Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Menggunakan Iphone SE 2020

Pada akhir bulan Desember 2020, saya memutuskan untuk mengganti perangkat Smartphone utama saya dari Nokia 6.1 Plus yang mana kini menggunakan Android 10 ke perangkat dengan system operasi IOS, ada dua opsi dan pilihan yang saya tentukan, Iphone SE 2020 yang akhirnya dirilis secara resmi pada 3 Oktober 2020 lalu, atau menunggu Iphone 12 Mini setelah cukup lama beredar. 
 
Namun setelah mempertimbangkan keuangan, ukuran, dan money per value, saya akhirnya memutuskan untuk membeli Iphone SE 2020 64 GB.

Kenapa Iphone SE 2020?

Menjawab pertanyaan tersebut, alasannya ada tiga, yang mana itu adalah keuangan mengingat perangkat ini dijual dengan harga Rp.7.499.999 untuk perangkat dengan ukuran storage 64 GB dan dengan tanpa Charger Adaptor & Headset, kedua adalah ukuran yang mana saya kini lebih memilih ukuran smartphone yang cocok untuk tangan saya, dan ketiga adalah performa untuk pemakaian jangka panjang. Mari kita bahas satu persatu secara mendalam melalui artikel ini. 

#Harga

Untuk harganya sendiri, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Iphone SE 2020 dengan ukuran Storage 64 GB dihargai sebesar Rp.7.499.000 per tanggal 27 Desember 2020 ketika saya mulai menulis artikel ini.  


Harga tersebut sudah mendapatkan potongan dari awalnya Rp.7.999.000 karena sejak pada bulan November 2020 lalu, Apple memutuskan untuk menghilangkan Adapter dan Earpods dari box pembelian setiap perangkatnya, alasannya "go green" padahal saya tahu kalo itu adalah rencana apple untuk meningkatkan profit dari penjualan lini Iphone mereka.

Di Indonesia, harga tersebut menurut saya sedikit overprice dimana aslinya hanya dijual seharga $399 atau setara Rp5.6xx.xxx.

#Ukuran

Alasan kedua adalah ukuran, dimana dimensi dari ukuran Iphone SE 2020 ini terbilang kecil dengan dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm, meskipun memang kalah kecil jika dibandingkan dengan Iphone 12 Mini yang memiliki dimensi 131.5 x 64.2 x 7.4  mm, hal tersebut karena adanya Touch ID bersama dengan Dagu dan Jidat yang lebih lebar untuk perangkat Iphoen SE 2020 ini. 
 
Namun itulah yang saya suka, karena meskipun layarnya tidak full dengan memiliki rasio standar 16:9, saya tidak memiliki masalah dengan hal tersebut, selain itu saya juga sudah bosan dengan kebanyakan smartphone dengan full display dan notch di layar mereka, terlebih untuk pemakaian satu tangan, saya rasa perangkat ini cukup oke dan nyaman, terlebih untuk ukuran tangan saya yang tidak terlalu berotot, besar dan bahkan bisa dibilang lentik meski saya adalah pria dewasa.

#Performa

Alasan yang ketiga kenapa saya membeli perangkat ini adalah Performa untuk pemakaian jangka panjang, Iphone SE 2020 hadir dengan Chipset Apple A13 Bionic yang mana itu sama dengan apa yang Iphone 11 bawa, dan dengan itu dapat dipastikan bahwa perangkat ini masih akan didukung untuk mendapatkan versi IOS terbaru setidaknya dalam lima tahun kedepan. 
 
Nah dengan hal tersebut, mari kita mulai Review dari Iphone SE 2020 ini.

Proses Pembelian

Karena saat ini masih musim pandemi dan saya lagi males untuk pergi ke kota, saya akhirnya membeli Iphone SE 2020 ini secara online dari Toko Digimapedia di Tokopedia dengan harga Rp.7.390.000, harga tersebut cukup terjangkau meski memang tanpa adaptor charger dan earpods. 


Awalnya saya ragu ragu untuk membeli di toko ini, mengingat toko tersebut bukanlah toko resmi dari Digimap, namun ternyata keraguan saya salah, dan toko tersebut benar benar amanah dalam menjual produknya. 

Pembelian saya lakukan pada tanggal 18 Desember 2020, dan pada tanggal 21 Desember 2020, perangkat sudah saya dapatkan. 

 
Rating toko menurut saya : 9/10, coba kasih saya bonus, saya kasih 10/10 hehehe.  

Dan berikut adalah penampakan dari box perangkat ini, sungguh tipis karena didalamnya tidak ada adaptor charger dan earpods. 
 
 

Isi Dalam Box

Untuk isi dari dalam Box-nya sendiri tidak terlalu banyak, dimana ada satu Iphone SE 2020, satu kabel Lightning to USB C, beberapa dokumen pengenalan Iphone termasuk satu buah Sticker Apple dan satu buah SIM Ejector. 
 

Udah itu aja, enggak ada yang lain lagi, enggak ada Adaptor Charger, dan enggak ada Earpods atau Headset. Apple jahat.

Pembelian Paket Dukungan

Karena hadir dengan tanpa charger adaptor, akhirnya saya harus membeli lagi adaptor secara terpisah, dan ternyata selain harga charger Iphone 18w dengan port USB C cukup langka, perangkat tersebut cukup mahal.  

Dan singkat cerita, agar perangkat ini dapat digunakan, pada tanggal 19 Desember 2020, lebih tepatnya satu hari sejak saya membeli Iphone SE 2020, saya membeli sebuah Charger dari Anker, lebih tepatnya Anker Wall Charger Powerport Nano 20w seharga Rp.299.000, harga tersebut sudah diskon dari awalnya Rp.499.000. 


Namun pihak penjual cukup lama melakukan respon pada pembelian, sehingga saya harus menunggu kurang lebih tiga hari sampai perangkat tersebut sampai dirumah saya. 
 
Rating toko menurut saya : 7/10, andaikan lebih cepat, saya kasih 9/10
 
 
Yang menarik dari perangkat ini, jika diperhatikan dengan seksama, perangkat ini itu kecil banget loh, silahkan lihat pada gambar berikut. 
 

#Kenapa saya memilih Anker dan Bukan Charger dari Apple?

Jawabannya simple, karena kebetulan setiap saya beli, saya selalu kehabisan Stok, dan meskipun di Tokopedia atau Shopee ada banyak sekali charger yang katanya original, namun harganya cukup tidak masuk akal jika dibandingkan dengan Original Charger yang dijual dari Apple.com secara langsung. 
 
Jadi daripada saya kena Zonk dengan membeli charger OEM dan KW dengan embel embel original, lebih baik saya beli charger dari merek yang sudah cukup ternama dan sudah pasti original. 
 
Selain itu Iphone SE 2020 ini juga sudah mendukung input daya hingga 18w, dan meskipun Anker ini mengeluarkan daya 20w, setahu saya setiap perangkat akan menyesuaikan dengan kebutuhannya masing masing. 


Selain itu nih, bagi yang belum tahu, Apple juga telah menghentikan penjualan Charger dengan daya 18w nya dan digantikan dengan 20w, jadi memakai Anker saya rasa tidak akan menjadi masalah. Silahkan kamu lihat thread di forum Mac Rumor berikut untuk informasi lebih lengkapnya. 

Lebih lengkap mengenai Anker Wall Charger Powerport Nano 20w ini akan saya bahas dan tulis dalam artikel terpisah dalam tiga bulan mendatang, hal ini sekaligus untuk menguji Battery Health dari Iphone SE 2020.

#Screen Protector dan Case

Untuk lebih mengamankan perangkat ini, saya juga membeli Screen Protector dari Unicase seharga Rp150.000 dan Case murah seharga Rp.40.000, kenapa casenya murah banget?, uang saya habis!. 

Mengenai kedua perangkat ini akan saya bahas juga dalam artikel terpisah secara mendalam, namun singkatnya, saya suka dengan kedua produk ini.

Spesifikasi

Untuk Iphone SE 2020 ini, membawa spesifikasi yang cukup oke, dengan Chipset Apple A13 Bionic, Storage 64 GB, Kamera Belakang 12 MP, Layar Retina Display dengan ukuran 4.7 Inch, Fingerprint, dan lain lain, silahkah kamu lihat saya halaman GSM Arena berikut untuk melihat informasi lengkap mengenai spesifikasi Iphone SE 2020 ini. 
 
Namun singkatnya spesifikasi yang diberikan adalah sebagai berikut: 

Spesifikasi Lengkap

Apple iPhone SE (2020)

Dimensi

138,4 x 67,3 x 7,3 mm

Bobot

148 gram

Tipe layar

Retina IPS LCD

Ukuran layar

4,7 inci

Resolusi layar

750 x 1334 piksel, rasio 16:9 

Sistem operasi

iOS 13

Chipset

Apple A13 Bionic

CPU

Hexa-core (2x2.65 GHz Lightning + 4x1.8 GHz Thunder)

GPU

Apple GPU (4-core graphics)

Memori internal

64GB, 128GB, 256GB

Slot micro SD

Tidak ada

Kamera belakang

12 MP, f/1.8 (wide), PDAF, OIS

Kamera depan

7 MP, f/2.2


Oh iya, RAM nya hanya 3 GB, dari segi angka, tentu masih kalah dengan Nokia 6.1 Plus saya, tapi, performa, masalah multitasking dan hal lainnya saya rasa Iphone SE 2020 lebih oke dan lebih mantap. 

Selain itu mengenai System Operasi, ketika saya membeli dan membuka Box, Iphone SE 2020 ini sudah hadir dengan IOS versi 14.0.1, dan sampai sekarang belum saya update.
 
Dan meskipun Spesifikasi perangkat ini bisa dibilang lebih kecil dibandingkan perangkat Android dengan rentan harga yang sama, namun karena IOS dikembangkan dan dioptimisasi untuk perangkat Iphone, maka masalah performa sudah tidak diragukan lagi dan semuanya super duper smooth, tidak ada masalah sekaligus. 

#Skor Antutu?

Untuk pada penggila skor antutu, bisa dilihat pada halaman GSM Arena berikut saja,  dimana berdasarkan hasil pengujian GSM Arena, skor menampilkan angka 490000 an dan itu sangat besar. 
 
Selain itu jika dilihat dari perbandingan secara realtime berdasarkan video youtube berikut, skor menampilkan hasil 413000 an, itu sudah cukup mengalahkan Samsung Galaxy S10 yang juga dijadikan bahan perbandingan dalam video tersebut. 
 
*Jadi masalah skor, harusnya ini sudah masuk menjadi salah satu high end class, mengingat jika skor sudah diatas 400.000, itu tandanya performa perangkat sudah terbaik dikelasnya.

Pengalaman Saya

Hampir satu minggu ini saya sudah menggunakan Iphone SE 2020, dapat dibilang perangkat ini bekerja dengan sangat baik, entah itu performa, layar, kamera, dan lainnya semuanya berjalan super normal dan tanpa ada masalah.  

Selain itu IMEI juga tidak bermasalah dan SIM Card Telkomsel saya dapat berjalan dengan baik dan sempurna, yah intinya sih mantap. 

#Pengalaman Multitasking

Saya bukanlah seorang Gamer dan banyak melakukan instalasi app di perangkat ini, dimana hanya ada Firefox untuk browser default yang saya gunakan (saya tidak menggunakan safari mengingat tab sync antara Firefox dan Manjaro Linux yang saya gunakan cukup baik), lalu Whatsapp untuk komunikasi, Instagram dan Twitter untuk sosial media, Lastpass untuk Password Management (disini saya tidak menggunakan Keychain mengingat saya sudah menggunakan Lastpass sejak lama), dan beberapa aplikasi keuangan seperti BCA, Dana,  Money Lover dan My Telkomsel. Sudah itu aja aplikasi di perangkat ini. 
 
Dan untuk multitasking, antara membuka banyak sekali Tab di Firefox, bersamaan dengan membuka Instagram, Twitter dan Whatsapp secara bersamaan, semuanya dapat dilakukan tanpa masalah, semuanya cepat, pindah antar aplikasi juga cepat, dan semuanya mantap. 

#Performa Battery

Mengingat Battery perangkat ini hanya 1821 Mah, orang bilang ini termasuk kecil dan boros, namun karena pemakaian saya yang bukan seorang gamer, dan hanya pemakaian normal tanpa membuka Youtube, dan mengandalkan koneksi WiFi, Mobile Data saya set ke 2G untuk kebutuhan Voice Call yang lebih baik, pemakaian Battery Usage bisa sampai 2 Hari penuh, sebagai pengujian, tanggal 27 Desember 2020 jam 9 pagi saya coba charge sampai 98%, dan pada  tanggal 29 Desember jam 11 pagi perangkat baru mencapai 33%. 


Jadi bisa dibilang pemakaian battery tersebut sesuai dengan bagaimana user menggunakannya, dan ukuran Battery yang hanya 1821 Mah bukanlah menjadi masalah untuk pemakaian saya sehari hari.

Lalu kenapa pemakaian battery di Iphone SE 2020 yang saya gunakan ini super duper hemat?, pertama saya jarang sekali menggunakannya, karena kebanyakan semua pekerjaan, dan komunikasi saya lakukan via Laptop, termasuk sosial media dan media player, kedua ketika Battery sudah mencapai 60% saya sudah set menjadi Power Saver Mode menggunakan aplikasi Shortcuts yang sudah preinstalled dengan system operasi IOS 14.

#Kamera

Saya cukup jarang foto foto, namun berikut adalah foto yang saya ambil menggunakan perangkat ini. 

Foto dalam ruangan


 

Sayangnya untuk kamera depan tidak saya coba, mengingat saya males selfie. hehehe. Tapi jika dalam kondisi video call baik itu di Face Time atau Whatsapp, gambarnya jernih bahkan jika itu dalam kondisi Low Light atau kurang cahaya. 

#Pengaman Media Player

Sayangnya, karena ini hanyalah tulisan, saya tidak bisa menunjukan bagaimana suara yang diberikan dari perangkat ini, namun berdasarkan pengalaman saya, suaranya cukup keras, jernih dan mantap ditelinga saya. 

Untuk mendengarkan berbagai lagu dari LiSA dan ReoNa di Apple Music, semuanya oke dan mantap, saya suka, meskipun memang saya mendengarnya secara langsung dengan tanpa terhubung ke earpods atau external speaker. 

Selain itu, bagian earpeace juga dijadikan speaker untuk menambah rasa stereo pada setiap media yang diputar, bahkan dengan persentase volume 40% saja, menurut saya itu sudah terlalu keras namun tentu dengan tanpa menghilangkan kualitas suara yang diberikan. 

Kesimpulan

Meskipun tidak banyak yang bisa saya katakan mengenai perangkat ini, namun secara keseluruhan saya suka, meskipun memang desain yang diberikan cenderung ketinggalan jaman dengan mengusung desain dari lini Iphone 6 dengan layar Retina hanya memiliki resolusi HD dan Rasio 16:9, namun dengan itu tentu menjadikan Iphone SE 2020 berbeda dengan perangkat lain dimasa kini, dimana semuanya sudah hampir mengusung desain Full Display, dengan kamera belakang meniru Iphone 11 Pro. 
 
Meskipun bukan yang terbaru, dan bukan yang terbaik, Iphone SE 2020 menjadi smartphone apple terbaik dikelasnya (setidaknya itu menurut saya)

#Kekurangan Menurut Saya?

Hingga kini, saya tidak merasakan adanya yang kurang dari perangkat ini, baik itu ukuran battery yang mini, atau layar resolusi HD yang biasa, semuanya saya suka, tepat seperti apa yang sudah saya katakan diatas sebelumnya. 

Nah itulah review dan pengalaman singkat saya selama menggunakan Iphone SE 2020 ini, sekali lagi tulisan ini adalah pendapat saya pribadi, bisa saja pengalaman berbeda tergantung dengan bagaimana penggunanya itu sendiri. 
 
Silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah, sekian dan terima kasih.
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Pengalaman Menggunakan Iphone SE 2020"