Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rasanya Mencoba Youtube Premium - Layak Untuk Dibeli Atau Enggak?

Youtube Premium, salah satu layanan youtube yang diperkenalkan belum lama ini, dengan Youtube Premium, kamu bisa mendapatkan beberapa fitur yang memang ekslusif hadir untuk Platform Youtube. 


Sebelumnya, pada akhir bulan januari lalu, saya sempat mencoba untuk menggunakan Youtube Premium, artikelnya bisa kamu baca pada halaman berikut. Lalu seperti apakah rasanya? nah kali ini saya akan sedikit mengulas hal hal penting seputar Youtube Premium. 

Fitur Ekslusif

1. Adblock

Fitur yang paling terasa adalah tidak adanya iklan di semua Video di Youtube, baik itu saya membukanya di Windows 10, Linux atau bahkan Android sekalipun. Youtube semakin terasa nyaman untuk digunakan. 

Untuk sebagian orang mungkin sudah mengetahui bahwa pengguna Desktop (Windows, Linux dan Mac) bisa menggunakan Adblock di Browser pilihannya untuk memblokir iklan di Youtube, namun untuk pengguna Mobile hal itu tidak dimungkinkan karena memang aplikasi Youtube sendiri tidak menyediakan Adblock atau fitur semacamnya. Dengan Youtube Premium ini, semua iklan disemua platform bisa dihilangkan. 

2. Youtube Music Premium


Untuk pengguna Youtube Premium berhak juga mendapatkan Youtube Music Premium, fiturnya sih sama saja seperti Spotify dan Joox, namun memang terintegrasi dengan Youtube dan bahkan masih bisa menonton video dari dalam Youtube Music ini. 

3. Picture In Picture Mode


Yang paling saya suka adalah adanya mode PiP di Youtube Premium, dimana ketika kita membuka Youtube di Android dan kita menekan tombol home untuk membuka aplikasi lain, Youtube akan berjalan dalam Window yang lebih kecil. 

4. Berjalan Di Background


Kalian hanya suka mendengarkan musiknya saja? misalkan kamu ingin mendengarkan Musik Epic di Youtube, namun tidak ingin menonton videonya, dengan Youtube Premium kamu bisa menutup youtube dengan menekan tombol home (sehingga Youtube berjalan di background), musik masih akan berjalan loh, bahkan ketika layar kamu matikan sekalipun. 

5. Tampilan Youtube Lebih Ekslusif


Kalian bosan dengan Logo Youtube di kiri atas aplikasi atau di halaman Youtube di browser? ketika kalian menggunakan Youtube Premium, logo tersebut akan tampil dengan tulisan Premium, dan kawan kalian akan sedikit terkejut mengetahui kenapa logo Youtube kalian beda sendiri. hehehe

Kekurangan

Selain kelebihan yang sudah saya jelaskan pada poin Fitur Ekslusif diatas, ada sedikit kekurangan yang saya rasakan dalam penggunaan Youtube Premium ini, dimana fiturnya bisa dibilang biasa saja dengan harga yang terbilang cukup mahal dikelasnya. Bayangkan Rp59000 / bulan harus kalian keluarkan demi secuil fitur dari Youtube Premium. 


Untuk beberapa fitur tersebut bisa kalian akali meski dengan Youtube Free sekalipun, ya artikelnya mungkin akan saya bahas dilain hari, misalkan saja untuk membuat Video Youtube berjalan dengan mode Picture in Picture, kamu bisa menggunakan VLC contohnya. Selain itu Adblock bisa kalian instal di Google Chrome atau Firefox di PC kamu, jika kalian tidak suka dengan Iklan di Youtube. 


Layak Untuk Dicoba?

Jika menurut saya sih layak sekali, terutama untuk satu bulan pertama kamu akan mendapatkan akses Youtube Premium Gratis selama 1 bulan, dan dalam 1 bulan tersebut kamu akan mendapatkan fitur fitur ekslusif di Youtube Premium seperti yang sudah saya bahas diatas. 


Layak Untuk Dibeli?

Tergantung, jika kamu suka dan kamu memiliki dana lebih untuk akses layanan streaming menurut saya layak sekali, namun jika kamu adalah orang yang irit atau pelit, jangan deh, karena kalian bisa mendapatkan fitur fitur tersebut dengan beberapa trik yang bisa dibilang mudah untuk dicoba, salah satunya adalah jangan menggunakan Youtube App di Android, dan lebih Prefer menggunakan Browser dengan Adblock didalamnya. 

Tunggu artikel tips and trik mengenai fitur yang bisa kalian jadikan alternatif penggunaan Youtube Premium di Blog Sayugi. 

Kesimpulan

Youtube Premium memang hadir dengan fitur ekslusif yang menarik dan memberikan kenyamanan tersendiri ketika menggunakannya, Youtube Premium menjadi salah satu rekomendasi layanan yang patut kalian coba, namun untuk pembelian sendiri saya kurang merekomendasikannya. 

Namun kembali lagi deh, diatas adalah tulisan sesuai dengan pengalaman saya sendiri, rasa nyaman dan rasa rasa lain bisa saja berbeda tergantung siapa orang yang menggunakannya, jadi silahkan kalian coba sendiri dan rasakan sensasinya dengan menggunakan Youtube Premium. 

Tags : Review
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Rasanya Mencoba Youtube Premium - Layak Untuk Dibeli Atau Enggak?"