Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Kesehatan SSD atau HDD di Linux Menggunakan HDD Sentinel



Sebagai lanjutan dari artikel Cara Cek Kesehatan Hardisk/SSD Dengan Mudah yang cukup populer dan menjadi salah satu artikel terbaik di Blog Sayugi dan bahkan sempat masuk dan dijadikan referensi di Wikipedia HardDisk Sentinel, pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan langkah yang hampir sama, hanya saja kali ini kita bukan menggunakan Windows, melainkan menggunakan Linux. 

Seperti yang hampir semua orang tahu, untuk saat ini memang pengguna Linux itu tidak sebanyak Windows dan Mac, namun tentu masalah jumlah adalah hal yang tidak terlalu harus difikirkan oleh pengguna linux, karena bahkan kebanyakan server sendiri dibangun diatas Linux, entah itu berbasiskan Debian seperti Ubuntu, atau distro lainnya. 

Nah disini sebagai contoh saya akan menggunakan Ubuntu Server 20.04 yang saat ini saya gunakan sebagai home server dirumah saya, dan untuk melakukan pengecekan kesehatan storage device, seperti biasa saya akan menggunakan HDD Sentinel yang memang sudah teruji kualitasnya. Penasaran bagaimana langkahnya?, check this out guys. 

*Disclaimer, tutorial ini sepenuhnya saya lakukan via Terminal, jadi tanpa ada satupun langkah yang menggunakan GUI, namun silahkan kamu ikuti saja langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Terminal. Dan silahkan kamu masuk ke Directory Download (atau Directory manapun yang akan kamu jadikan lokasi dimana HDD Sentinel berada). 


Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu download HDD Sentinel menggunakan perintah berikut:

wget https://www.hdsentinel.com/hdslin/hdsentinel-018c.gz
wget https://www.hdsentinel.com/hdslin/hdsentinel-018c-x64.gz

Silahkan kamu pilih dari dua perintah diatas, yang pertama adalah untuk Linux berarsitektur 32 Bit dan yang dibawahnya adalah untuk 64 Bit. 

Langkah 3. Setelah file HDD Sentinel kamu download dan sudah kamu simpan, silahkan kamu extract file tersebut dengan menggunakan perintah berikut: 

gunzip hdsentinel-018c-x64.gz

Silahkan kamu sesuaikan dengan nama file yang kamu download, perintah tersebut adalah perintah untuk melakukan extract file berekstensi gz dan selanjutnya akan menghapus file utama setelah ekstraksi berhasil. 

Langkah 4. Selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah ls untuk melihat hasil ekstraksi, pastikan disana ada file hdsentinel-018c atau hdsentinel-018c-x64 sesuai dengan pilihan download kamu pada langkah kedua. 


Langkah 5. Selanjutnya sebelum membuka file tersebut, kamu wajib mengubah akses file tersebut menjadi 755 untuk mendapatkan akses eksekusi, caranya cukup masukkan saja perintah berikut: 

chmod 755 hdsentinel-018c-x64

Silahkan kamu sesuaikan kembali dengan nama file kamu. 


Dan jika sudah selesai, silahkan lanjutkan ke langkah terakhir di nomer 6 berikut. 

Langkah 6. Terakhir, silahkan kamu buka dan eksekusi file HDD Sentinel yang telah kamu download sebelumnya cukup dengan menggunakan perintah berikut: 

sudo ./hdsentinel-018c-x64

Silahkan sesuaikan kembali dengan nama file kamu. 


Selanjutnya jangan lupa untuk memasukkan password Root kamu


Dan selesai, sekarang informasi umum dari HDD Sentinel sudah dapat kamu lihat. 


Seperti pada gambar diatas, kamu dapat melihat informasi utama dari SSD atau HDD yang kamu gunakan, baik itu ukuran, model manufaktur, interface, temperatur, health, performance, power on time dan Estimate Lifetime. 

Informasi tersebut kurang lebih sama dengan apa yang biasanya kita lihat di HDD Sentinel di Windows, dan tentu meskipun berbeda system operasi, informasi tersebut valid dan sesuai dengan realitanya. 

Nah silahkan kamu coba sendiri deh, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih. 

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Cek Kesehatan SSD atau HDD di Linux Menggunakan HDD Sentinel"