Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Touchpad Disable Secara Otomatis Ketika Sedang Mengetik di Linux

 

Salah satu masalah yang mungkin sering saya temukan di system operasi linux yang saya gunakan adalah, sering loncatnya cursor ketika saya sedang mengetik sesuatu, biasanya untuk mengatasi masalah tersebut saya mematikan touchpad secara manual dengan keyboard shortcut (fn + f9), hanya saja saya rasa hal tersebut cukup merepotkan karena tidak seperti laptop dengan tombol khusus seperti Lenovo Thinkpad, untuk navigasi selain dengan Mouse, di laptop Asus saya, saya masih membutuhkan touchpad untuk akses cepat navigasi cursor. 

Jadi bagaimana langkah untuk memperbaiki hal tersebut?, sebenarnya mudah saya, kita hanya cukup membuat behavior touchpad menjadi otomatis saja, ketika kita sedang mengetik, kita jadikan touchpad menjadi nonaktif. 

Lalu bagaimana langkahnya?, nah sebenarnya ada dua langkah yang dapat kamu coba, untuk saya sendiri saya menggunakan langkah yang paling mudah dengan menggunakan Extensions dari Gnome Extensions, berikut langkahnya. 
 

Touchpad Indicator

Yang paling mudah sih, kita bisa menggunakan toucpad indicator yang tersedia untuk kamu download melalui halaman gnome extensions, atau kamu juga bisa menggunakan PPA dengan perintah instalasi berikut:

sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao
sudo apt install touchpad-indicator

Nah setelah kamu install, pada bagian Indicator Preferences yang dapat kamu akses melalui Gnome Panel, kamu set dari GSettings menjadi XInput. 
 
Jika sudah selesai kamu set, maka setiap kali ada input yang dilakukan di keyboard, maka otomatis Touchpad tidak akan mendapatkan input apapun, dan ini keren parah. 

Melalui Terminal

Saya akui bahwa tidak semua pengguna Linux menggunakan Gnome sebagai Desktop Environment mereka, ada yang menggunakan KDE, XFCE, Pantheon, dan lainnya. Nah untuk kamu yang bukan pengguna Gnome, kamu bisa menggunakan langkah berikut. 

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka terminal. 

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah berikut:
gsettings set org.gnome.desktop.peripherals.touchpad disable-while-typing true 


Jika sudah selesai, silahkan klik enter, dan harusnya Touchpad sudah dinonatifkan ketika kamu sedang mengetikkan sesuai di Keyboard. 

Nah silahkan dicoba, semoga berhasil, langkah pertama saya test di Manjaro Gnome, dan langkah kedua saya test di Elementary OS dengan DE Pantheon. 

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Membuat Touchpad Disable Secara Otomatis Ketika Sedang Mengetik di Linux"