Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Hostname di Ubuntu Server 20.04 LTS

 
Dalam project SiJurig yang sempat saya tulis di blog saya yang lain, ada sebuah kesalahan yang saya lakukan, dimana Hostname yang saya berikan adalah "gylang-home", harusnya saya memberikan nama "JurigServer" untuk membuat namanya sedikit keren dan tidak biasa. 
 
Nah dikarenakan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menunjukan beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengubah Hostname tersebut menjadi yang kamu inginkan. 
 
Di Ubuntu server, pada dasarnya ada dua langkah yang bisa kamu ikuti, mengubah manual via file hostname yang terletak di /etc, atau menggunakan perintah hostnamectl yang sudah preinstalled di Ubuntu Server 20.04. Berikut saya jelaskan dan rangkum langkah singkatnya. 

Melalui File Hostname

Untuk mengubah hostname secara manual, kita bisa menggunakan perintah berikut,

sudo nano /etc/hostname 



Nah seperti pada gambar diatas, silahkan kamu hapus Hostname lama dan ganti saja dengan Hostname baru. Untuk menyimpan perubahan, kamu bisa menekan tombol CTRL + O untuk menyimpan, lalu CTRL + X untuk keluar dari Nano Text Editor. 

Selesai. 

Melalui "hostnamectl"

Selain langkah diatas, kita juga bisa menggunakan sebuah perintah yang cukup simpel dan mudah, yaitu dengan menggunakan "hostnamectl", dimana kamu cukup masukkan saja perintah berikut. 


sudo hostnamectl set-hostname namahostnamekamu


Nah silahkan enter dan selesai deh, jika kamu diminta memasukkan password root, silahkan masukkan saja seperti biasa. 

Jika langkah diatas selesai kamu lakukan, baik yang manual menggunakan nano text editor atau hostnamectl, ada baiknya kamu melakukan reboot pada server yang kamu gunakan. 

Dan setelah reboot selesai, harusnya hostname telah berubah, silahkan kamu cek dengan menggunakan perintah "hostnamectl" untuk melihatnya. 


Nah mudah sekali bukan?, silahkan dicoba. 

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih.

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Mengubah Hostname di Ubuntu Server 20.04 LTS"