Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimanakah Nasib dan Masa Depan Internet Explorer?

Pada Windows 10 seperti yang sudah banyak pengguna ketahui, System Operasi ini hadir dengan Default Browsernya yaitu Microsoft Edge, dan kurang lebih empat tahun sejak perilisannya Microsoft memutuskan untuk mengganti engine yang digunakan dari EdgeHTML ke Chromium. 



Tanggal 15 Januari 2020 kemarin, Microsoft secara resmi merilis Edge berbasis Chromium ke publik, dan pengguna sudah bisa mendownloadnya secara gratis. Namun tahukah kamu di Windows 10 sendiri ternyata membawa Internet Explorer loh? Jika kamu lihat di Start Menu > Windows Accesories kamu akan menemukan Internet Explorer 11. 


Internet Explorer 11 Diperkenalkan Di Windows 7

Perlu kamu ketahui, pertama kali Internet Explorer 11 itu diperkenalkan di Windows 7 dan system operasi itu sudah tidak akan lagi menerima dukungan apapun mulai dari 14 Januari 2020 kemarin. 


Yang mana secara tidak langsung dukungan Internet Explorer sudah berhenti dari Microsoft bersamaan dengan berhentinya dukungan Windows 7. Dalam kasus ini meskipun Windows 10 memiliki Internet Explorer, dalam update bulanan (cumulative update) jarang sekali diberikan detail mengenai perbaikan dan penambahan fitur mengenai Internet Explorer di Windows 10. 



Internet Explorer Masih Default Browser di Windows 8.1

Meskipun dukungan Windows 7 sudah berakhir, namun salah satu OS dari Microsoft yaitu Windows 8.1 diproyeksikan masih akan tetap didukung sampai 2023, dan meskipun Microsoft Edge berbasis Chromium perlahan diberikan untuk Windows 7 dan 8.1, namun tetap Internet Explorer masih merupakan default dari Windows 8.1. 

Jadi besar kemungkinan masih akan ada perbaikan kecil lain yang akan diberikan untuk Internet Explorer selama teknologi dari IE masih digunakan. 


Tidak Akan Ada Internet Explorer 12

Microsoft sudah jelas kini sedang mengembangkan browser Microsoft Edge berbasis Chromium dengan segudang fitur canggihnya, dan tentu saja mereka akan meninggalkan teknologi dari IE. Namun kawan kawan, meskipun teknologi ini sudah jarang digunakan, sebagian website masih mendukung teknologi lawas, dan dengan itu Microsoft mengaktifkan Internet Explorer Mode di Edge Chromium. 

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Mode IE di Edge Chromium

Jadi seandainya Internet Explorer sudah tidak ada, pengguna masih bisa merasakan dan mengaktifkan Mode Internet Explorer di Edge Chromium. 

Nasib dan Masa Depan

Internet Explorer 11 adalah edisi terakhir dari Internet Explorer, Microsoft sendiri sudah menghentikan pengembangannya dan lebih berfokus pada Microsoft Edge berbasis Chromium, bisa dibilang teknologi itu sudah ketinggalan jaman, dan sudah banyak orang meninggalkan dan tidak menggunakan IE. 

Dan untuk kesimpulannya, memang untuk sekarang pengguna memang masih bisa menemukan Internet Explorer di Windows 8/8.1 dan Windows 10, namun mungkin dalam beberapa tahun kedepan dimana teknologi sudah semakin berkembang, Internet Explorer akan benar benar musnah dari dunia. 


Jika kamu belum menginstal Microsoft Edge berbasis Chromium di Windows 10 kamu? kamu bisa mendownload dihalaman Microsoft berikut.
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Bagaimanakah Nasib dan Masa Depan Internet Explorer?"