Mengetahui Pemakaian RAM di Windows 10 - Task Manager

Awal tahun 2019 saya pernah menulis artikel Pemakaian RAM Windows 10 Semakin Boros!, yang mana saya menjelaskan bagaimana kenapa Pemakaian RAM di Windows 10 itu semakin hari semakin berat saja. Namun akan berbeda pada artikel kali ini, dimana saya akan sedikit menjelaskan bagaimana pemakaian RAM berdasarkan apa yang terlihat dari Task Manager. 



Sebelumnya artikel ini terinspirasi dari salah satu pertanyaan seseorang di Facebook, namun saya lupa namanya grup siapa. Tapi intinya adalah kenapa pemakaian RAM di Task Manager itu besar, dan ketika di Check di User hanya mengambil beberapa GB saja, sedangkah di Performances mengambil lebih banyak Resource RAM. Contohnya sebagai berikut:

Pemakaian RAM Hanya 2.6 GB
Pemakaian RAM sampai 7.2 GB

Pertanyaanya : Kenapa pemakaian RAM pada Task Manager ini berbeda? 

Jawaban!

Sebenarnya saya waktu itu pengen banget jawab, namun karena disana sudah banyak yang komen,  banyak juga pro dan kontra, malah ribut mempermasalahkan Malware atau Virus, saya hanya tersenyum saja. Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan Windows 10, yang bisa dibilang tidak pernah menggunakan Crack untuk semua aplikasinya, menggunakan aplikasi Antivirus Berbayar, dan bahkan Minimalis banget terhadap apa yang saya install, memang Windows 10 sendiri memakan banyak RAM. Sekali lagi masalah RAM sudah saya jelaskan pada artikel berikut.

Sebenarnya jawaban bisa dengan mudah dilihat dari Tab Detail di Task Manager, jika pengguna alias penanya hanya menanyakan pemakaian RAM pada Tab User, sudah jelas itu hanya digunakan User saja, tidak ditambah dengan System. 




Seperti yang bisa dilihat pada Gambar diatas, System mengambil banyak juga resource, jika kamu perhatikan pada Tab Performance > CPU, kamu akan melihat banyak sekali Process yang berjalan, yang mana itu adalah gabungan Service dari User, Aplikasi, dan System. 



Kesimpulan

Sekarang sudah bisa dilihat kan? jika pemakaian RAM di Task Manager pada Tab Performances dan Tab User tidak sama, jelas bakalan tidak sama, karena untuk melihat semuanya harus membedah pada Tab Details, atau kamu masuk ke Task Scheduller, dan lihat lebih jelas darisana. Perlu diingat pemakaian RAM di Windows 10 sendiri akan sangat besar, makanya saya berkali kali merekomendasikan pengguna untuk menggunakan 4 GB (32 Bit) atau 6 GB (64 Bit) minimum, bukan karena aplikasi yang bakalan digunakan, namun karena Windows 10 akan memakan banyak Resource RAM. 

Artikel ini berdasarkan penelitian dan uji coba yang saya lakukan, berdasarkan pengalaman juga, jadi jika ada perbedaan opini, silahkan berikan komentar dibawah. 

Ayo Berlangganan Artikel Terbaru Biar Gak Kudet:

0 Response to "Mengetahui Pemakaian RAM di Windows 10 - Task Manager"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel