Mendingan Adobe Photoshop CS atau CC, dan Kenapa Saya Pilih CS?

Bagi kamu pengguna software dari Adobe ini pasti sudah gak asing dengan namanya Adobe Creative Suite atau biasa disingkat dengan nama Adobe CS, semejak Adobe versi CS 1 sampai terakhir Adobe versi CS 6 ada beberapa penambahan fitur baru yang tentunya berguna bagi pemakaian yang digunakan.


Pada versi terakhir Adobe CS 6 yang dirilis pada tahun 2012 atau sekitar 6 tahun lalu menjadi versi terakhir adobe dengan lisensi lifetime atau seumur hidup, yang selanjutnya digantikan dengan Adobe CC 14 yang menggunakan jenis lisensi berlangganan.

Gambar Google


Pengalaman Dengan Adobe Creative Suite

Pertama kali saya menggunakan Adobe Creative Suite ini adalah ketika masih versi Adobe CS3, saat itu ukurannya hanya 500 MB yang saya download melalui Torrent, karena sebelumnya saya menggunaka Adobe Photoshop 7.0 yang digunakan praktek disekolah, maka saya belajar dan coba coba saja dengan Adobe CS3, padahal Adobe CS5 sudah dirilis. Kenapa saya belajar pake Adobe CS3? hm jawabannya karena waktu itu spesifikasi PC jadul saya cuma bisa menjalankan Aplikasi Adobe CS3 saja. 


Btw bahkan saya masih punya Instaler Adobe Photoshop CS3 di koleksi DVD lama saya. 
Seiring dengan berjalannya waktu, dan saya mengenal dunia editing video, pertama kali saya menggunakan Adobe premiere pro adalah versi CS6, waktu itu saya dikasih cd instalasinya dari guru saya karena untuk membuat film pendek, ceritanya. 


Videonya bisa dilihat diatas, gambar tumbnailnya maafkan saya masih kurus, dan sedikit hitam diwaktu tersebut. hahahaha 🤣🤣

Pengalaman Menggunakan Adobe Creative Cloud

Pertama kali saya menggunakan Adobe Creative Cloud saat saya masih sekolah dulu, setelah cukup lama saya menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Premiere CS 6, saya memutuskan untuk mendownload adobe cc, dari situs yang lumayan terkenal dijamannya, yaitu Dytoshare.us. 


Seiring berjalannya waktu, sampai saya kuliah, saya terus melakukan update kepada beberapa software adobe ini, sampai versi terakhir kemarin yaitu Adobe CC 2019, namun ada sedikit masalah yang saya rasakan selama menggunakan Adode CC ini. 

Spesifikasi

Semakin lama semakin kesini Software Adobe semakin membutuhkan spesifikasi yang mumpuni, bahkan untuk preview video di Adobe Premiere Pro CC 2019 terasa lebih lambat dari biasanya, padahal saya menggunakan laptop dengan spesifikasi lumayan mumpuni untuk editing video.


Mending Creative Suite atau Creative Cloud di Tahun 2019?

Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan disini, jika kamu pengguna bajakan seperti saya maka saya sangat merekomendasikan Creative Suite saja, karena saya bahkan gak pernah menyentuh aplikasi Creative Cloudnya Adobe, namun jika kalian pengguna Adobe Original, maka bebas sih gimana kalian. selain itu instalasi Font agak sedikit ribet di Adobe CC dibandingkan dengan Adobe CS. 

Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dua produk tersebut :
  1. Spesifikasi
  2. Usability
Jika kamu memiliki spesifikasi yang biasa saja maka saya sarankan untuk menggunakan Adobe CS6 atau lebih bawahnya lagi, minimal Adobe CS 5.5, namun jika kamu memiliki spesifikasi lumayan tinggi dengan Processor, RAM, dan Grafik yang mantap maka gunakanlah CC.


Usability, pastikan kamu memang produktif menggunakan produk yang kamu instal, percuma kan menggunakan Adobe CC 2019 hanya untuk editing biasa aja, atau bahkan cuma koleksi di pc, dan gak pernah digunakan. selain itu ukuran penyimpanan di drive c versi adobe cc dan adobe cs berbeda jauh, jika kamu pengguna SSD dengan 120 GB storage sebaiknya hanya menginstal Adobe CS saja, karena ukurannya lebih kecil.

Kenapa Saya Pake Adobe Creative Suite?

Sekarang saya menggunakan Adobe Creative Suite CS 6, bajakan ya saya tahu, kenapa saya pake versi ini? ada beberapa hal yang saya perhatikan diantaranya :

  • Spesifikasi : Dengan spesifikasi laptop saya, membuka dan mengedit sesuatu menggunakan Adobe Creative Suite terasa berjalan lebih Smooth dan Cepat.
  • Usability : Untuk sekarang, saya jarang banget ngedit, dan selain itu Adobe Creative Cloud gak pernah saya gunakan, karena saya menggunakan versi bajakannya.
  • Skill : Kemampuan saya terasa lebih jago menggunakan produk adobe cs dibandingkan cc, mungkin karena saya belajar dan besar bersama dengan Produk Adobe Creative Suite.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas, maka bisa disimpulkan, jika kita sebagai pengguna bajakan lebih direkomendasikan untuk menggunakan Adobe Creative Suite, selain berjalan lebih cepat, masalah aktivasi tidak terlalu sulit pada Adobe CS, dibandingkan Adobe CC terutama Adobe CC 2019. Jika kamu menggunakan spesifikasi rendah pun sebaiknya menggunakan Adobe CS saja, karena Spesifikasi Minimum yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi.



Jadi kalo kalian lebih pilih yang mana?

0 Response to "Mendingan Adobe Photoshop CS atau CC, dan Kenapa Saya Pilih CS?"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel