Hati Hati Dengan Aplikasi Hasil Pencarian Kedua Google!

Beberapa waktu lalu, salah satu pengguna facebook dengan nama Rusdi Setiawan membagikan pengalamannya, dimana dia terkena Ransomware dari aplikasi yang didownload dari id.softonic. 


Dari dulu memang, terkadang beberapa aplikasi dan penyedia aplikasi, suka nakal dan memberikan tambahan dari package aplikasi yang didownload, contohnya cnet, softonic, dll. Mereka terkadang mengedit package aplikasi dan menambahkan adware dan bahkan ransomware. 

laptop saya terserang ransomeware berkat dari menginstall aplikasi winrar. 
yang tidak saya habis pikir kenapa software yg umum teristall terkena ransomware. terlebih lagi saya mendownload winrar tersebut dari situs web yang merupakan hasil pencarian kedua google dengan kata kunci "download winrar" 

padahal saya cukup sering install aplikasi bajakan 😂 tanpa Anti virus dan aman2 saja setelah saya jalankan installernya bukan aplikasi winrar yang terisntall tetapi ransomeware akibatnya laptop saya:

>tab browser baru terbuka terus menerus
>ram dan processor bekerja lebih keras (full process)
>aplikasi aneh berlogo "U" tidak bisa diclose
>semua file berextensi dot reco (.reco)
setelah saya kill aplikasi aneh berlogo "U" tersebut melalui task manager aplikasinya tertutup tetapi tab browser masih terbuka terus menerus dan aplikasi yg tidak diinginkan mulai muncul didesktop. saya coba buka task manager lagi sudah tidak bisa karena terkunci dibikin ransomware
kebetulan laptop saya hanya ada terinstal browser, xampp, test editor dan filezila . laptop saya menggunakan windows 7 dab belum terinstal antivirus .saya coba akses situs avast untuk install antivirus tidak bisa terakses akhirnya saya instal smadav, smadav berhasil diinstall tapi tidak berjalan.
semua file baru yang saya bikin selalu berubah extensinya menjadi .reco malahan ketika saya bikin file baru kemudian saya restart laptop saya muncul extensi baru lagi yakni dot bora (.bora).
wow satu aplikasi mengandung banyak virus. bahkan ada 2 ransomeware.
setelah itu saya baca kasus2 ransomeware digroup ini . karena virus tidak bisa dijinakkan saya ambil tindakan untuk restore windows. sekarang laptop sudah bersih dari virus tinggallah file data D: yang terenkripsi bahkan data C: juga terkena.
buat yang belum kena hati-hati ya sama softtonic walaupun pencarian teratas , ternyata aplikasi yang familiar dan mudah diinstalpun sudah disusupi virus. dan buat yg sdh tahu ya mohon maaf banget ya karena tujuannya saya baik share buat yg belum tahu toh banyak juga yg belum tahu mengenai hal ini dan menganggap sepele hal seperti ini. saya contohnya, karena sepele dgn winrar yg mudah diinstall jadi asal download saja. alhasil.... merugi akhirnya (Via Facebook)

Tentu saja, kadang orang awam suka mendownload dari berbagai situs yang bukan asli penyedia aplikasi itu sendiri, misalkan Winrar tadi, banyak orang pengen langsung download + cracknya, dan kadang situs situs itu mengiklankan situsnya dengan Google Adwords, sehingga situs mereka jadi paling atas, padahal situs penyedia asli bukan itu.  


Sebelum kamu menginstal aplikasi, darimanapun coba kamu scan menggunakan antivirus kepercayaan kamu, Jangan SMADAV, gunakan Kaspersky Internet Security, BitDefender, Norton, dan kawan kawan, jangan juga gunakan antivirus gratisan seperti Avast dan Avira, karena sekarang antivirus pun bisa tidak dipercaya. Setelah scanning, dan kamu pastikan gak ada malware, kamu instal seperti biasa. 


Nah segitu dulu saja, semoga gak ada lagi yang kena sama Ransomware, dan semoga file file kamu aman semua. 

0 Response to "Hati Hati Dengan Aplikasi Hasil Pencarian Kedua Google!"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel