Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install dan Akses SSH Server Android Melalui Termux dan Akses Via Windows


Beberapa waktu lalu saya penasaran, apakah saya bisa mengakses Android via Command Line di Linux Manjaro via Terminal?, kemudian saya teringat bahwa Android itu mirip sekali dengan Linux, dan di Linux kita bisa melakukan banyak hal. 
 
Nah, untuk mengakses Android via Terminal di Linux, kita bisa menggunakan SSH dimana, kita cukup install OpenSSH server di Android dan selanjutnya kita koneksikan via Terminal di Linux. Berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menunjukkan bagaimana cara instalasi SSH Server di Android. 

*Project ini mungkin akan mengawali hal menarik lain yang akan terus saya tulis di Blog sayugi, pastikan kamu bookmark blog sayugi dan like Facebook Fan Page nya ya. 

Cara Install SSH Server di Android

Langkah 1. Pertama, kita harus mendownload dan menginstall aplikasi "Termux", aplikasi ini adalah aplikasi Command Line yang sangat powerfull dan mantap sekali. Silahkan kamu download Termux di halaman Google Play Store berikut


Jika termux sudah kamu install, silahkan kamu lakukan update terlebih dahulu dengan menggunakan perintah berikut : 

pkg update


Tepat seperti pada gambar diatas, ada sejumlah komponen yang dapat diupdate, dan silahkan update semua yang tersedia disana. 

Langkah 2. Setelah termux kamu install, dan kamu sudah melakukan update, selanjutnya kita bisa melakukan instalasi OpenSSH Server dan NMAP, keduanya berfungsi untuk mengaktifkan SSH Server dan NMAP berfungsi untuk memperlihatkan port SSH yang dibuka. 

Perlu diketahui, di Termux, Port SSH tidak dibuka di Port 22, jadi NMAP sangat wajib diinstall. Untuk instalasinya, silahkan kamu masukkan perintah berikut:
 
pkg install openssh nmap -y



Langkah 3. Setelah OpenSSH dan NMAP kamu install, selanjutnya, silahkan kamu aktifkan SSH Server menggunakan perintah berikut:

sshd

Selanjutnya masukkan perintah berikut untuk melihat Port yang dibuka:

nmap localhost



Dapat dilihat pada gambar diatas, Port yang terbuka adalah 8022 silahkan kamu catat dan ingat, karena ini akan digunakan untuk akses SSH nantinya. 

Nah dari sini, pada dasarnya kita sudah bisa melakukan koneksi SSH melalui Terminal di Linux atau CMD di Windows, namun ada langkah tambahan dimana kita harus membuat password kredensial untuk akses SSH ke User Account Termux Android kita. 
 

Konfigurasi Awal

Langkah 1. Pertama silahkan kamu ketikkan perintah berikut untuk mengetahu user account yang default digunakan oleh Termux. 


whoami

Nah yang saya tandai digambar diatas itulah user account yang default termux gunakan, silahkan catat dan ingat ingat karena itu akan digunakan selama kamu menggunakan termux. 
 
Langkah 2. Selanjutnya jika kamu sudah mengetahui user account maka kamu bisa menambahkan password pada user account tersebut dengan menggunakan perintah berikut:

passwd user-account

Karena user account saya disini adalah u0_a203 maka perintah yang saya masukkan adalah seperti berikut:

passwd u0_a203

Selanjutnya silahkan isi password dan konfirmasi password yang dimasukkan. 


Langkah 3. Dan menjadi yang terakhir dari utak atik di Termux adalah kita harus melihat IP dari perangkat Android kita, di Termux silahkan kamu ketikkan perintah berikut:

ifconfig


Nah seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, IP dari Android saya adalah 192.168.43.76, silahkan diingat. 

Cara Akses Android di PC Menggunakan SSH Yang Telah Dibuat

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka CMD jika di Windows atau Terminal jika di Linux.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah berikut untuk memulai koneksi SSH dengan Android yang kita miliki. 

ssh u0_a203@192.168.43.76 -p 8022

*Penjelasan singkat, u0_a203 adalah user account yang kita lihat pada langkah 1 konfigurasi Awal diatas, @192.168.43.76 adalah IP android kita, -p adalah parameter untuk menentukan Port dan 8022 adalah Port nya. 
 
Silahkan sesuaikan dengan user account, IP, dan Port kamu.


Klik enter, dan untuk pertama kali kamu akan menemukan tampilan seperti berikut, silahkan ketik Yes dan enter untuk melanjutnya.

Selanjutnya, silahkan masukkan Password yang telah kamu buat pada langkah diatas, dan selesai deh. 
 

Jika tampilannya sudah seperti berikut, maka kamu sudah terhubung via SSH, kamu bisa melakukan banyak hal di Termux dan Android kamu melalui SSH yang dapat kamu akses dan atur di Command Prompt Windows atau Terminal di Linux. 
 
 
Sebagai contoh, disini saya akan menginstall neofetch untuk melihat system informasi dari perangkat Android yang saya gunakan. 
 
pkg install neofetch


Selanjutnya jika neofetch sudah terinstall, silahkan masukkan perintah neofetch untuk melihat system informations. 


Nah seperti itu. 

Gampang sekali bukan, sekian tutorial kali ini, kedepannya mungkin saya akan melakukan eksperimen lainnya dengan SSH ini, pada dasarnya Termux ini keren banget deh, kalo kata orang katanya kita bisa Hacking dari Termux tapi apakah itu beneran? hm kapan kapan saya coba dan buktikan saja deh. 

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.





Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Install dan Akses SSH Server Android Melalui Termux dan Akses Via Windows"