Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu VPS: Tips, Manfaat, dan Pengertian


Banyak yang penasaran dengan salah satu jenis hosting pada website yang dinamakan dengan VPS. Kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server yang dijadikan sebagai hosting diantara server khusus dan bersama. Lalu, sebenarnya apa itu VPS? 

Secara global VPS sering digunakan untuk website yang sudah besar karena salah satu manfaat VPS yang bisa menyimpan data lebih banyak dan bisa di upgrade. Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas secara mendalam mengenai apa itu VPS dari pengertian, tips, dan manfaatnya. 

Apa Itu VPS 

Pembahasan pertama adalah mengenai apa itu VPS. Kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server yang merupakan salah satu jenis hosting. VPS adalah hosting yang dibuat dengan virtualisasi perangkat lunak yang dapat melakukan hosting terhadap beberapa server pribadi ini. 

Sama seperti shared hosting, VPS juga berbagi sumber daya dengan pengguna lain tetapi konfigurasinya dilakukan secara khusus. Tak heran jika secara global VPS sering digunakan untuk hosting web karena menawarkan banyak keuntungan. 

Cara Kerja Virtual Private Server (VPS) 

Penjelasan apa itu VPS dari pengertiannya saja masih belum cukup. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja VPS. Seperti yang telah diketahui kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server. 

Dari kepanjangan itu, diketahui bahwa cara kerja VPS adalah memberikan pengalaman server private atau khusus dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Jadi, user bisa mendapatkan pengalaman server khusus walaupun sebenarnya masih berbagi server fisik dengan website lain. 

Setiap usernya akan dipisah dengan dinding virtual yang membuat setiap penggunanya dapat melakukan berbagai hal seperti menginstal OS dan software sendiri dan tidak terpengaruh oleh website lainnya. 

Jadi, VPS ini lebih bersifat pribadi dan bisa mengakomodasi semua kebutuhan bagi para penggunanya. Oleh sebab itu, keamanannya juga lebih terjamin dibandingkan dengan shared hosting. 

Tips Memilih Virtual Private Server 

Setelah mengetahui apa itu VPS, Anda perlu memahami juga bagaimana tips dan cara memilih VPS yang tepat agar cocok dengan kebutuhan website Anda. 

1. Pilih dari Segi Harga

Tips pertama dalam memilih VPS atau jenis hosting lainnya yang benar adalah cek dari segi harga. Hal ini yang sering dilakukan oleh kalangan pebisnis karena ini mempengaruhi keuntungan dari perusahaan. 

Anda perlu memikirkan apakah VPS ini cocok untuk kebutuhan perusahaan. Selanjutnya, pilih VPS yang memberikan harga terjangkau namun dengan fitur yang lengkap untuk kebutuhan website Anda. 

Jadi, pilihlah sewa VPS Indonesia yang terbaik dari penyedia layanan hosting. Lihat juga harga paket yang tertera agar bisa memilih mana yang Anda mampu untuk membayarnya. Adapun bagi yang ingin harga murah, Anda bisa menggunakan hosting lain seperti shared hosting. 

Hal ini karena harga VPS memang sedikit lebih mahal. Oleh sebab itu, secara global VPS sering digunakan untuk perusahaan-perusahaan besar. 

2. Pertimbangkan Kebutuhan

Tips berikutnya yang penting adalah mempertimbangkan jenis hosting dengan kebutuhan. Jika Anda masih pemula dan website masih belum banyak pengunjungnya, menggunakan shared hosting sudah cukup. 

Namun, jika Anda menggunakan website demi kepentingan bisnis yang secara global VPS sering digunakan untuk e-commerce, toko online, profil perusahaan, sampai dengan blogger maka pakailah VPS ini. 

VPS akan cocok bagi Anda yang berniat untuk mengembangkan usaha dan mendapatkan penghasilan dari website yang Anda bangun. Selain itu, ini akan lebih baik bagi website yang sudah memiliki trafik pengunjung yang besar. 

Hal ini karena salah satu fungsi VPS adalah menampung banyak data karena kapasitasnya yang lebih besar dibandingkan dengan Shared hosting. VPS bahkan lebih tepat digunakan jika sebagai user Anda belum siap menggunakan dedicated server yang harus memiliki kemampuan teknis untuk mengelola websitenya secara penuh. 

3. Lihat Fitur dan Ketersediaan Dukungan Yang Ditawarkan

Tips selanjutnya untuk memilih VPS yang berkualitas adalah memilih dukungan atau fitur yang tersedia ketika Anda berlangganan VPS ke penyedia layanan hosting. Setiap penyedia layanan mempunyai berbagai fitur dan paket masing-masing. 

Jadi, Anda perlu memilih yang terbaik serta dapat memenuhi tujuan dari pembuatan website Anda. Tak hanya dari segi fitur yang diberikannya, Anda juga perlu melihat dukungan teknis yang diberikan. 

Contohnya adalah penyedia layanan hosting Niagahoster yang memberikan dukungan teknis 24 jam yang bisa membantu Anda mengatasi permasalahan website. Jadi, apabila ada kendala, bisa langsung bertanya dan nantinya tim ahli yang akan menjawabnya. 

Manfaat Virtual Private Server

Adapun manfaat VPS adalah sebagai berikut:

1. Management Website Sesuai Kebutuhan

Manfaat pertama dari VPS adalah dapat melakukan kustomisasi dan manajemen website lebih mudah. 
Hal ini karena kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server yang memberikan kebebasan kepada user untuk mengelola websitenya. Dengan menggunakan VPS, Anda bisa menginstal aplikasi yang memang dibutuhkan untuk website. 

Contohnya adalah aplikasi server Apache, PHP, dsb yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih fleksibel. 

2. Scalable

Manfaat selanjutnya yaitu berkaitan dengan kemudahannya dalam memperbesar atau memperkecil sumber daya yang dibutuhkan website.

VPS dapat melakukan upgrade resources jika pemilik menginginkannya. Hal ini cocok dipakai ketika pengunjung website mengalami lonjakan sehingga perlu untuk memperbesar kapasitas penyimpanannya. 

3. Kendali

VPS adalah jenis hosting yang dapat membuat para usernya mendapatkan kendali untuk mengawasi lingkungan hosting. 

Anda bisa melakukan pengaturan dan masalah teknis lainnya jika ada hal yang dibutuhkan dalam website. Selain itu, penggunaan VPS ini tidak akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh website lain sehingga privasi website lebih terjamin. 

Meskipun pada dasarnya, website ini juga membutuhkan CPU yang sama dengan website lain. Namun, dalam melakukan restart sistem hingga menambahkan instalasi hal ini tidak akan mengganggu pengguna server lainnya. 

4. Sumber Data Yang Dimiliki Bersifat Khusus

Berbeda dengan shared hosting yang memiliki kapasitas yang sudah diatur oleh penyedia layanan serta diakses bersama, VPS lebih bersifat khusus. Jadi, jika Anda menambahkan kapasitas, maka RAM dan disk yang Anda miliki adalah milik Anda sepenuhnya. 

User lain tidak akan menghabiskan RAM yang membuat website mengalami downtime. Begitu juga sebaliknya, Anda juga tidak akan menghabiskan RAM lain seperti halnya yang terjadi pada shared hosting 

Penutup 

Itulah penjelasan mengenai apa itu VPS, cara kerja, sampai manfaatnya. VPS adalah jenis hosting yang memiliki keunggulan yang banyak dibandingkan dengan shared hosting. Jika ingin membelinya, pilihkan sewa VPS Indonesia dari Niagahoster karena sudah terjamin kualitasnya

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Apa Itu VPS: Tips, Manfaat, dan Pengertian "