Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Ubuntu 19.10

Terinspirasi dari salah satu tutorial yang agak mirip sebenarnya, yaitu Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Elementary OS 5.0 Juno, kali ini bedanya adalah kita akan menerapkan beberapa langkahnya di salah satu distribusi linux populer yang menjadi basis dan inti dari Elemenary OS juga. Ubuntu!



Sebagai pengguna linux, ada beberapa langkah wajib nih yang perlu dilakukan, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1#. Update Repo dan System

Tentunya, sebagai pengguna Linux, distibusi apapun yang digunakan, kita sangat wajib dan perlu banget buat melakukan updating repo dan system. Di ubuntu dan kawan kawannya, caranya sama saja, hanya mengetikan perintah terminal berikut:

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
Atau bisa juga melalui software updater secara langsung, karena intinya adalah sama.


2#. Install Gnome Tweaks


Nah sama seperti Elementary OS, ubuntu juga memiliki tweaks nya sendiri, dan sesuai dengan Desktop Environmentnya, yaitu kita harus menginstal Gnome-Tweaks untuk menggunakan dan memodifikasi Ubuntu menjadi lebih mantap lagi. (langkah customize akan saya share dikemudian hari)



3#. Aktifkan Minimize Via Dock


Ubuntu hadir dengan Docknya sendiri, hanya saja yang kurang dari dock di ubuntu adalah, kita gak bisa melakukan Minimize aplikasi langsung dari dock, dan harus via tombol di Windows nya. Namun kamu bisa mengaktifkannya dengan mengetikan terminal command berikut:

gsettings set org.gnome.shell.extensions.dash-to-dock click-action 'minimize'
Sebenarnya kalian bisa mengaturnya via dconf editor, tapi ya ambil simpelnya aja deh. Karena males harus ngulik dulu via dconf editor. hehehehe

4#. Install Codec Pelengkap

Sama seperti Elementary OS, kadang ada sebagian media yang gak bisa diputar, kita hanya perlu memasukan codec pelengkapnya saja, caranya masukan terminal command berikut:

sudo apt install ubuntu-restricted-extras libavcodec-extra ffmpeg

5#. Install Laptop Mode (Jika di Laptop)


Kenapa ini penting? karena nih kawan kawan, biasanya jika tidak diinstal akan ada beberapa kekurangan juga, salah satunya adalah CPU selalu High dan Overclocking, dengan menginstal ini, setidaknya akan menghemat battery laptop kalian.  

sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp 
sudo apt-get update 
sudo apt-get install tlp tlp-rdw
sudo tlp start 

 6#. Install Aplikasi Penting Sesuai Kebutuhan

Yang bagus adalah yang simpel, jangan pernah kamu instal software banyak banyak kalo enggak pernah dipake. Cukup instal saja beberapa software yang memang menurut kamu berguna, karena nih, sebagian software sudah terinstal secara otomatis di ubuntu 19.10, misalkan Office, Media Player, dan Tool Basic lainnya. 


Kalian juga bisa menginstal Flatpak atau Snapd untuk menambah daftar software yang tersedia dan support untuk digunakan juga. Harusnya snapd sudah terpasang otomatis deh kali di Ubuntu. Jadi kalian gak usah repot lagi. 


Nah ada yang kurang kah? share dibawah guys.

0 Response to "Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Instalasi Ubuntu 19.10"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel