276 Hari Pemakaian Samsung EVO 850 SSD

Kali ini saya akan sedikit update informasi terbaru mengenai bagaimana kondisi dari SSD Samsung Evo 850 yang sudah saya gunakan lebih dari 1 tahun ini. Pada artikel pertama, kamu bisa membaca Hands On SSD Samsung Evo 850 - ASUS K401UQ, dan overall selama pemakaian semuanya normal tanpa ada masalah. 


System Operasi Terinstal


Saya sekarang masih menggunakan Windows 10 sebagai Primary OS yang saya instalkan di Samsung EVO 850 ini, awalnya saya instalkan Windows 10 1809, lalu saya up ke Windows 10 1903, hingga kini di Windows 10 1909. 

Performa

Setelah 276 hari, terhitung dari berapa lama SSD dinyalakan, performanya tidak pernah menurun sedikitpun, dalam benchmark yang saya lakukan, nilainya masih sama dengan saat pertama kali saya beli dan pasang di Asus K401UQK saya. 



Sedangkan performa berdasarkan pemakaian saya yang sehari hari hanya menulis, streaming, internetan dan lainya, tentu saja tidak ada masalah dan kecepatannya sudah lebih baik dibandingkan hanya menggunakan HDD. 

Kesehatan

Langsung saja masuk ke poin utama, yaitu bagaimana kesehatan dari SSD yang sudah saya gunakan selama lebih dari 1 tahun ini? (276 hari jika dihitung hanya ketika SSD sedang berjalan). 


Seperti yang bisa dilihat pada gambar diatas, ksehetannya hanya berkurang 2%, dikarenaakn Wear Leveling Countnya sekarang sudah mencapai 177, saya juga kurang mengerti ini apa, namun jika saya check menggunakan CrystalDiskInfo, semuanya 100% tanpa ada masalah. 


Sepertinya ada sesuatu dalam HDD Sentinel yang berbeda dan menjadikan indicator kesehatan SSD berkurang. Namun berkurang 2% bukanlah menjadi masalah. 

Pertanyaan Lainnya: TBW sudah berapa banyak?

Berdasarkan halaman dan informasi Samsung EVO 850, SSD ini memiliki jumlah TBW sebesar 75 TB, yang mana untuk saat ini pemakaian masihlah sekitar 10 TBW, kurang lebih masih ada 65 TBW lagi sampai SSD ini layak untuk diganti jika dihitung berdasarkan TBW. 

Masih Layak Untuk Dicoba dan Dibeli?

Jika sekarang kamu masih menggunakan SSD Samsung 850 EVO, kamu tentunya masih sangat layak menggunakannya 3 - 4 tahun kedepan, namun untuk kamu yang baru mau mencoba SSD, silahkan beli Samsung SSD 860 EVO, karena 850 EVO sudah tidak dijual dipasaran lagi. Selain itu TBW Samsung 860 EVO lebih besar dibandingkan versi yang sekarang saya gunakan. 

Nah selain itu jika dibandingkan dengan SSD dari Merek lain, Samsung menyediakan garansi hingga 5 tahun loh, mantap sekali bukan. Nah jadi SSD manakah yang terbaik menurutmu? silahkan berikan komentarmu dibawah guys. 

0 Response to "276 Hari Pemakaian Samsung EVO 850 SSD"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel