Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rasanya Mencoba Windows 10 Insider Dev Channel Build 21286!


Beberapa waktu lalu, saya memutuskan untuk mencoba menggunakan Windows 10 Insider Preview Build 21277 dimana versi ini adalah NextGen dari Windows 10 setelah versi 21H1, dan setelah beberapa waktu berjalan dengan versi ini Microsoft kembali memberikan Update Build 21286 beberapa hari lalu. 

Di Build 21286 ini, ada sejumlah fitur baru, kamu bisa melihat daftar fitur tersebut pada halaman WinPoin berikut, salah satu fitur yang saya suka di versi baru ini adalah kita bisa mengakses Storage Pool langsung dari halaman Settings tanpa masuk ke Control Panel lagi. 

Oke kita kesampingkan masalah fitur, karena pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas pengalaman saya selama menggunakan Build 21286 ini. 

Versi ini masih Buggy!

Saya akui, bahwa versi ini terkesan lebih baik dibandingkan dengan versi pendahulunya, hanya saja dalam kasus penggunaan saya, masih ada beberapa bug yang saya rasakan, misalkan komponen UI yang kadang glitch dan berantakan, serta beberapa hal kadang not responding dan tidak bekerja dengan baik. 

Sebagai contoh, satu bug ini mengganggu mata saya, dimana di File Explorer, ketika saya klik pada Address Bar, disana ada komponen yang agak glitch dan menjadi tidak enak dipandang. 

 
Meskipun memang bukanlah sebuah masalah, tapi ayolah, saya sering akses menu tersebut, jadi kurang enak aja pas saya lihatnya. 

Fitur utama belum dirilis sepenuhnya!

Selain bug, ada sedikit rasa kecewa yang saya rasa, karena ternyata fitur yang menjadi highlight Minggu ini News & Interest belum dapat saya coba dan rasakan, padahal saya cukup suka dengan tampilnya weather di Taskbar. 


Namun selain itu, fitur seperti Storage Pool, WSL dan TimeZone Experience baru, semuanya sudah dapat saya coba. 

Apakah versi ini sudah cocok untuk digunakan sehari hari?

Menjawab hal tersebut, menurut saya adalah tidak, kenapa?, karena meskipun fitur yang diberikan cukup baru dan mungkin akan bermanfaat, untuk kamu yang ingin system yang stabil, menggunakan versi ini tidak direkomendasikan, karena masih adanya Bug dan masalah lain yang mungkin akan kamu rasakan. 

Selain itu, untuk kamu yang ingin menghemat kuota, maka menggunakan Insider Dev Channel juga tidak dirasankan, mengingat hampir setiap minggu versi ini akan mendapatkan sejumlah update yang terbilang besar. Sebagai contoh update dari 21277 ke 21286 kemarin, saya menghabiskan kuota lebih dari 1 GB.

Tetapi, jika kamu ingin mencoba fitur baru, tidak peduli mengenai bug dan masalah yang mungkin akan kamu rasakan, dan kamu memiliki koneksi internet cepat dan kuota melimpah, maka versi ini cukup enak juga buat digunakan. 

Terlebih beberapa bagian Windows 10 sudah semakin Oke, misalkan kini halaman Search memiliki skema warna yang sama dengan tema Windows 10 (jika Light Teme aktif, Search akan berwarna hitam, dan sebaliknya), lalu kamu juga bisa melakukan hal baru dengan beberapa tool yang juga telah diperbarui, seperti adanya Disk Usage / Disk Analyzer di CMD, Opsi Storage Space yang lebih banyak, dan hal lainnya. 

Nah itulah sedikit pengalaman dan rasa saya setelah beberapa hari ini menggunakan Windows 10 Insider Preview Build 21286, kedepannya mungkin saya akan menulis hal yang sama jika ada update baru yang sudah saya coba. 

Terima kasih.
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Rasanya Mencoba Windows 10 Insider Dev Channel Build 21286! "