduller, dan hal lainnya cukup lengkap disana. 


Saran saya, untuk menyimpan file update yang baru saja didownload, silahkan kamu ubah Default Locations menjadi folder pilihan kamu lalu nonaktifkan checklist pada bagian "Automatically delete installed driver packages".

Untuk pengaturan lain saya biarkan default saja. Silahkan kamu berpetualang pada halaman pengaturan tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

Pengalaman Penggunaan

Saya menggunakan Iobit Driver Booster Pro 8.0.2 dengan lisensi selama kurang lebih 4 Bulan, dan baru beberapa hari ini saya menggunakannya, saya rasa aplikasi ini powerfull dan usefull, karena bisa dibilang hampir seluruh komponen driver yang obsolete, baik karena tidak tersedia di halaman Asus (perangkat saya) dan Windows Update di Windows 10, semuanya dapat di update dengan sempurna tanpa ada masalah dengan Iobit Driver Booster ini. 


Selain itu yang menurut saya keren adalah, Driver Microsoft ACPI-Complicant Method Battery yang sudah obsolete karena dirilis tahun 2006 lalu, kini telah diganti dengan Microsoft Surface ACPI-Complicant Method Battery yang cukup baru. 


Free vs Pro Version

Saya akui ada banyak sekali limitasi untuk versi Pro, seperti jumlah download harian maksimal hanya 2 driver, limitasi speed dan berbagai hal lainnya, namun untuk kamu yang cukup bersabar dengan limitasi tersebut saya rasa versi Free sudah cukup baik untuk kamu gunakan. 

Namun untuk versi Pro, tentu disinilah kemampuan utama aplikasi ini dipamerkan, dimana semuanya terasa cepat, stabil, maksimal dan mantap. 

*Sebagai catatan, kamu dilarang untuk menggunakan aplikasi Ilegal (Crack atau Patch), karena selain melanggar kebijakan Iobit, kamu juga tentu membahayakan perangkat kamu untuk membuka celah keamanan yang mana bisa saja Malware bahkan Ransomware menginfeksi perangkat kamu. 

Penutup

Tidak banyak yang bisa saya katakan mengenai aplikasi ini karena memang aplikasi ini mantap maksimal dan terbaik dikelasnya, untuk kamu yang ingin mencoba versi Free atau membeli lisensi versi Pro, kamu bisa langsung saja mengunjungi halaman Resmi Iobit pada halaman berikut

Untuk lebih jelasnya sendiri silahkan kamu cek sendiri deh dan rasakan pengalaman kamu sendiri. Karena seperti biasa, tulisan dan pengalaman saya diatas bisa saja berbeda tergantung penggunanya. 

Nah kamu sudah menggunakan aplikasi ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah, sekian artikel ulasan singkat ini, terima kasih semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Review Iobit Driver Booster Pro 8 - Bahasa Indonesia"