Skripsi Itu.....

Skripsi, sebuah quest terakhir selama saya berstatus mahasiswa untuk mendapatkan gelar strata satu jurusan Teknik Informatika, quest yang banyak orang keluhkan termasuk saya sendiri, terutama pada akhir akhir menjelang batas pengumpulan skripsi itu sendiri. 



Mari saya akan sedikit bercerita, bagaimana dan berapa lama saya melakukan penelitian untuk proses pengerjaan skripsi ini. Semua dimulai ketika saya masuk ke semester 8 dimana satu teman saya sudah melaksanakan sidang pada semester 7, alasannya sih bukan karena telat atau apa, namun kurikulum yang saya ikuti waktu semester 7 itu sangat banyak, termasuk kerja praktek, sehingga untuk skripsi direkomendasikan oleh dosen wali untuk dikerjakan di semester 8 saja. Dan disinilah saya!

Jika kamu pernah membaca artikel saya yang berjudul Pengalaman Ujian Akhir Semester Terakhir, maka saya pernah bilang bahwa saya hanya pengen lulus, gak bertele tele kayak dulu semester awal dimana saya pengen nilai yang tinggi, persaingan dalam pembelajaran, project dan lainnya, sekarang cita cita saya hanya pengen lulus saja. 

Skripsi saya dimulai semejak bulan Februari 2019, dimana saat itu saya mengambil penelitian berkaitan dengan keamanan jaringan, karena memang saya sudah memiliki dasar sejak sekolah dulu dalam hal jaringan. Mulai dari bulan februari 2019 saya sudah mulai mendesain dan mengerjakan program, bersamaan dengan penulisan bab 1 dan bab 2, sampai bulan April 2019, saya mulai jenuh dalam mengerjakan skripsi karena banyak Bug dan saya benar bena stuck, berkali kali saya bertanya di stackoverflow, dan berkali kali juga saya jatuh dalam kebingungan, sejak saat itu saya berhenti mengejakan skripsi dan focus untuk menulis dan liburan, hampir satu bulan saya terlena dalam kenikmatan liburan sampai melupakan tugas dan tanggung jawab saya untuk mengerjakan skripsi.


Setelah itu, mulai dari bulan juni saya kembali ke Bandung, dan mulai mengerjakan skripsi, kini sejak saat itu program saya sudah mencapai 70% dan penulisan sudah mulai bab 3, dan dari sana saya fokus pada penulisan bab 3, sampai 5 minggu lamanya bab 3 saya akhirnya diputuskan selesai, dan di terima oleh dosen pembimbing, disana saya bahagia, namun program saya masih harus diperbaiki dan diselesaikan, mulai bulan juli pertengahan, saya menyelesaikan program yang berkaitan dengan keamanan jaringan, dan penulisan bab 4 dimulai setelahnya, sampai minggu kemarin, dimana saya memutuskan untuk libur dulu dari kegiatan menulis di Winpoin, dimana saya ingin fokus dulu menyelesaikan bab 4 dan bab 5. 

Itu mungkin alasan kenapa saya menghilang dari Winpoin meski banyak berita baru seputar Windows 10, saya sedang sibuk sibuknya saat itu, dan sampai sekarang setelah saya menyelesaikan penulisan Bab 5 dan sudah tinggal sidang, perjalanan masih belum selesai, dimana saya harus mengumpulkan beberapa persyaratan sidang dan ternyata mengumpulkan syaratpun lumayan sulit. 

Perjalanan Skripsi saya masih belum berakhir, dimana nanti saya harus menjalani sidang akhir, sidang penghakiman dikampus saya sendiri, dimana mungkin saya akan dibantai habis habisan disana, namun dari sekarang saya sudah menyiapkan mental, dalam hati saya, gak apa apa dibantai, saya hanya pengen lulus. Namun doakan saja ya kawan kawan, karena semakin saya cepat lulus semakin sering juga saya akan menulis di Winpoin dan Blog ini. 

Ingat perjalanan ini belum berakhir, dan mungkin bagi kamu yang sekarang akan dan masih kuliah, percayalah, jangan sia siakan waktu untuk hal yang tidak berguna, jangan sampai ada mata kuliah yang ngulang, atau bahkan tidak lulus, ikuti alur yang diberikan kampus, jangan banyak main dan tetap serius. Karena banyak kawan saya yang bahkan sekarang bab 3 aja belum selesai dan program masih belum dikerjakan. 

Skripsi itu.... Menyakitkan!

0 Response to "Skripsi Itu..... "

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel