Cara Menambah Virtual Memory di Windows 10

Jika kamu memerlukan memory tambahan, dikarenakan RAM sudah penuh, sebenarnya kamu bisa menggunakan Hardisk sebagai Virtual Memory, fitur ini layaknya SWAP jika di Linux, dan tentunya bisa membantu pengguna untuk meringankan Windows 10 yang digunakan.


Saya pernah membahas hal ini secara singkat pada artikel Tips Minimalis Windows 10 - Mempercepat Windows 10 (Bagian 1) #EdisiKelima, dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tutorialnya selengkap mungkin. 

Cara Menambah Virtual Memory di Windows 10

Langkah 1. Pertama masukan "View Advanced System Settings".


Langkah 2. Didalam System Properties klik pada Tab Advanced, selanjutnya pada bagian Performance klik Settings. 


Langkah 3. Selanjutnya pada Performance Options klik pada Tab Advanced, dan pada Virtual Memory, klik pada tombol Change. 


Langkah 4. Pada Virtual Memory, uncheck Automaticaly manage paging file size for all drives. Dan pilih Custom Size.

Sekedar saran : Ukuran memori virtual unik untuk setiap perangkat, dan tidak dapat digeneralisasi. Namun, biasanya, disarankan untuk menggunakan angka yang satu setengah kali total memori yang tersedia untuk "Initial Size" dan tiga kali memori yang tersedia untuk "Maximum Size" bila memungkinkan.

Langkah 5. Setelah semua sudah kamu set, klik pada tombol set, dan klik OK. Setelah selesai, saya sarankan untuk melakukan restart perangkat yang kamu gunakan. 

Nah begitu saja kawan kawan, setelah kamu set Virtual Memory, jika kamu menggunakan SSD akan sangat membantu sekali dalam penggunaan RAM Usage, namun bagi kamu yang masih menggunakan HDD, peningkatan performa tidak akan terlalu dirasakan, karena kemungkinan akan terjadi Disk Usage 100%. 

0 Response to "Cara Menambah Virtual Memory di Windows 10"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel