Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samba Server Tidak Terdeteksi Di Windows? Lakukan Langkah Ini

Dalam membuat Home Server menggunakan Ubuntu Server 20.04, saya menggunakan Samba Server sebagai service untuk mengelola sharing file dan data melalui jaringan, untuk langkah konfigurasi dan pembuatan layanan Samba Server sendiri sangat mudah, kamu cukup mengikuti langkah singkat yang ditulis pada halaman Ubuntu berikut

Namun, dalam beberapa kasus, setelah instalasi dan konfigurasi selesai dilakukan oleh pengguna, mereka pengguna Windows akan kesulitan untuk mengakses IP dari Server itu sendiri, dimana masalah kadang menampilkan pesan "Windows cannot access xxxx". Tepat seperti pada gambar berikut. 


Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?, karena kebetulan beberapa waktu lalu saya juga sempat mengalaminya, berikut saya bagikan pengalaman dan langkah singkat yang saya lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Control Panel > Program > Turn Windows features on or off. 


Langkah 2. Pada Window kecil yang akan muncul, silahkan kamu cari SMB 1.0/CIFS File Sharing Support, selanjutnya silahkan kamu centang semua sub SMB yang ada disana. 


Dalam beberapa kasus, hanya mengaktifkan SMB 1.0/CIFS Client option saja sudah cukup, namun untuk hasil maksimal, ada baiknya kamu aktifkan semuanya, seperti apa yang saya lakukan disini. 

Jika sudah selesai, silahkan kamu klik OK, dan tunggu instalasi berjalan, jika sudah silahkan kamu restart perangkat kamu untuk menyelesaikan proses instalasi. 

Dan jika restart sudah selesai, silahkan kamu coba hubungkan kembali dengan Samba Server milik kamu, harusnya sekarang masalah sudah teratasi. 


Nah contohnya pada gambar diatas, sekarang saya sudah berhasil mengakses Samba Server yang saya telah buat sebelumnya. 

Silahkan dicoba ya, sekian artikel kali ini, semoga berhasil dan semoga bermanfaat, terima kasih. 


Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Samba Server Tidak Terdeteksi Di Windows? Lakukan Langkah Ini"