Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Versi Windows Subsystem For Linux di Windows 10


Sebelumnya Canonical pernah merekomendasikan pengguna Windows Subsystem For Linux untuk mengkonversi Ubuntu dari WSL 1 ke WSL 2 agar mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi, saya pun pernah membuat artikel tentang Cara Instalasi Windows Subsystem For Linux 2 di Windows 10

Nah terkait hal itu, bagi yang penasaran bagi kamu pengguna WSL, kamu bisa mengecek versi WSL yang kamu gunakan dengan sangat mudah, dan berikut saya akan jelaskan langkah langkahnya. 

Pengguna Windows 10 Dibawah Versi 2004 (Build 19041)

Jika kamu adalah pengguna Windows 10 1909, 1903, 1809 dan dibawahnya, dan kini kamu menggunakan Windows Subsystem For Linux, dapat dipastikan bahwa WSL yang kamu gunakan adalah generasi pertama. Hal tersebut karena WSL 2 mulai tersedia di Windows 10 May 2020 Update atau Windows 10 Build 19041. 

Pengguna Windows 10 May 2020 Update

Nah bagi kamu yang kini sudah menggunakan Windows 10 May 2020 Update yang dirilis Microsoft pada 28 Mei 2020 lalu, kamu bisa melakukan langkah berikut untuk melakukan pengecekan versi Windows Subsystem For Linux yang digunakan. 

Langkah 1. Silahkan buka Windows Powershell dan masukan perintah berikut dibawah ini: 

wsl -l -v
Disana akan ditunjukan versi WSL yang kamu gunakan, dalam kasus ini karena saya sudah menggunakan Versi WSL 2 maka hasilnya akan menampilkan Versions 2.  


Bagi kamu yang ingin menginstal Versi Windows Subsystem For Linux 2, kamu bisa mengikuti langkah yang telah saya buat pada halaman WinPoin berikut

Langkah 2. Selain itu kamu juga bisa menggunakan bash di Terminal Linux dengan mengetikan perintah berikut :

uname -a
Maka disana akan ditampilkan informasi versi Linux, Linux Kernel dan lainnya, untuk mengetahui bahwa kamu sudah menggunakan WSL 2, maka Linux kernel harus sudah dalam versi 4.19, jika dibawah itu maka kamu masih menggunakan WSL 1.  



Langkah 3. Meskipun kamu sudah menggunakan Windows 10 May 2020 Update, jika kamu belum menginstal 'Virtual Machine Platform' maka dapat dipastikan bahwa Windows Subsystem For Linux yang kamu gunakan adalah versi generasi pertama. Silahkan kamu cek pada Turn Windows Features di Windows 10. 


Langkah 4. Selain itu kamu juga bisa cek pada aplikasi yang terinstal di Settings > Apps > App and Features, jika aplikasi bernama 'Windows Subsystem For Linux Update' belum kamu install, maka WSL yang kamu gunakan dapat dipastikan masih merupakan WSL generasi pertama. 


Nah itu saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mengecek versi Windows Subsystem For Linux mana yang sudah kamu install. 

Sekali lagi, untuk tutorial Instalasi Windows Subsystem For Linux 2, sudah saya jelaskan pada artikel Windows Portal Indonesia berikut. Jadi silahkan dicek ya. 
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Cek Versi Windows Subsystem For Linux di Windows 10"