Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Optimisasi Windows 10 Menggunakan O&O ShutUp10


Seperti yang kita tahu, Windows 10 ini memiliki banyak sekali service yang berjalan secara default, setidaknya dalam kasus perangkat saya, ada sekitar 140 Process yang berjalan ketika saya check di Task Manager > Performance > CPU. 


Namun meskipun begitu sebenarnya kita bisa melakukan optimiasi system dengan mengurangi jumlah prosess yang berjalan tersebut, kita bisa menggunakan tool Windows 10 bawaan (Edit Group Policy) atau cara mudahnya kita bisa menggunakan sebuah Tools yang bernama O&O ShutUp10. 

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan langkah Optimisasi Windows 10 Menggunakan O&O ShutUp10, dan berikut adalah langkah langkahnya. 

Langkah 1. Pertama kamu download dulu O&O ShutUp10 pada halaman Officialnya berikut

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu buka aplikasi yang terbuka dengan cara Run as Administrator. 



Langkah 3. Setelah aplikasi terbuka, kamu bisa mengaktifkan beberapa opsi yang disediakan, caranya tinggal slide saja semua hal yang ingin kamu matikan ubah dari slider warna merah menjadi slider warna hijau. 


Atau kamu bisa menggunakan preset Recommended Settings pada toolbar Actions > Apply recommended settings. Untuk menonaktifkan semua hal yang direkomendasikan untuk dimatikan. 


Setelah dirasa sudah cukup, silahkan kamu tutup aplikasi tersebut, seluruh opsi yang kamu ubah akan otomatis tersimpan setelah aplikasi tertutup, selanjutnya silahkan reboot dan lihat hasilnya. 


Nah seperti pada gambar diatas, saya hanya menggunakan preset Recommended Settings saja, dan dari awal 146 Process kini hanya tampil 108 Process saja. Dan ini sudah sangat cukup sekali. 

Selain itu untuk kamu yang ingin performa terbaik, pada aplikasi O&O ShutUp10 kamu bisa mematikan semua opsi yang disediakan dengan Preset 'Apply all settings', dan proses akan berkurang menjadi dibawah 100. Contohnya seperti pada gambar berikut. 





Cara Restore Kembali 

Bagi kamu yang ingin mengembalikan seluruh opsi yang sudah kamu ubah sebelumnya menjadi posisi default, kamu bisa klik pada Actions di aplikasi O&O ShutUp10, selanjutnya pilih 'Undo all changes'. 


Nah silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. Video tutorialnya dapat kamu lihat pada Youtube berikut
Gylang Satria
Gylang Satria Pengguna Nokia 6.1 Plus, Elementary OS, dan Windows 10 | Part of WinPoin . Pengen ngobrol seputar Windows dan Linux? hubungi saya via Twitter @gylang_satria.

Post a Comment for "Cara Optimisasi Windows 10 Menggunakan O&O ShutUp10"