Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Charge

Salah satu masalah yang saya rasakan selama menggunakan Asus K401UQK adalah kadang bagian metal dari case laptop ini mengalirkan listrik statis, jadi ketika bagian pergelangan tangan menyentuh sisi laptop tersebut, dia agak kesetrum, kalo kata Bahasa Sundanya "Ngerenyed". 


Setelah mencari berbagai cara dan metode apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, umumnya ada beberapa hal yang mungkin para ahli dan blogger lain sebutkan, diantaranya adalah:

Mengganti Charger Dengan Yang Baru

Yap, salah satu trik yang mungkin pernah kamu lihat sebelum kamu masuk ke Blog ini, katanya mengganti Charger dapat mengatasi masalah nyetrumnya laptop ketika di charge, namun kawan kawan, berdasarkan pengalaman dan pengujian yang saya lakukan lebih jauh, ternyata metode ini kurang berhasil, apalagi jika charger sebelumnya baik baik saja, tidak ada yang putus atau yang salah. 

Selain buang buang uang, metode ini juga kurang berhasil dalam kasus saya. 

Tidak Di Charge Ketika Sedang Digunakan

Metode ini merupakan hal paling absurb untuk dicoba, kenapa? karena memang dengan terhubungnya laptop ke power, apalagi jika kamu punya laptop gaming, CPU Speed akan berjalan maksimal, Fan akan berputar lebih cepat, dan tentu performa yang ditawarkan laptop akan lebih baik. 

Dalam pengujian yang saya lakukan, memang iya, ketika tidak dicharge maka listrik statis ternyata tidak mengalir, dan tangan saya tidak merasakan kesetrum lagi, tapi kan masa harus nunggu 100% trus cabut, pas abis charge lagi, selain dapat mengurangi Charge/Discharge Cycle, langkah ini kurang baik untuk battery laptop kamu. 

Diletakan Pada Benda Yang Mengandung Isolator Yang baik

Langkah ini benar dan tidak salah, namun dalam beberapa kasus, termasuk kasus saya, meletakan laptop di kasur, bantal, cooling pad, dan beberapa benda yang saya rasa mengandung isolator tidak mengatasi masalah, karena memang masalahnya muncul dari laptop bukan dari luar laptop. 

Tentu ketiga langkah diatas dapat kamu coba dan mungkin saja berhasil dalam kasus perangkat kamu, tapi dua langkah selanjutnya saya jamin berhasil mengatasi masalah, kenapa? karena dalam kasus dan pengujian saya, dua langkah ini adalah masterpiece, dan berhasil mengatasi masalah saya selama berbulan bulan terakhir. 

Gunakan Garskin

Langkah ini adalah langkah paling efektif untuk perangkat saya, kenapa? karena bagian yang biasanya nyetrum jadi terhalang oleh Garskin, dan saya jamin gak bakalan nyetrum lagi deh. 

Tapi, silahkan lihat pada gambar dibawah ini,  pada bagian atasnya memang berhasil mengatasi masalah, namun bagian sampingnya masih kurang tertutupi sehingga ketika saya sedang mengetik, rasa nyetrum masih ada, dan dari sini lahirlah langkah kelima berikut. 


Gunakan Lakban Listrik

Yap, langkah ini berhasil mengatasi dan menyempurnakan langkah sebelumnya, setelah berhasil mengatasi masalah nyetrum pada bagian atas laptop, saya tutupi deh bagian sampingnya dengan lakban listrik yang saya beli di toko alat kelistrikan seharga Rp10000. 


Meskipun jadi tampak kurang berkelas dan tampilan laptop jadi kurang mewah, ah bodo amat deh yang penting saya nyaman ketika pake laptop ini, rasa nyetrum hilang dan proses mengetik dan nulis jadi lebih nyaman. 

Penutup

Nah dari lima langkah diatas, tiga diantaranya adalah langkah yang mungkin cukup sering dilihat diblog blog lainnya, termasuk mungkin langkah keempat, silahkan kamu coba dan buktikan sendiri dari langkah tersebut mana yang terbaik, untuk langkah kelima, mungkin sedikit absurb untuk dilihat apalagi kalo nongkrong dikafe atau sebagainya, tapi ya gak apa apalah tampilan jelek asal nyaman aja dipakenya. Iya gak?

Silahkan komen jika ada pertanyaan, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Charge"