Cara Menjaga Kesehatan Hardisk Eksternal

Sebagai pengguna laptop dengan kapasitas terbatas, yang hanya mengandalkan 250GB SSD saya harus memiliki sebuah alternatif lain selain penyimpanan tersebut, dan Cloud Storage, yaitu sebuah Hardisk External. 



Yes sebuah hardisk external yang pernah kehilangan data berharga karena sebuah insiden kecil yang sudah saya tulis pada artikel berikut. Karena insiden tersebut seluruh data saya hilang dan lenyap, namun tak apa, karena sebagian data masih tersimpan dengan rapi di penyimpanan cloud, dan dengan insiden tersebut, mau tidak mau saya harus kembali memformat dan merapikan seluruh isi dari perangkat penyimpanan tersebut.

Oke dengan ini, kali ini saya akan berbagi sebuah tips Cara Menjaga Kesehatan Hardisk Eksternal yang telah saya lakukan selama hampir 2 tahun masa hidup hardisk ini. 

Cabut dengan Safely Remove

Jangan langsung cabut aja, kamu harus mencabutnya setelah proses safely remove selesai, karena jika belum di eject, kemungkinan besar perangkat hardisk external masih berjalan dan berputar, dan jika tiba tiba dicabut, bisa saja terjadi kemungkinan corrupt dan error seperti insiden kecil saya lalu.


Lebih bagusnya kamu melakukan eject menggunakan software bernama Safely Remove Hardware, karena kadang ada sebagian proses yang mencegah kita melakukan eject.

Jauhkan dari Magnet dan Cairan

Jangan sampe hardisk external kamu didekatkan dengan magnet dan air ya, mau kopi atau apapun, karena bisa jadi perangkat piringan didalam hardisk terpengaruhi oleh magnet dan bisa jadi tersiram dan ketumpahan, masalah ini pernah dialami oleh Reza M Firmansyah selaku author alternatif, dia pernah menyiram laptopnya secara tidak sengaja, sehingga menimbulkan masalah pada hardisknya.

Bandung Coffe Directory

Hindari Benturan

Jangan pernah biarkan hardisk external kamu terjatuh atau terbentur, meski didalam tas kamu pastikan jangan terbentur, karena bisa mempengaruhi kesehatan hardisk kamu juga, karena seperti yang kita ketahui bahwa hardisk itu tidak tahan dengan benturan.



Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Sebenarnya langkah ini sama saja dengan artikel saya sebelumnya, namun lebih bagusnya kamu menggunakan software bernama CrystalDiskInfo. 


Didalam software tersebut, pastikan bahwa kesehatan hardisk kamu masih minimal 90% jika sudah kurang dari 70% kamu harus mempersiapkan diri untuk mengganti perangkat tersebut dan membackup seluruh data kamu.



Thats it, semoga kamu terbantu dengan artikel ini sehingga kesehatan hardisk external kamu bisa terpantau dan perangkat tersebut bisa awet. 


0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Hardisk Eksternal"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel