Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendingan Adobe Photoshop CS atau CC, dan Kenapa Saya Pilih CS?

Bagi kamu pengguna software dari Adobe ini pasti sudah gak asing dengan namanya Adobe Creative Suite atau biasa disingkat dengan nama Adobe CS, semejak Adobe versi CS 1 sampai terakhir Adobe versi CS 6 ada beberapa penambahan fitur baru yang tentunya berguna bagi pemakaian yang digunakan.


Versi Adobe CS 6 yang dirilis pada tahun 2012 atau sekitar 6 tahun lalu merupakan versi terakhir produk Adobe dengan lisensi lifetime atau seumur hidup, yang mana selanjutnya digantikan dengan Adobe CC 14 yang menggunakan jenis lisensi berlangganan.

Gambar Google


Pengalaman Dengan Adobe Creative Suite

Pertama kali saya menggunakan Adobe Creative Suite ini adalah ketika masih versi Adobe CS3, saat itu ukurannya hanya 500 MB yang saya download melalui Torrent, karena sebelumnya saya menggunakan Adobe Photoshop 7.0 yang digunakan praktek disekolah, maka saya belajar dan coba coba saja dengan Adobe CS3, padahal Adobe CS5 sudah dirilis. Kenapa saya belajar pake Adobe CS3? hm jawabannya karena waktu itu spesifikasi PC jadul saya cuma bisa menjalankan Aplikasi Adobe CS3 saja. 


Bahkan sampai sekarang saya masih punya Instaler Adobe Photoshop CS3 di koleksi DVD lama saya., kemudian seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai mengenal dunia editing video, dimana pertama kali saya belajar menggunakan Adobe Premiere Pro CS6, waktu itu saya dikasih CD instalasinya dari guru saya untuk membuat film pendek, ceritanya. 

Pengalaman Menggunakan Adobe Creative Cloud

Pertama kali saya menggunakan Adobe Creative Cloud saat saya masih sekolah dulu, setelah cukup lama saya menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Premiere CS6, saya memutuskan untuk mendownload Adobe CC dari situs yang lumayan terkenal pada zamannya, www.dytoshare.us. 


Sampai seiring berjalannya waktu, saya mulai menjalani kehidupan kuliah yang cukup melelahkan, dimana bersamaan dengan itu saya terus mengikuti perkembangan produk Adobe sampai versi terakhir kemarin yaitu Adobe CC 2019, namun ada sedikit masalah yang saya rasakan selama menggunakan Adode CC ini, dan salah satunya adalah performa yang semakin melambat. 

Spesifikasi

Semakin lama semakin kesini Software Adobe semakin membutuhkan spesifikasi yang mumpuni, bahkan untuk preview video di Adobe Premiere Pro CC 2019 terasa lebih lambat dari biasanya, padahal saya menggunakan laptop dengan spesifikasi lumayan mumpuni untuk editing video.


Namun memang hal ini juga dipengaruhi dengan berapa besar resolusi Video dan berapa banyak layer yang digunakan ketika proses editing, tetapi tetap saja, dengan project yang sama, ketika menggunakan versi Adobe CC 2017 vs Adobe CC 2019, performanya cukup jauh berbeda. 

Lalu Mending Creative Suite atau Creative Cloud di Tahun 2019?

Ada beberapa hal yang perlu saya tekankan disini, jika kamu pengguna bajakan seperti saya maka saya sangat merekomendasikan Creative Suite saja, karena saya bahkan gak pernah menyentuh aplikasi Creative Cloud-nya Adobe, namun jika kalian pengguna Adobe Original, maka bebas sih gimana kalian. selain itu instalasi Font agak sedikit ribet di Adobe CC dibandingkan dengan Adobe CS. 

Dua hal yang menjadi hal utama yang menjadi perbandingan dan pemilihan dua versi CS dan CC dan diantaranya adalah Spesifikasi dan Usability. Jika kamu memiliki spesifikasi yang biasa saja maka saya sarankan untuk menggunakan Adobe CS6 atau lebih bawahnya lagi, minimal Adobe CS 5.5, namun jika kamu memiliki spesifikasi lumayan tinggi dengan Processor, RAM, dan Grafik yang mantap maka gunakanlah CC.


Usability, pastikan kamu memang produktif menggunakan produk yang kamu instal, percuma kan menggunakan Adobe CC 2019 hanya untuk editing biasa aja (misalkan ganti Backgroud Foto KTP atau hal lainnya), atau bahkan cuma untuk koleksi di PC saja dan gak pernah digunakan. Selain itu ukuran penyimpanan di drive c versi Adobe CC dan Adobe CS cukup berbeda jauh karena memang fitur yang diberikan juga berbeda didalamnya, jika kamu pengguna SSD dengan 120 GB Storage sebaiknya hanya menginstal Adobe CS saja, karena ukurannya lebih kecil.

Kenapa Saya Pake Adobe Creative Suite?

Sekarang saya menggunakan Adobe Creative Suite CS 6, bajakan ya saya tahu, kenapa saya pake versi ini? ada beberapa hal yang saya perhatikan diantaranya :

  • Spesifikasi : Dengan spesifikasi laptop saya, membuka dan mengedit sesuatu menggunakan Adobe Creative Suite terasa berjalan lebih Smooth dan Cepat.
  • Usability : Untuk sekarang, saya jarang banget ngedit, dan selain itu Adobe Creative Cloud gak pernah saya gunakan, karena saya menggunakan versi bajakannya.
  • Skill : Kemampuan saya terasa lebih jago menggunakan produk adobe cs dibandingkan cc, mungkin karena saya belajar dan besar bersama dengan Produk Adobe Creative Suite.
*Update 19 September 2020, iya iya, artikel ini adalah artikel lama, bahkan gaya penulisan saya terasa berbeda dibandingkan dengan sekarang, terkait dengan hal kenapa saya pake Adobe Creative Suite, berhubung sekarang saya sudah lulus kuliah, kerja dan bahagia hahaha, saya sudah beralih ke Affinity Photos sepenuhnya. Kenapa? karena lisensinya yang Lifetime selain itu fitur yang diberikan pun cukup sama dengan apa yang ada di Adobe Photoshop. 

Selain itu untuk Video Editing saya menggunakan Camtasia Studio, karena memang tidak banyak project editing yang harus saya kerjakan. 

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas, maka bisa disimpulkan, jika kita sebagai pengguna bajakan lebih direkomendasikan untuk menggunakan Adobe Creative Suite, selain berjalan lebih cepat, masalah aktivasi tidak terlalu sulit pada Adobe CS, dibandingkan Adobe CC terutama Adobe CC 2019. Jika kamu menggunakan spesifikasi rendah pun sebaiknya menggunakan Adobe CS saja, karena Spesifikasi Minimum yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi.




*Update 19 September 2020, saya cukup salut loh pada mereka yang masih pake Adobe CS dan berkarya dengan berbagai manipulasi foto yang cantik dan keren keren, silahkan saja kamu kunjungi halaman Grup Photoshop Share Design, dan lihat karya karya pengguna disana. 

Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Mendingan Adobe Photoshop CS atau CC, dan Kenapa Saya Pilih CS?"