Sudah Dapat Dua Kali Update! Nokia 6.1 Plus Android 10 Masih Berisi BUG!

Dulu ketika Upgrade Android 10 sudah resmi dirilis untuk pengguna Nokia 6.1 Plus, saya langsung mengupgradenya, dan setelah beberapa lama menggunakannya, ternyata update Android 10 ini masih berisi banyak BUG. 


Bug yang saya temukan, dan banyak pengguna lain rasakan, semuanya hampir sama, seperti Audio yang jelek pada saat bermain game, kamera yang lag, bahkan masalah performa lain, kamu bisa sedikit mengecek bug apa saja yang sudah saya tulis dalam artikel berikut

Image : Tech Rumor Via Youtube

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak laporan mengenai bug di Android 10 Nokia 6.1 Plus ini, baik di Nokia Forums, Reddit dan bahkan XDA Developer, dan sejalan dengan perkembangan update, bisa dibilang sekarang, Nokia 6.1 Plus sudah mendapatkan dua kali Google Security Patch (bulan januari dan februari 2020), meskipun begitu bug tersebut tampaknya belum diperbaiki. 

Perbedaan Security Patch Dan Major Update

Image : Tech Rumor Via Youtube

Sedikit membahas mengenai perbedaan Security Patch dan Major Update yang mungkin banyak pengguna Nokia 6.1 Plus tanyakan, Security Patch berisi update perbaikan keamanan yang diberikan Google sendiri, karena Nokia 6.1 Plus terdaftar sebagai perangkat dengan dukungan Android One, sedangkan Major Update akan berisi perbaikan perbaikan seluruh Bug dalam Major Upgrade yang diberikan. 

Misalkan saja update 00WW_3_54H yang diberikan pada Android 9.0 dibulan 25 July 2019. Mengenai pembahasan ini akan saya rangkum dan jelaskan sejelas mungkin pada artikel berikutnya. (jadi pastikan stay tune ya). 

Kemungkinan Perbaikan Bug Akan Hadir Bulan April

Jika kita lihat berdasarkan skenario Update yang diberikan pihak HMD Nokia pada halaman Changelog Update, bisa diambil kesimpulan bahwa Major Update hampir selalu diberikan dua bulan/ dua kali sejak Security Patch dirilis, namun tidak menutup kemungkinan bahwa update bisa saja lebih cepat dari yang dijadwalkan, misalkan saja update 00WW_3_45B yang langsung diberikan satu bulan setelah Major Upgrade 00WW_3_38A dibulan November 2018. 


Sehingga berdasarkan opini saya, kemungkinan besar Major Update selanjutnya, pada Android 10 Nokia 6.1 Plus akan dirilis pada bulan April, bertepatan dengan perilisan Security Patch bulan Maret 2020, namun tentu saja bisa saja update ini diundur menjadi bulan Mei pada perilisan Security Patch April 2020. Karena seperti yang kita tahu sendiri, Nokia sangat jarang memberikan informasi terkait jadwal update bahkan changelog terkait update yang diberikannya. 

Kesimpulan

Jadi berdasarkan pembahasan saya diatas, meskipun sudah mendapatkan dua kali update, update tersebut bukanlah major update atau maintenance update, sehingga tidak membawa perbaikan pada Android 10 Nokia 6.1 Plus, seandainya kamu menemukan Bug, silahkan kamu laporkan pada forum nokia melalui aplikasi Phone App di perangkat kamu, agar update perbaikan tersebut bisa diberikan pada maintenance atau major update selanjutnya. 

Silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah, apakah kamu pengguna Nokia 6.1 Plus juga? 


0 Response to "Sudah Dapat Dua Kali Update! Nokia 6.1 Plus Android 10 Masih Berisi BUG!"

Post a Comment

Alasan Windows 10 Harus Pake SSD!

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel