Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Command Prompt dengan Linux Server Melalui SSH


Dalam Project si jurig yang saya kerjakan, dan berhubungan dengan perangkat Home Server saya yang tidak memiliki monitor, maka untuk mengakses linux system secara remote, saya harus menggunakan sebuah SSH dan saya koneksikan menggunakan Command Prompt di Windows 10. 

Meskipun bisa dibilang sederhana, namun untuk kamu yang mencoba pertama kali melakukan koneksi ini, mungkin agak sedikit sulit, mengingat terkadang ada beberapa konfigurasi yang harus kamu aktifkan, nah pada artikel kali ini, saya akan sedikit membahas perihal hal ini, bagaimana cara menghubungkan CMD dan Linux Server via SSH. 

Penasaran bagaimana caranya?, berikut saya rangkum langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama pastikan kamu sudah mengaktifkan OpenSSH Client di Windows 10, silahkan kamu masuk ke Settings > App > App & Features > Optional features. 


Selanjutnya silahkan kamu pastikan disana ada OpenSSH Client, jika ada silahkan lanjutkan ke langkah kedua, jika tidak, silahkan kamu ikuti langkah singkat berikut. 

Namun pada dasarnya, jika kamu menggunakan Windows 10 terbaru, OpenSSH Client sudah terinstall secara otomatis, jadi langkah satu langsung saja kamu lewat. 

Langkah 2. Jika OpenSSH Client sudah terinstall, pastikan dulu Linux Server kamu sudah memiliki OpenSSH Server terinstall dengan firewall rule sudah kamu konfigurasi juga sebelumnya, jika belum kamu bisa mengikuti langkah berikut

Langkah 3. Selanjutnya jika dua langkah diatas sudah terpenuhi dan sudah dilakukan, kamu cukup saja memasukkan perintah berikut di command prompt atau CMD. 

ssh usernamelinuxkamu@ipaddresslinuxkamu

Contohnya tepat seperti pada gambar dibawah, kamu akan dimintai password Linux User Account kamu dan silahkan saja kamu masukkan seperti biasa, setelah itu kamu akan langsung masuk kedalam system linux melalui SSH secara remote. 


Nah itulah langkah singkat untuk Menghubungkan Command Prompt dengan Linux Server Melalui SSH, silahkan kamu coba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat. 

Terima kasih. 
Gylang Satria
Gylang Satria Part of WinPoin . Don't forget to follow my Twitter @gylang_satria. Also, you can visit my other blog at www.gylang.my.id

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Command Prompt dengan Linux Server Melalui SSH"