Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Windows lebih baik dibandingkan Linux?

Karena sebelumnya saya pernah membuat sebuah postingan yang berjudul Alasan kenapa Linux lebih baik dibanding Windows, kenapa sekarang gak kita balik aja, Menjadi Alasan Kenapa Windows lebih baik dibanding Linux, karena sejujurnya dibandingkan Linux, saya juga sangat suka sekali dengan Windows terutama Windows 7 dan 10.

#Update 01/03/2020


Mari kita sedikit intro dulu, Semejak saya mengenal dunia komputer pertama kali saya pegang OS itu ya Windows XP Sp2, uh udah lama banget, dengan office yang masih 2007 enterprise dulu itu mana kenal dengan linux, saya tahu linux itu sekitar kelas 2 SMK pas udah sering sering ngulik.

Berhubungan dengan kini saya menggunakan dua OS sekaligus, yaitu Windows 10 dan Elementary OS, maka mari kita bandingkan dan bahas alasan kenapa Windows lebih baik dibandingkan Linux.

Kompatibilitas Hardware

Meski linux sudah mendukung banyak hardware namun gak bisa dipungkiri bahwa kadang terjadinya masalah ketika akan menggunakan hardware tertentu, contohnya printer, atau SDCard Reader di Linux, jika di perangkat Windows, maka semua bisa teratasi karena jika terjadinya masalah dengan hardware tersebut, bisa diatasi dengan melakukan reinstal Software dan Driver perangkat tersebut.

Apalagi perangkat jaman sekarang sudah di optimisasi untuk menjalankan Windows 10, semua bisa dilakukan dengan hanya membutuhkan koneksi internet maka Driver akan langsung terinstal. Di Elementary OS sendiri pada perangkat Asus K401UQK yang saya gunakan, touchpadnya tidak seenak dan senyaman ketika menggunakan Windows 10. 

Software yang Melimpah!

Banyak software yang kadang gak ada di Linux dan Mac, contohnya software Flashing Handphone seperti Odin untuk sSamsung, dan masih banyak lagi, di Windows banyak sekali software bahkan ketika saya kuliah kami diajarkan untuk membuat software Windows bukan Linux atau Mac, karena memang software development diperkuliahan itu dioptimisasi dan dfokuskan untuk Windows. Contohnya Visual Studio. dan alasan lainnya adalah karena Crack di Windows lebih mudah digunakan dan dicari, berbeda dengan Mac yang agak susah untuk cari crack dan activator, apalagi windows, jangankan crack softwarenya aja gak ada.

Mudah digunakan.

Meski linux emang mudah digunakan, namun kebanyakan orang masih belum terbiasa dengan namanya Terminal dan Sintax untuk melakukan banyak hal termasuk instalasi software, ya dengan windows, semuanya dimanjakan dengan kemudahan, tinggal klik - klik semuanya beres.

Selain itu tampilannya yang bisa dibilang Sangat Familiar mulai dari generasi 90an sampai sekarang semuanya mungkin kenal dengan Windows. Mulai dari Start Menu, Taskbar, Action Center (Windows 8 - Windows 10), Windows Management yang sangat baik, dan lainnya. 

Support Game dan Direct X 12.

Siapa yang gak tau DirectX 12, gamer pasti tahu deh, apalagi DirectX 12 dioptimalkan untuk Windows 10, dan ekslusif ada di Windows 10, berbeda dengan DirectX 9, 10 dan 11. Selain itu banyak game yang keren keren ada di Windows, contohnya PUBG Fortnite dan lainnya. Memang di Linux sudah semakin banyak game dikembangkan, namun gak dipungkiri lagi bahwa Windows tetap terbaik untuk Gamers. 


Banyak penggunanya.

Dengan banyaknya pengguna jika terjadi error dan masalah, kita bisa saling berbagi informasi akan masalah tersebut, bisa sharing atau apalah, termasuk saya disini, kadang memberikan tutorial dan penyelesaian akan sebuah masalah, berbeda dengan Linux yang kadang agak sulit mencari penyelesaian masalah tertentu, karena penggunanya masih belum sebanyak Windows.

Ya mungkin segitu aja postingan kali ini, meski Windows memiliki banyak kelebihan jangan lupakan akan kekurangannya yang mungkin sudah saya bahas di postingan berikut : Alasan kenapa Linux lebih baik dibanding Windows.

Sekian dari saya, Terima Kasih.
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Kenapa Windows lebih baik dibandingkan Linux?"