Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Linux

 
Selamat tahun baru 2021, diawal tahun ini sebagai permulaan saya akan sedikit menunjukan sebuah tips dan langkah sederhana untuk kamu pengguna linux, mengenai cara mengaktifkan DNS Over HTTPS di system operasi yang kamu gunakan. 

Fitur DNS Over HTTPS ini bekerja untuk menambah keamanan dengan membuat DNS yang menjadi terenkripsi, bagi yang belum tahu meskipun website sudah menggunkan SSL atau HTTPS, DNS yang Query kebanyakan masih belum terekripsi sehingga dengan itu siapapun dapat melihat dan melakukan listening dari paket jaringan yang kamu kirim dan terima. 

Nah dengan fitur DNS Over HTTPS ini, keamanan bisa lebih ditingkatkan, dan menurut saya untuk kita yang sering bersosial dan menjelajah dunia maya, fitur ini sangat wajib untuk diaktifkan.

Nah berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menunjukkan bagaimana caranya mengaktifkan DNS Over HTTPS di Linux, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Network Settings di Distro Linux kamu, disini saya menggunakan Manjaro dengan Desktop Environment GNOME, maka saya mengaksesnya di Settings > WiFi > nama wifi dan klik icon gear yang tersedia. 

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu klik pada bagian IPv4 dan pada bagian DNS silahkan kamu nonaktifkan bagian 'Automatic' dan tambahkan konfigurasi seperti pada gambar berikut. 



1.1.1.1, 1.0.0.1

DNS diatas adalah DNS dari Cloudflare. 

Langkah 3. Selanjutnya setelah selesai, silahkan kamu klik pada bagian IPv6, dan silahkan sesuaikan dengan konfigurasi seperti pada gambar berikut. 


2606:4700:4700::1111, 2606:4700:4700::1001

DNS diatas masih lah DNS dari Cloudflare, silahkan kamu sesuaikan. Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan DNS dari Google, hanya saja saya lebih suka Cloudflare, dan menurut saya DNS tersebut sudah cukup baik untuk digunakan. 

Langkah 4. Setelah pengaturan nomer 2 dan 3 selesai dilakukan, langkah terakhir adalah simpan pengaturan tersebut, selanjutnya silahkan kamu aktifkan DNS Over HTTPS pada setiap browser yang kamu gunakan. 

Untuk Mozilla Firefox, pengaturannya ada di Preferences > Network > DNS Over HTTPS, silahkan kamu sesuaikan dengan gambar dibawah. 


Dan jika sudah selesai, maka konfigurasi diatas sudah berhasil kamu terapkan, silahkan kamu coba kunjungi halaman reddit, jika sudah bisa kamu akses, maka DNS Over HTTPS sudah berhasil kamu terapkan. 

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Linux"