Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Snap di Ubuntu Server 20.04

Pada dasarnya untuk versi terbaru dari Ubuntu, kita sudah disuguhkan dengan Snap, dimana kita bisa menginstall beberapa aplikasi dari Snap Store dengan mudah dan cepat, hanya saja kekurangannya File system squashfs-nya sangat bloated dan memakan banyak tempat. 

 
Dan yang lebih anehnya lagi, di Ubuntu Server 20.04 juga, Snap ini sudah ada dan hadir secara preinstalled didalam system, padahal saya tidak menggunakan aplikasi dari snap untuk keperluan home server saya. 
 
Nah dengan hal tersebut, ada baiknya jika kita tidak menggunakan snap di ubuntu server, mendingan kita menghapusnya saja, untuk menghapusnya sendiri langkahnya cukup mudah, cukup memasukkan perintah berikut saja:

sudo apt autoremove --purge snapd


Nah seperti pada gambar diatas, disana ditampilkan bahwa perintah tersebut akan menghapus snapd beserta squashfs-tools yang mana merupakan dependency dari snapd itu sendiri. Silahkan klik Y dan proses penghapusan akan langsung berjalan. 

Dan jika sudah selesai, silahkan cek menggunakan perintah df, maka hasilnya akan menjadi seperti berikut:


Nah jika sudah seperti diatas, snapd sudah terhapus, namun jika kamu masih mendapati hasil perintah df masih seperti pada gambar berikut, maka snap masih terinstall di perangkat kamu. 


Nah, lumayan dengan menghapus snap ini, kita bisa menghemat beberapa ratus MB dari storage server kita. 

Silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat, sekian tutorial kali ini, terima kasih.

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Hapus Snap di Ubuntu Server 20.04"