Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Keaslian Windows 7

Windows 7 memang sudah dihentikan dukungannya oleh Microsoft sejak 14 Januari 2020 lalu, namun kamu masih bisa menggunakannya seperti biasa, dan tentu saja selama software seperti Browser dan Antivirus masih mendukung Windows 7, OS ini masih layak untuk digunakan. 


Di Indonesia sendiri mungkin akan jarang pengguna menggunakan Windows original, baik itu Windows 7 sampai Windows 10, karena seperti yang kita ketahui bahkan OS Preinstalled yang diberikan beberapa toko komputer nakal sudah memasukan OS bajakan didalamnya. Kecuali laptop baru dari Asus dan beberapa OEM lain yang memberikan pre-bundled dengan Windows 10 Home. 

Nah untuk mengecek keaslian Windows sendiri ada bermacam macam sekali tekniknya, dan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit tutorial untuk mengecek keaslian Windows 7. Penasaran? berikut langkahnya. 

Melalui System Properties

Sebenarnya cara ini bukan menunjukan keaslian di Windows 7, melainkan status aktivasi Windows 7 sendiri, seperti yang kita ketahui, bahkan dengan Windows Loader by Daz, halaman system preference bisa dikelabui. 

Kamu bisa masuk ke halaman Control Panel\System and Security\System untuk melihat status aktivasi Windows 7. 


Catatan : Bahkan jika kamu mengaktivasi Windows 7 menggunakan Windows Loader atau KMS, kamu akan mendapati halaman dan informasi yang sama. Jadi poin ini tidak menjadi patokan bahwa Windows 7 kamu adalah Original. 

Melalui Command Prompt

Sama seperti poin kedua, langkah ini tidak menjadi patokan juga karena Windows Loader akan mengaktivasi Windows 7 secara permanent, dan tampak seperti Original, namun jelas lisensinya akan berbeda jika dibandingkan dengan aktivasi online melalui serial number originalnya. 

Kamu bisa mengetikan slmgr /xpr di command prompt. 


Cek Secara Online

Harusnya kamu bisa melakukan pengecekan keaslian Windows 7 secara online, langsung melalui situs Microsoft, hanya saja dikarenakan Windows 7 adalah OS yang sudah lama, Microsoft menutup halaman Validations ini. 

Jika kamu penasaran, kamu bisa masuk kehalaman Microsoft berikut

Menggunakan Aplikasi Diagnostic

Nah dulu, jika kamu bisa masu kehalaman pada poin ketiga diatas,  kamu akan mendapatkan sebuah aplikasi bernama MGADiag, dan kamu bisa melakukan validasi keaslian Windows 7 langsung dari software tersebut. 

Beruntungnya, semejak saya masih mengelola blog sayugi.id dulu, saya sempat menuliskan langkah yang sama dan link download sampai sekarang masih dapat digunakan karena saya sendiri masih punya aplikasinya. hehehe. 


Setelah kamu download, silahkan kamu buka, dan klik continue dan lihat status aktivasi dan lisensinya. 



Pada bagian Validations Status, jika hasil menunjukan genuine maka Windows 7 kamu adalah Original. 


Nah diatas adalah langkah untuk mengecek status aktivasi dan keaslian Windows 7, sebaiknya untuk jangka panjang kamu menggunakan Windows 7 original demi kebaikan kamu sendiri, selain aktivasi mudah sekali, kamu bisa mendapatkan performa dan keamanan yang lebih maksimal. 


Update 7 Juni 2020 

Sampai saat ini masih banyak pengguna Windows 7 yang saya ketahui, dan beberapa kawan kuliah saya bahkan dosen saya masih bertahan dengan Windows 7, semua dikarenakan mereka kurang suka dengan Windows 8 dan Windows 10 yang bisa dibilang kurang maksimal dengan perangkat lawas yang mereka gunakan. 

Terlebih Windows 10 sangat rakus dengan Disk Usage dan RAM Usage, sehingga perangkat dari tahun 2012 kebawah akan sangat kelelahan jika harus berjalan dengan Windows 10. Namun meskipun begitu, perlu diketahui bahwa kini Windows 7 sangat rentan keamanannya, dimana banyak kasus pengguna yang terkena Ransomware, dan malware lainnya, tetapi harusnya nih, jika pengguna berhati hati dengan tidak mendownload dan menginstal aplikasi sembarangan, mereka akan dijauhkan dari segala macam bahaya yang mengintai. 

Saran saya, selagi Windows 7 masih memiliki banyak dukungan seperti Browser dan Antivirus, ada baiknya kamu menabung untuk Upgrade perangkat dan mempersiapkan upgrade ke Windows 8 atau Windows 10. 

Gylang Satria
Gylang Satria Penulis, Blogger dan Author di WinPoin .

Post a Comment for "Cara Cek Keaslian Windows 7 "