Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Ini Nokia 6.1 Plus Dapatkan Android 10 - Haruskah Upgrade?

Sebagai pengguna Nokia 6.1 Plus, saya selalu menunggu update Android 10, dimana saya kayaknya bakalan suka dengan Gesture terbaru pada versi ini. Dan hari ini diawal bulan Januari 2020, Nokia merilis update Android 10 untuk Nokia 6.1 Plus. yiiihaaaaa..


Untuk besaran upgradenya sekitar 1.3 GB hanya saja berdasarkan yang saya rasakan, ukuran download tidak sampai 500 MB jadi bisa dibilang sangat cepat. 


Bagi kamu yang belum tahu, Android 10 ke perangkat Nokia akan menghadirkan cukup banyak fitur  mulai dari fitur smart reply, navigasi gesture, dark theme, privacy control dan masih banyak yang lainnya.


Fitur Baru Yang Saya Suka!

Ada beberapa fitur baru yang saya suka banget dari Android 10 di Nokia 6.1 Plus ini. yang diantaranya adalah:

1#. Dark Theme

Sejak menggunakan Customized Pixel Launcher, saya sudah menggunakan dark theme, hanya saja belum semua komponen android menjadi dark, namun kini sejak android 10 dirilis, dark theme menjadi lebih maksimal disemua aplikasi, dan komponen system. 


2#. Navigasi Gesture Baru

Kini navigasi gesture baru memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, berbeda seperti sebelumnya yang navigasinya masih nanggung. Bisa dibilang navigasi seperti ini jadi mirip iOS dan Xiaomi. Tapi saya suka. 

Hal Yang Gak Saya Suka (Masalah?)

Ada beberpa hal atau masalah yang saya temukan, dan diantaranya berkaitan dengan user experience pengguna dalam menggunakan Android 10 di Nokia 6.1 Plus. Diantaranya adalah :

1#. Fingerprint Sensor Lambat

Jika pengguna melakukan Lock lalu melakukan Unlock, proses deteksi fingerprint unlock jadi lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Dan kadang Fingerprint tidak mendeteksi jari pengguna, kira kira dibutuhkan dua sampai 3 kali percobaan sampai perangkat bisa dibuka.

2#. Face Unlock Hilang

Salah satu fitur keren yang bisa digunakan di Android 8 dan 9 adalah Face Unlock, meskipun menjadi salah satu fitur bawaan Google Smart Lock, dan tidak native diberikan untuk Nokia 6.1 Plus, saya suka dengan fitur ini, karena dengan melihat kamera, otomatis perangkat sudah terbuka. Namun kini di Android 10, fitur ini menghilang. 


3#. Launcher Pihak Ketiga Tidak Support Navigasi Gesture Baru

Ketiga yang kurang saya suka adalah, berhubungan saya suka banget dengan fitur dari Customized Pixel Launcher, karena fitur fiturnya banyak dan memudahkan hidup, Navigasi Gesture baru Nokia 6.1 Plus pada Android 10 tidak disupport untuk Launcher Pihak Ketiga. Jadi terpaksa mau tidak mau jika ingin menggunakan Navigasi Gesture baru ini, pengguna harus menggunakan Launcher Bawaan dari Nokia 6.1 Plus. 


Haruskah Kamu Upgrade?

Berdasarkan pembahasan saya diatas, kamu akan mendapatkan segudang fitur baru yang bakalan membantu banget dalam kehidupan sehari hari, misalkan seperti Privacy, Smart Reply, dan lainnya. Hanya saja ada beberapa hal yang saya kurang suka dan mungkin menjadi pertimbangan bagi kamu jika ingin melakukan Upgrade. Saran saya adalah tahan dulu aja, jangan langsung Upgrade, setidaknya tunggu sampai Review Android 10 di Nokia 6.1 Plus muncul diinternet. 

Silahkan tunggu saja Review Lengkapnya di Blog ini guys. Semoga bermanfaat. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Hari Ini Nokia 6.1 Plus Dapatkan Android 10 - Haruskah Upgrade? "